7 Menu Sarapan Khas Lezat yang Wajib Dicoba di Malaysia

sarapan khas malaysia

Sarapan menjadi hal yang tak boleh Anda lewatkan selama liburan. Sarapan sangat diperlukan sebagai penambah tenaga agar Anda tidak lemas dan tetap bersemangat dalam menjalani aktivitas liburan yang padat. Bagi Anda yang berencana liburan di Malaysia, jangan lupa untuk mencicipi sarapan khas Malaysia. Menu sarapan khas orang Malaysia sangat beragam, mulai dari sarapan khas India, Melayu, hingga Cina bisa Anda coba di sana. Umumnya, menu sarapan tersebut dijual di pasar, pusat perbelanjaan, atau pedagang kaki lima sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya. Di antara sekian banyak makanan khas Malaysia, berikut adalah 7 menu makanan yang kerap dijadikan sarapan orang Malaysia.

1. Nasi Lemak

rsz 108c12e7604e801c058a5d5baa4338f3 - 7 Menu Sarapan Khas Lezat yang Wajib Dicoba di Malaysia

Sumber: www.blog.seasonwithspice.com

Nasi lemak menjadi salah satu makanan populer di Malaysia. Makanan ini kerap menjadi menu sarapan orang Malaysia, khususnya orang Melayu. Nasi lemak hampir sama dengan nasi uduk di Indonesia. Hanya saja, rempah yang digunakan dalam nasi lemak tidak sebanyak nasi uduk, sehingga yang terasa hanyalah rasa gurih tanpa rasa rempah yang pekat. Namun tenang saja, citarasa nasi lemak tetap lezat, apalagi jika digabungkan dengan berbagai lauk seperti ikan teri kacang, ayam goreng, sambal merah, mentimun, hingga kuah kari ayam.

2. Apam Balik

Bagi Anda yang tidak ingin sarapan nasi, apam balik adalah menu yang tepat untuk disantap. Apam balik terbuat dari bahan dasar tepung beras sehingga cukup mengenyangkan. Hampir sama seperti martabak manis, apam balik juga berbentuk adonan bulat yang kemudian dilipat menjadi setengah lingkaran. Dalam adonannya, apam balik memiliki berbagai isian seperti kacang tanah yang disangrai, jagung manis, dan sirup cokelat. Biasanya penjual juga menambahkan susu kental manis dan parutan keju agar rasanya lebih lezat dan bervariasi.

3. You Tiao

breakfast chinese deep fried dough stick cuisine delicious ice milk tea 40120 130 - 7 Menu Sarapan Khas Lezat yang Wajib Dicoba di Malaysia

You tiao tidak hanya jadi sarapan khas orang Malaysia, namun juga orang Singapura dan Indonesia. Hanya saja, orang Indonesia lebih mengenal makanan ini dengan sebutan cakwe. Jika cakwe di Indonesia biasanya dimakan langsung atau ditambahi dengan saus, you tiao di Malaysia lebih sering dinikmati bersama secangkir kopi hangat, atau sesekali dicelupkan dalam secangkir teh tarik.

4. Puff Kari

Puff kari adalah sarapan khas Malaysia yang secara bentuk mirip dengan pastel. Adonan makanan ini terbuat dari tepung dengan campuran rasa kari. Puff kari memiliki isian berupa kentang buncis, wortel, ayam cincang, dan bawang bombay. Dengan isian yang beragam, makanan ini bakal membuat Anda ketagihan. Bentuk yang seperti pastel membuat makanan ini sangat praktis untuk dijadikan menu sarapan. Anda pun bisa menjadikan puff kari sebagai bekal makanan saat berwisata di Malaysia.

Baca Juga: Harus Coba! Menu Makanan Unik Khas Malaysia

5. Tosai

crepes with icing sugar 1220 255 - 7 Menu Sarapan Khas Lezat yang Wajib Dicoba di Malaysia

Tosai adalah sarapan khas Malaysia yang memiliki tekstur keras, hampir mirip dengan crepes atau leker di Indonesia. Ukuran tosai di Malaysia cukup lebar, mungkin Anda akan ragu bisa menghabiskannya atau tidak saat pertama kali mencicipinya. Jangan khawatir, meski ukurannya cukup lebar, sebenarnya makanan ini tidak terlalu mengenyangkan sehingga Anda bisa menghabiskan semuanya. Biasanya tosai lebih sering disajikan dengan yoghurt atau kari.

6. Chee Cheong Fun

Chee Cheong Fun adalah sarapan khas Malaysia yang kerap dimakan oleh orang Cina di sana. Teksturnya mirip dengan dim sum. Isi dalam adonannya berupa udang, daging ayam, daun bawang, dan you tiao. Bagi yang tidak suka daging ayam, Anda bisa menggantinya dengan jenis daging lainnya. Biasanya chee cheong fun disantap dengan taburan wijen dan kecap asin agar rasanya semakin sedap.

7. Kaya Toast

breakfast with toast plum jam 221774 5677 - 7 Menu Sarapan Khas Lezat yang Wajib Dicoba di Malaysia

Bagi yang lebih suka menyantap roti sebagai sarapan, Anda bisa mencoba sarapan khas Malaysia satu ini. Kaya toast merupakan roti panggang yang di dalamnya diisi dengan kaya. Kaya adalah selai yang terbuat dari campuran gula, santan, telur, dan pandan atau biasanya disebut coconut egg jam. Roti panggang ini memiliki aroma yang wangi dan rasa gurih yang legit. Kaya toast akan semakin nikmat jika disantap bersama secangkir teh tarik atau kopi panas. Ada juga yang menyantapnya dengan telur setengah matang agar sarapan roti panggang ini lebih kaya protein.

Itulah beberapa sarapan khas yang patut Anda coba selama liburan di Malaysia. Jangan lupa mencatat makanan dan destinasi kuliner apa saja yang Anda kunjungi ke dalam itinerary liburan. Dengan panduan dan rencana liburan yang jelas dan lengkap, liburan Anda di Malaysia pasti berjalan lancar. Agar liburan di Malaysia semakin seru dan menyenangkan tanpa ribet mengatur keuangan, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola. Dengan Qelola, pengelolaan keuangan seperti transfer uang dan pembayaran tagihan dari Malaysia ke Indonesia bisa Anda lakukan secara praktis, cepat, dan mudah. Ketahui lebih banyak tentang fitur aplikasi Qelola di sini, atau Anda bisa langsung unduh aplikasi Qelola di smartphone Anda.

Tags: , , , , , , , , ,