5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malaysia, Buah Tangan Unik untuk Anda!

Oleh-Oleh Khas Malaysia

Membawa foto sebagai kenang-kenangan adalah hal wajib untuk setiap pelancong. Tapi satu hal yang pasti adalah cinderamata. Ketika mengunjungi negeri jiran misalnya, membawa oleh-oleh khas Malaysia jadi satu ‘kewajiban’ agar keluarga dan orang terdekat dapat merasakan indahnya negara tersebut. Tapi jika dipikir kembali, sebenarnya apa sih oleh-oleh khas dari negeri tetangga terdekat ini?

Mengingat kemiripan budaya antara Indonesia dan Malaysia, sebenarnya beberapa barang khas yang bisa dijadikan oleh-oleh juga tak jauh berbeda. Tentu saja hal unik yang akan Anda dapat adalah nilai khas sentuhan Malaysia yang menjadi daya tarik utamanya. Beberapa oleh-oleh favorit bisa Anda temukan dalam daftar di bawah ini. Semoga berguna dan jangan sampai lupa belanja ya!

Kebaya dengan Sentuhan Melayu   

Untitled design1032 - 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malaysia, Buah Tangan Unik untuk Anda!

Kebaya mungkin lekat dengan budaya Indonesia, namun dapat pula dikatakan bahwa pakaian ini adalah ciri khas masyarakat Melayu secara umum. Meski di Indonesia juga memiliki banyak corak kebaya, namun kebaya khas Malaysia juga memiliki daya tarik yang unik.

Kebaya khas Malaysia yang bisa jadi oleh-oleh adalah Kebaya Baba Nyonya yang bisa ditemukan di kawasan Stadthuys. Ketika melihat pakaian khas ini, Anda akan merasakan beberapa perpaduan sentuhan budaya Melayu dan Tiongkok yang kental. Dengan harga yang dipatok untuk satu setel kebaya hanya berkisar antara 70 sampai dengan 90 ringgit Malaysia.

Kaus-Kaus Malaysia dari Berbagai Kota

Jika Bali terkenal dengan kaos khas seperti Joger, dan Yogyakarta terkenal dengan kaos lucu Dagadu, Malaysia juga memiliki banyak kaos unik dengan corak bangunan dan budaya di Malaysia. Membeli oleh-oleh khas Malaysia yang satu ini dapat dikatakan menjadi rekomendasi utama karena selain unik juga dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Corak seperti Love Malaysia, Kuala Lumpur, Twin Tower, Putra Mosque, dan masih banyak lagi bisa ditemukan dengan mudah. Ingat, pastikan Anda berbelanja di lokasi belanja di luar bandara agar mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Barang yang sudah masuk bandara biasanya akan dipatok dengan harga yang lebih tinggi karena pajak penjualan yang diberikan juga sebanding.

Miniatur Landmark Malaysia

Untitled design1031 - 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malaysia, Buah Tangan Unik untuk Anda!

Salah satu kenang-kenangan yang juga menarik untuk dibawa pulang ke Indonesia adalah miniatur dari landmark yang ada di Malaysia. Kenang-kenangan ini dapat menjadi oleh-oleh menarik karena bisa menjadi ornamen unik di lemari hiasan yang Anda miliki beberapa landmark yang banyak menjadi incaran adalah Menara Kembar Kuala Lumpur, Menara Petronas, serta patung raksasa di Batu Cave.

Miniatur ini juga memiliki ukuran yang beragam. Sebelum membelinya dalam jumlah banyak, pertimbangkan pula untuk membawanya ke dalam bagasi penerbangan. Beratnya yang lumayan tentu akan menambah alokasi budget untuk bagasi. Belum lagi faktor keamanan yang tidak dapat dipastikan. Jangan sampai niat Anda memberikan oleh-oleh menarik untuk keluarga justru harus gagal karena kerusakan oleh-oleh khas Malaysia yang Anda bawa.

Pernak-Pernik Gantungan Kunci

Seperti kebanyakan tempat dan negara tujuan wisata lainnya, rasannya oleh-oleh berupa gantungan kunci menjadi salah satu oleh-oleh wajib. Bentuknya yang kecil, ringan dan mudah dibawa memungkinkan jumlah yang cukup besar tanpa harus menambah beban di bagasi yang terlalu tinggi.

Jenis gantungan kunci yang juga beragam menjadi daya tarik sebab Anda bisa memberikan banyak pilihan pada keluarga dan orang terdekat. Dan pastinya, oleh-oleh ini akan bertahan lama dan dijamin selalu mengingatkan Anda pada nuansa Malaysia yang menyenangkan.

Labu Sayong, Oleh-Oleh Khas Malaysia yang Unik

Untitled design1030 - 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Malaysia, Buah Tangan Unik untuk Anda!

Menjadi salah satu oleh-oleh khas Malaysia yang benar-benar otentik, Anda bisa menjadikan Labu Sayong sebagai salah satu buah tangan yang unik untuk keluarga di Indonesia. Labu Sayong sendiri adalah tembikar yang berbentuk menyerupai labu yang memanjang di bagian atasnya.

Labu Sayong juga memiliki ukiran dan hiasan yang disematkan di sekeliling tembikar ini, maka nilai estetik menjadi semakin terasa. Anda bisa berkunjung ke tempat produksi dan melakukan pemesanan khusus. Tentu dengan harga yang sepadan, Anda bisa membawa pulang Labu Sayong yang unik dan khusus dibuat untuk Anda. Jangan lupa pikirkan packaging produk ini ya, agar tidak pecah dalam perjalanan ke Indonesia.

Baca Juga: Cukup ke Tempat Wisata Favorit di Malaysia Ini, Anda Bisa Keliling Dunia

Beberapa produk ini bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Malaysia yang unik dan menarik. Sekali lagi, sangat disarankan untuk memikirkan terlebih dahulu pengiriman produk oleh-oleh yang akan Anda beli agar tidak mengalami kerusakan di perjalanan. Tidak ada salahnya memberikan pengemasan yang sedikit mengeluarkan biaya asal barang yang Anda miliki tidak rusak.

Setelah memilih beberapa produk oleh-oleh khas Malaysia di atas, tentu Anda makin tak sabar untuk segera liburan di Malaysia bukan? Nah, untuk memaksimalkan pengalaman liburan yang Anda lakukan, pastikan Anda sudah membayar setiap tagihan bulanan yang akan datang. Sederhana, agar liburan Anda tak perlu memikirkan lagi tagihan ini. Gunakan aplikasi Qelola untuk urusan ini, karena terdapat fitur pembayaran tagihan dengan cepat, praktis dan mudah. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,