Kunjungi 7 Tempat Wisata Penang Malaysia Paling Direkomendasikan

penang

Pada artikel sebelumnya telah mengulas berbagai wisata Malaysia paling direkomendasikan untuk para wisatawan. Artikel kali ini akan mengulas lebih dalam mengenai tempat wisata Penang yang cocok bagi Anda yang menginginkan keindahan alam, dan udara sejuk dari atas ketinggian. Selain itu, Penang juga dikenal memiliki banyak pilihan kuliner lezat yang bisa Anda cicipi.

Tidak hanya kuliner, Penang adalah kota dengan suasana bangunan berarsitektur unik dan bernilai sejarah yang tinggi. Tidak mengherankan lagi UNESCO menjadikan Kota Penang dalam daftar warisan budaya di dunia.

1. Pemandangan dari Ketinggian The Penang Hill

Untitled design 82 - Kunjungi 7 Tempat Wisata Penang Malaysia Paling Direkomendasikan

Sumber: penang.ws

Penang Hill merupakan wisata populer di Penang dengan menyuguhkan pemandangan Kota Penang dari dataran tinggi. Lokasinya sekitar 6 kilometer dari pusat kota Georgetown, ibu kota negara bagian Penang dan berada di ketinggian sekitar 821 meter di atas permukaan laut. Banyak wisatawan datang ke sini untuk menikmati udara sejuk bebas polusi dan pemandangan menakjubkan.

Anda bisa memanfaatkan Penang Hills Railway untuk mencapai puncak dengan jalur yang miring dan memacu adrenalin. Waktu terbaik mengunjungi Penang Hill saat sunrise sekitar pukul 07.00-07.30 pagi. Saat cuaca cerah, Anda bisa melihat dengan jelas Gunung Langkawi dan Kedah utara. Sore hari menjadi pilihan tepat untuk berkunjung ketika Anda ingin bersantai menikmati pemandangan menjelang malam hari Georgetown dari ketinggian.

2. Penang Bridge

Penang Bridge merupakan sebuah jembatan gantung yang memiliki panjang mencapai 13, 5 km dan menjadi salah satu ikon terkenal di Penang. Jembatan gantung ini menghubungkan Penang dengan dataran di Seberang Perai. Dulunya sebelum ada Penang Bridge, setiap orang harus menggunakan Kapal Ferry ketika akan menyebrang ke Penang.

Jembatan ini merupakan jembatan tol terpanjang di Malaysia dan juga terpanjang keempat di Asia Tenggara. Untuk melewati Penang Bridge, Anda hanya akan membayar satu kali ketika memasuki kawasan Penang.

3. Cheong Fatt Tze Mansion

Salah satu tempat wisata Penang ini merupakan rumah dari seorang pengusaha asal China yang berdiri sekitar awal tahun 1890-an. Bangunan ini memiliki arsitektur China terbaik pada abad ke-18 dan 19 dengan mengedepankan desain Feng Shui. Cheong Fatt Tze Mansion atau juga dikenal dengan Blue Mansion, terletak di 14 Leith Street dan dibangun dalam waktu lebih dari 7 tahun. Bangunan ini memiliki lima halaman dengan dasar berbahan granit, 38 kamar, 7 tangga, dan 22 jendela dengan kaca berwarna. Terbukti dengan keunikannya, bangunan ini menjadi buruan para wisatawan yang hobi berfoto-foto.

4. Kek Lok Si Temple

a1 - Kunjungi 7 Tempat Wisata Penang Malaysia Paling Direkomendasikan

Sumber: media.tacdn.com

Kek Lok Si merupakan kuil Buddha terbesar di Malaysia. Kawasan ini memiliki tiga zona dengan di bagian tengahnya terdapat kuil, taman, pagoda, dan empat paviliun dewa. Kuil ini terletak di atas sebuah bukit di Air Itam dan telah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Taman-taman yang berada di kawasan ini juga sangat cantik dan terawat.

Baca Juga: Mau Liburan Seru di Genting Highland? Lakukan 9 Hal Ini!

5. Fort Cornwallis

Fort Cornwallis merupakan sebuah benteng pertahanan dan menjadi salah satu ikon wisata Penang paling terkenal. Lokasi benteng ini dekat dengan Esplanade dan Penang Clock Tower. Tempat ini bentuknya menyerupai bintang dan menjadi salah satu struktur tertua di Penang. 

Di dalam benteng ini terdapat sebuah patung perunggu dari Captain Francis Light yang berdiri dekat dengan pintu utama Fort Cornwallis. Selain patung juga terdapat penjara, barak, tempat penyimpanan senjata, dan pelabuhan kecil. Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk berwisata sambil mempelajari sejarah masa kolonial.

6. Penang Road

Untitled design 83 - Kunjungi 7 Tempat Wisata Penang Malaysia Paling Direkomendasikan

Sumber: airasiago.co.id

Penang Road merupakan jalanan paling penting di kawasan ini. Jalan ini menghubungkan antara Lebuh Farquhar di utara dan Jalan Gurdawa di selatan. Setiap bulan di jalan ini diadakan Little Penang Street Market yang menjual banyak barang unik dan makanan khas daerah ini. Selain berbelanja, hal yang paling menarik minat pengunjung adalah pertunjukan seni, live music, dan pertunjukkan seni visualnya.

7. Penang, Surga Dunia Para Pecinta Kuliner

Penang memang terkenal dengan pemandangan menakjubkan Kota Georgetown dari atas Penang Hill. Anda bisa berburu kuliner di sebagian besar sudut kota. Saking banyaknya pusat kuliner di Penang, kota ini dijuluki “the best street food”. Coba datangi Gurney Hawker Centre tempat berkumpulnya para pedagang kaki lima. Anda bisa mencicipi aneka makanan khas Malaysia, China, dan India dengan harga murah meriah. Ramah sekali bukan untuk dompet para wisatawan?

Demikian ulasan mengenai destinasi wisata Penang Malaysia yang bisa menjadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung untuk membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,