Yuk Kunjungi dan Lihat Indahnya Masjid-Masjid di Malaysia Ini

masjid di malaysia

Salah satu konsep wisata yang juga mendapat banyak perhatian adalah wisata religi. Dan Malaysia adalah negara dengan keberagaman agama yang rukun sehingga cocok sekali menjadi tujuan wisata religi Anda. Khusus bagi Anda calon wisatawan yang beragama islam, banyak sekali masjid di Malaysia yang tidak hanya akan menyejukkan untuk digunakan beribadah, namun juga dapat memanjakan mata Anda dan keluarga. Beberapa masjid ini sering dijadikan sebagai objek wisata karena terkenal dengan keunikan dan keindahannya. Jika Anda mengunjunginya, tidak hanya foto-foto apik yang didapatkan, namun juga pengalaman beribadah dengan suasana yang berbeda dari biasanya. Ingin tahu mana saja masjid di Malaysia ini berada? Simak daftarnya berikut ini.

1.  Masjid Jamek

Masjid Jamek (gambar pertama) adalah salah satu masjid terkenal megah di Malaysia karena 3 kubahnya yang diapit oleh 2 menara bata setinggi 25 meter. Dengan gaya arsitektur Islam, Mughal, dan Moor, Masjid Jamek dibangun oleh arsitek Inggris bernama Arthur Benison Hubback. Masjid ini juga mendapat predikat sebagai masjid tertua di Kuala Lumpur yang sudah dibangun sejak 1907. Anda dapat mengunjungi Masjid Jamek dengan naik LRT Putra lalu berhenti di Stasiun Masjid Jamek karena tempatnya tidak jauh dari staisun ini.

2.  Masjid Negara Sultan Abu Bakar

20140927 150512 - Yuk Kunjungi dan Lihat Indahnya Masjid-Masjid di Malaysia Ini

Sumber: bisniswisata.co.id

Masjid yang satu ini memiliki lokasi yang unik, yaitu dibangun diatas bukit di Pantai Lido. Karena bangunan masjid yang menghadap ke selatan Tebrau, Anda dapat melihat daratan Malaysia dan Singapura. Selain pemandangannya yang unik, cerita dibalik pembuatan masjid ini juga unik. Meski bangunan ini memiliki arsitektur British Victorian, bahan bangunannya justru didapatkan dari Turki dan Cekoslovakia. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan berfoto ria dengan latar belakang 4 menara tinggi di sana.

3.  Masjid Wilayah Federal

mosque 5 - Yuk Kunjungi dan Lihat Indahnya Masjid-Masjid di Malaysia Ini

Sumber: mappingalong.com

Jika Anda ingin melihat masjid dengan daya tampung yang luar biasa, Masjid Wilayah Federal adalah jawabannya. Terletak di Kompleks Pemerintah Federal Jalan Duta, masjid ini memiliki luas hingga 5 hektar sehingga daya tampungnya bisa mencapai 17.000 jemaat. Begitu luasnya, Masjid Wilayah Federal memiliki 22 kubah yang bahannya menggunakan campuran glass fibre dan epoxy resin dengan gaya arsitektur Melayu dan Ottoman. Jika Anda membawa anak-anak, perhatikan jangan sampai mereka tersesat ya.

4.  Masjid Ubudiah

9241316737 cea2882436 b - Yuk Kunjungi dan Lihat Indahnya Masjid-Masjid di Malaysia Ini

Sumber: flickr.com

Masjid Ubudiah adalah masjid yang berdiri di Kota Kuala Kangsar dan milik Kerajaan Perak pada masa Sultan Idris Murshidul Adzam Shah I. Masjid ini baru resmi selesai dibangun pada tahun 1917. Meskipun waktu pembangunannya lama karena sempat mengalami kerusakan pada masa Perang Dunia II, masjid ini memiliki arsitektur yang indah dengan paduan warna putih dan emas yang elok. Kubah emas tersebut melambangkan kejayaan islam, baik di negara Malaysia maupun negara-negara lain pada umumnya.

5.  Masjid Sultan Sulaiman

04mosque 1509719844 - Yuk Kunjungi dan Lihat Indahnya Masjid-Masjid di Malaysia Ini

Sumber: nst.com.my

Masjid Sultan Sulaiman merupakan masjid Kerajaan Selangor yang dibangun oleh Inggris pada tahun 1932. Beralamat di Jalan Raya Timur, Kawasan 1, 14100 Klang, Selangor ini memiliki arsitektur model Art Deco Barat dan gaya Neoklasik. Sehingga jika sekilas dilihat, Anda tidak akan menyangka bahwa masjid ini berada di Malaysia. Keunikan lain dari masjid ini adalah tangga kerajaan atau Tangga Diraja khas Istana Alam Shah. Bahkan Anda juga dapat mengunjungi makam Kerajaan Selangor yang ada di dekat masjid.

6.  Masjid Al Bukhary

al bukhary mosque in kedah malaysia 01 - Yuk Kunjungi dan Lihat Indahnya Masjid-Masjid di Malaysia Ini

Sumber: beautifulmosque.com

Masjid ikonik dari Alor Setar, Kedah, Malaysia ini merupakan masjid dengan bangunan megah yang arsitekturnya terinspirasi dari masjid di Turki dan Iran. Ketika sampai di sana, Anda akan melihat pemandangan elok dari 7 kubah berwarna biru tosca dan salah satunya sebagai kubah utama. Kubah utama ini memiliki motif kaligrafi Arab yang kompleks dan unik. Selain itu, halaman depan sebelum gerbang utama masjid, Anda akan menemukan kolam air jernih yang instagramable. Bahkan Anda juga akan mudah menemukan staf masjid yang dapat membantu Anda menunjukkan berbagai sudut masjid.

Baca Juga: Kunjungi Beragam Wisata Religi di Malaysia Penuh Kedamaian

Hampir semua masjid di Malaysia tersebut memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Sehingga tidak ada salahnya untuk melakukan wisata religi dengan mengelilingi masjid-masjid ini. Jika waktu liburan tidak banyak, Anda bisa mengunjungi beberapa masjid yang paling menarik bagi Anda atau bisa juga masjid yang paling efektif didatangi bersamaan dengan objek wisata lain. Berlibur ke Malaysia tanpa mengunjungi salah satu masjidnya adalah perjalanan yang kurang karena Anda belum mengenal salah satu budaya kuat di Malaysia yang satu ini.

Agar suasana khidmat dan hormat saat beribadah di masjid ini tidak terganggu, yuk gunakan aplikasi Qelola untuk mengelola keuangan Anda selama ada di Malaysia. Anda dapat mengirim uang dan membayar tagihan di Indonesia meski sedang berada di Malaysia hanya dengan smartphone. Anda tak perlu repot keluar mencari ATM dan sebagainya jika ingin menggunakan Qelola. Apalagi saat ini masih banyak promosi biaya transfer dari Qelola yang bisa Anda cek di instagram (qelola.id). Jangan ragu lagi download Qelola dengan klik di sini.

Tags: , , , ,