Tips Memilih Sim Card Malaysia untuk Kemudahan Berkomunikasi

sim card malaysia

Perkembangan zaman dan teknologi membuat sebagian besar orang menjadi tidak bisa lepas dengan gadget-nya. Apalagi saat pergi travelling ke luar negeri. Sudah tentu, gadget adalah salah  satu barang yang tidak mungkin terlewatkan. Ditambah lagi saat ini sudah zamannya untuk membagikan pengalaman travelling ke luar negeri melalui media sosial media seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Itu sebabnya beberapa traveller biasanya membeli sim card Malaysia jika akan berkunjung ke Kuala Lumpur. Jika Anda berencana untuk terbang ke negeri jiran Malaysia juga, pastikan Anda sudah mempersiapkan urusan sim card jauh-jauh hari. Hal ini penting agar komunikasi Anda tetap berjalan lancar meskipun Anda sedang meninggalkan Indonesia. 

Untuk mendapatkan sim card Malaysia ini tidak sulit, karena di beberapa bandara termasuk Kuala Lumpur sudah ada konter khusus yang menjual beberapa sim card dengan harga yang bervariasi. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui, untuk memilih sim card Malaysia yang paling tepat.

Baca Juga: Ingin Kirim Barang ke Luar Negeri? Pahami Cara Mudah Cek Ongkir Pos

Beli Sim Card Malaysia atau Paket Roaming?

sim card malaysia 1 - Tips Memilih Sim Card Malaysia untuk Kemudahan Berkomunikasi

Beberapa provider memang memberikan harga paket roaming internasional yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga sim card lokal. Namun perlu diingat bahwa harga paket roaming tersebut belum termasuk dengan kuota yang diberikan. Itulah sebabnya jika Anda ingin berhemat tanpa harus membeli paket roaming, Anda bisa memilih kartu lokal yang menawarkan harga jauh lebih murah dan sudah termasuk kuota internet selama beberapa hari liburan di Malaysia.

Ada beberapa provider yang sangat dikenal di Malaysia di antaranya adalah Celcom, Maxis, DiGi, dan U Mobile. Tentu saja setiap provider tersebut menawarkan kekuatan sinyal yang berbeda-beda. Semua provider tersebut sudah menyediakan beberapa jaringan, mulai dari jaringan 2G, 3G, sampai dengan 4G/LTE. Bahkan kini cukup marak penyewaan Travel Wifi yang bisa Anda urus sebelum keberangkatan Anda ke luar negeri dengan harga yang cukup kompetitif.

Berapa Harga Sim Card Malaysia?

sim card malaysia 2 - Tips Memilih Sim Card Malaysia untuk Kemudahan Berkomunikasi

Untuk harga sim card, memang sangat bervariasi tergantung provider yang digunakan dan juga tergantung pulsa serta kuota data yang diberikan. Sebagai contohnya, sim card Malaysia prepaid yang disediakan oleh Celcom berkisar antara RM3 sampai dengan RM50. Namun pada umumnya, para traveller memilih paket 2 GB dengan harga RM10 untuk masa aktif selama 7 hari.

Jika kuota utama habis sebelum masa aktif berakhir, maka Anda masih tetap bisa melakukan top up kuota dengan harga yang bervariasi pula. Mulai dari RM3 untuk 100 MB, sampai dengan RM50 dengan kuota 5 GB. Jangan lupa untuk selalu memberi sim card di konter resmi. Setelah itu jangan lupa untuk meminta bantuan penjaga konter untuk mengaktifkan paket data sebelum Anda meninggalkan toko tersebut jika Anda memang kesulitan untuk mengaktifkan paket datanya untuk pertama kali. Selain membeli di konter resmi, yang perlu Anda ketahui adalah pastikan bahwa sim card yang Anda beli ukurannya sudah sesuai dengan ponsel yang Anda miliki. Beberapa sim card Malaysia saat ini sudah tersedia mulai dari sim card dengan ukuran standar, ukuran mikro, sampai dengan ukuran nano, tanpa harus memotongnya terlebih dahulu.

Tips Memilih Sim Card

sim card malaysia 3 - Tips Memilih Sim Card Malaysia untuk Kemudahan Berkomunikasi

Beberapa traveller menganjurkan untuk membeli Maxis jika Anda banyak melakukan wisata alam terutama ke tempat-tempat yang jauh dari keramaian, pulau terpencil, atau jauh dari pusat kota. Sebaliknya jika Anda hanya berkeliling kota saja, sebaiknya Anda membeli DiGi. Syarat pembelian sim card Malaysia tidak terlalu sulit, Anda harus menunjukkan paspor untuk mendaftarkan data diri Anda, agar bisa menggunakan sim card lokal di Malaysia. Cara seperti ini sangat wajar karena ketika Anda ke Singapura pun Anda akan dimintai paspor untuk melakukan pendaftaran.

Itulah beberapa tips memilih sim card yang bisa coba sebelum bertolak ke Malaysia. Salah satu keuntungan membeli sim card Malaysia adalah soal harga yang jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan mengaktifkan roaming di luar negeri. Dengan cara ini, maka Anda bisa menghemat budget untuk pulsa dan paket data internet. Sehingga sisanya bisa dialokasikan untuk keperluan lain selama berada di Malaysia. Nah, agar lebih nyaman dalam bertransaksi online, Anda bisa pakai aplikasi Qelola. Bayar tagihan, beli pulsa, hingga voucher game bisa Anda selesaikan dengan praktis melalui aplikasi Qelola. Proses yang cepat dan biaya administrasi yang murah menjadikan Qelola digemari banyak orang. Sekarang giliran Anda! Download Qelola di Google Play, lakukan pendaftaran akun, dan Anda sudah bisa mulai menggunakan berbagai fiturnya yang menarik. Cara isi saldo Qelola yang mudah memungkinkan Anda tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak kemana-mana. Cukup simpan sebagian uang Anda ke dalam dompet digital Qelola saja.

Tags: , , , ,