Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

EP 5 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Perak Malaysia merupakan salah satu negara bagian terbesar di Semenanjung Malaysia dengan luas lebih dari 21.000 km persegi dan membentang dari utara Selangor sampai ke perbatasan Thailand. Diberi nama Perak karena dahulu hingga sekarang daerah ini merupakan penghasil utama timah di Malaysia. Dan satu-satunya kapal keruk timah yang masih hidup dan dijadikan warisan industri ada di daerah ini. Namun selain timah Perak Malaysia juga menyimpan banyak sekali potensi wisata. Mulai dari wisata alam seperti gua, pantai, gedung-gedung tua peninggalan masa kolonial, taman hiburan hingga wisata kuliner. Sehingga tidak ada salahnya untuk menyisihkan waktu Anda berlibur ke Perak Malaysia ketika mengunjungi negeri jiran ini. Dan ketika Anda sampai, Anda akan menemui tempat-tempat menakjubkan berikut ini.

Baca Juga: List Oleh Oleh Malaysia yang Wajib Anda Borong saat Travelling

Wisata Sejarah di Ipoh

EP 5 3 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak peninggalan bersejarah di dunia dan warisan budaya yang bernilai tinggi. Itulah mengapa ketika berkunjung ke negara ini Anda akan menemui banyak sekali kota dengan arsitektur sejarah yang sangat kental. Salah satunya Ipoh yang berada di negara bagian Perak. Ipoh memiliki berbagai bangunan menarik seperti stasiun kereta api, gereja, masjid, kantor pengadilan tinggi, restoran, museum, serta berbagai bangunan serta monumen era kolonial lainnya. Di sini Anda bisa puas berjalan-jalan ke banyak tempat bersejarah.

Wisata Sejarah di Taiping

EP 5 2 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Selain Ipoh, Perak juga mempunyai Taiping yang kaya akan nilai sejarah. Taiping adalah salah satu kota pertama di Malaya (nama Malaysia pada zaman dahulu) yang dikembangkan oleh Inggris dan ini tercermin dalam kemegahan beberapa arsitekturnya. Kota ini juga diberi julukan sebagai kota pertama karena di sinilah berdiri stasiun bukit pertama, museum pertama, penjara pertama, jalur kereta api pertama dan sekolah bahasa Inggris pertama. Selain itu Taman Danau Taiping, taman umum tertua di Malaysia, merupakan yang terbaik di negara ini.

Pulau Pangkor

EP 5 5 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Selain melihat tempat yang indah, tujuan wisata lainnya adalah untuk mendapat ketenangan. Dan ketika berwisata ke Perak, Pulau Pangkor adalah tempat yang tepat untuk tujuan itu. Pada awalnya pulau Pangkor adalah pulau kosong yang saat ini sangat gencar dipromosikan sebagai tempat wisata oleh pemerintah Malaysia. Walaupun begitu bisa jadi ketika Anda berkunjung ke sana, Anda masih menjadi satu-satunya pengunjung yang menikmati pantai-pantainya. Namun tidak perlu takut ataupun khawatir, karena sebenarnya banyak perumahan penduduk dan resort yang berada di sekitarannya. Akan tetapi masih banyak yang belum diketahui oleh banyak masyarakat luar.

Kastil Kellie

EP 5 1 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Kastil ini dahulu dimiliki oleh pengusaha karet kaya raya asal Skotlandia bernama William Kellie Smith. Dirinya membangun bangunan yang sangat besar di daerah Batu Gajah. Namun sebelum bangunan ini selesai, Willian Kellie Smith meninggal dunia secara tiba-tiba. Keluarganya pun memutuskan kembali ke Inggris dengan meninggalkan bangunan rumah yang masih setengah jadi. Bangunan ini sangat kental dengan struktur kolonial yang memadukan arsitektur Moor, Romawi serta India. Setelah beberapa lama terabaikan dan menjadi hutan, kini kastil ini dijadikan sebagai tempat wisata.

Gua Tempurong

EP 5 4 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Gua Tempurong merupakan salah satu gua batu kapur alami terbesar di Malaysia yang membentang sejauh sekitar 4,5 km. Ada banyak sekali formasi stalagmit dan stalaktit yang unik yang mengisi lima kamar yang cukup luas di dalam gua ini. Dan masih sering pula terdengar cicitan kelelawar dari sisi gelap yang terdapat di gua Tempurong ini. Namun tidak perlu khawatir karena gua Tempurong sudah difungsikan sebagai tempat wisata. Sehingga medan yang dilalui sudah dipenuhi lampu warna warni yang apik serta jalur yang cukup aman. Akan ada pemandu juga yang akan membantu Anda menyusuri gua ini.

Gua Tambun

EP 5 7 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Ketika berwisata ke gua, stalaktit dan stalagmit adalah pemandangan yang umum terlihat. Namun ada pemandangan berbeda yang bisa Anda lihat ketika berkunjung ke gua Tambun. Ada sekitar 600 lukisan gua yang mungkin jarang ditemukan di gua-gua lainnya. Sekitar 600 lukisan menakjubkan yang menurut para arkeologis telah berusia 2500 higga 4000 tahun yang lalu.

Menara Miring Teluk Intan

EP 5 6 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Jika Italia mempunyai Menara Pisa, maka Malaysia mempunyai Menara Miring Teluk Intan. Sama seperti Menara Pisa, menara yang satu ini terlihat miring ke satu sisinya. Hal ini disebabkan karena menara yang awalnya difungsikan sebagai tangki air ini mempunyai bobot yang semakin lama semakin berat sehingga tenggelam ke tanah yang lebih lunak. Bangunan yang memiliki tinggi 25,5 meter ini kini dijadikan sebagai jam dan juga tempat wisata karena kemiringannya yang cukup unik serta bentuknya yang juga apik.

Wisata Kuliner di Ipoh

EP 5 8 - Tempat Paling Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Perak Malaysia

Dengan banyak restoran dan kafe di jalan-jalannya, tidak heran jika Ipoh harus masuk daftar wisata kuliner Anda ketika ke Malaysia. Di sini Anda akan menemukan masakan lokal yang lezat mulai dari Melayu, India, Cina hingga Barat. Orang-orang Ipoh percaya bahwa makanan mereka mendapat manfaat dari mata air di pegunungan batu kapur yang mengapit kota. Mata air ini dianggap memiliki kandungan mineral tinggi yang mempunyai manfaat khusus.

Nikmatnya berlibur tentu saja tidak mau dihancurkan oleh pengelolaan keuangan yang buruk bukan? Jika Anda kehabisan uang, tentu saja tidak bisa menikmati keseruannya liburan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda men-download aplikasi Qelola sekarang juga. Aplikasi transfer uang internasional yang akan membantu Anda untuk mendapatkan kiriman uang dengan cepat ketika Anda kehabisan biaya liburan. Dan tenang saja, biaya administrasi di Qelola pun sangat murah. Unduh aplikasinya di sini sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , ,