Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

EP 3 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Pulau Pinang atau lebih dikenal dengan Penang merupakan sebuah pulau yang terletak di barat laut Semenanjung Malaysia. Daerah ini memiliki potensi yang sangat luar biasa dari segi wisata. Anda akan melihat bagaimana budaya Melayu, Cina, India dan pengaruh Eropa terbentuk dengan sangat indah di berbagai tempat di dalamnya. Dan kabar baiknya Anda bisa mengunjungi Pulau Pinang dengan budget pas-pasan. Karena daerah ini menyajikan banyak sekali wisata indah namun bisa dikunjungi secara cuma-cuma. Tanpa perlu berlama-lama inilah beberapa tempat wisata gratis di Pulau Pinang yang akan memanjakan Anda.

Baca Juga: Menikmati Penang Food yang Menggugah Selera, Sambangi 5 Lokasi Ini!

George Town

EP 3 1 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Sumber: https://phinemo.com/

Destinasi gratis pertama yang bisa Anda kunjungi di Pulau Pinang adalah situs warisan dunia UNESCO, George Town. Kota yang sudah ada sejak 500 tahun lalu ini memiliki lebih dari 12.000 bangunan tua yang menjadi saksi sejarah. Ketika memasuki kawasan George Town Anda akan disuguhkan dengan ruko-ruko Cina, gereja, kuil, masjid, monumen dan kantor pemerintahan kolonial serta dermaga tempat tinggal yang sangat khas. Tempat-tempat seperti The Cenotaph War Memorial, Fort Cornwallis, Logan Heritage Building, Queen Memorial Cock Tower dan Cheong Fatt Tze adalah segelintir dari keindahan yang tidak boleh dilewatkan.

Penang Bridge

EP 3 2 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Sumber: https://degardenhotel.com.my/

Jika Indonesia mempunyai Jembatan Suramadu, maka Malaysia punya Penang Bridge. Dengan panjang 13,5 km Penang Bridge dinobatkan sebagai jembatan terpanjang di Malaysia. Jembatan ini difungsikan sebagai penghubung wilayah Sebrang Prai yang ada di daratan Malaysia dengan Bayan Lepas yang berada di Pulau Pinang. Dengan arsitektur yang megah, Penang Bridge tidak hanya difungsikan sebagai penghubung dan tulang punggung perekonomian tetapi juga sebagai tempat wisata. Ketika melewati jembatan ini Anda bisa menyempatkan diri untuk berhenti sejenak, menikmati lautan serta mengambil beberapa foto yang apik. Tentunya semua aktivitas di Penang Bridge tidak dipungut biaya.

Penang Hill

EP 3 3 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Sumber: https://blog.airpaz.com/

Berkunjung ke Pulau Pinang tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Penang Hill. Tempat yang disebut-sebut sebagai ikon wisatanya Penang ini memang menyuguhkan beragam aktivitas yang menyenangkan. Mulai dari pemandangan Kota Penang yang apik, pemandangan hijau yang menyegarkan, museum, gembok cinta, kuil, masjid, dan masih banyak lagi.

Penang Botanical Garden

EP 3 4 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Sumber: https://www.travelswithsun.com/

Penang Botanical Garden adalah sebuat taman yang menyimpan kekayaan alam lokal Malaysia dan dibangun pada masa kolonial Inggris di tahun 1884. Meskipun gratis, koleksi yang bisa Anda lihat di taman ini ternyata cukup lengkap. Ada beragam koleksi palem, pinus, pakis, kebun herbal, rumah kaktus, taman anggrek dan taman formal. Selain tanaman di sini Anda juga bisa melihat rumah bagi kera ekor panjang, monyet daun, tupai raksasa hitam, berbagai jenis burung, kupu-kupu serta serangga.

Kek Lok Si Temple

EP 3 5 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Sumber: http://www.astroawani.com/

Kapan lagi Anda bisa mengunjungi kuil terbesar di Asia Tenggara secara gratis selain di Kek Lo Si Temple. Dari aristekturnya yang luar biasa Anda bisa merasakan atmosfer Cina yang cukup kental. Perjalanan melelahkan untuk sampai ke kuil ini pun akan terlupakan begitu Anda melihat bangunan tua nan megah yang sangat sakral. Kuil seluas 10 hektar ini memiliki candi, biara, ruang doa, taman-taman yang indah, kolam ikan dan banyak patung. Namun yang menjadi daya tarik utamanya adalah Pagoda Sepuluh Ribu Buddha atau Pagoda Rama VI dan patung perunggu Dewi Kuan Yin setinggi 30,2 meter

Clan Jetties

EP 3 6 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Sumber: https://www.malaysiamall.my/

Disebut Clan Jetties karena desa apung ini diberi nama berdasarkan nama klan dari para pelancong Tiongkok yang datang di akhir abad 19. Desa apung ini sudah ada selama lebih dari 100 tahun dan awalnya dijadikan sebagai tempat tinggal para pelancong Tiongkok tersebut. Meskipun begitu desa-desa di sini tetap berdiri kokoh dan selalu menyimpan sisi tradisionalnya walaupun ada beberapa sudut yang sudah dikomersialkan. Itulah mengapa Clan Jetties dinobatkan sebagai salah satu warisan budaya UNESCO. Ketika berkunjung ke Clan Jetties Anda akan disuguhkan dengan lukisan-lukisan di dinding kayu, mural indah, perahu naga, dekorasi kincir angin, kehidupan tradisional masyarakatnya, restoran dan pasar apung tempat Anda dapat membeli berbagai souvenir unik.

Pabrik Pala Ghee Hup

EP 3 7 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Sumber: https://www.trip.com/

Bagi Anda yang tertarik dengan buah pala, bisa mengunjungi Pabrik Pala Ghee Hup ketika berwisata ke Pulau Pinang. Di sini Anda dapat melihat seluruh proses pengolahan buah pala mulai dari awal hingga sentuhan terakhir. Selain itu pemilik pabrik pun akan memberikan pengetahuan mengenai fakta-fakta buah pala termasuk banyaknya fungsi setiap bagian pala mulai dari buahm biji, daun dan batang. Anda juga bisa mencicipi jus, acar, dan buah keringnya secara gratis. Namun jika ingin mencoba lebih banyak olahan seperti rempah olahan, minyak dan balsem Anda membutuhkan biaya untuk membelinya.

Street Art

EP 3 8 - Budget Pas-Pasan? Ini Wisata Gratis Pulau Pinang untuk Anda

Sumber: https://id.pinterest.com/

Saat ini wisata tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi tempat yang instagramable. Selain bisa menikmati keindahan dengan mata, Anda pun bisa berbagi di media sosial. Salah satu yang mendukung wisata instagramable Anda di Pulau Pinang adalah Street Art. Di sini Anda bisa mengambil foto dengan latar lukisan-lukisan apik dari tangan seniman-seniman besar seperti Ernest Zacharevic, Louis Gan, Rone, dan Kenji Chai.

Bagaimana? Sudah siap untuk mengunjungi tempat-tempat menakjubkan ini? Meskipun tempat-tempat ini gratis, namun jangan lupa untuk tetap menyiapkan budget yang cukup ya! Lengkapi juga kenyamanan wisata Anda dengan menggunakan aplikasi transfer uang internasional Qelola. Dengan aplikasi ini permasalahan kirim uang selama berada di Malaysia akan lebih mudah dan tanpa biaya yang besar. Unduh aplikasinya di sini untuk mengetahui fitur-fitur lengkapnya.

 

 

Tags: , , , , , , , , ,