Menjelajah Hutan Penuh Tantangan? Cobalah Taman Negara Malaysia

taman negara malaysia

Bagi sebagian orang, liburan ke luar negeri biasa dikaitkan dengan sesuatu yang hanya berkunjung ke tempat-tempat unik dan menarik saja. Padahal Anda juga dapat merasakan berbagai aktivitas menantang dan seru dilakukan bersama teman satu geng. Salah satu negara tetangga Indonesia yang patut dicoba untuk tempat wisata menantang adalah Malaysia. Terlebih lagi Malaysia memiliki kurs mata uang yang tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Sehingga tidak ada salahnya Anda mencoba petualangan seru di Malaysia untuk mengisi waktu liburan. Tempat wisata yang khusus menawarkan pengalaman ini adalah Taman Negara Malaysia. Ingin mengetahui detail menjelajah hutan di Taman Negara Malaysia? Simak ulasan berikut ini.

1.  Info Seputar Taman Negara Malaysia

Taman Negara Malaysia adalah hutan tropis yang ramah petualang dari berbagai daerah di luar Malaysia. Artinya, hutan ini masih terbilang destinasi tracking atau penjelajahan hutan yang mudah dilalui. Beralamat di Kuala Tahan, Jerantut, Pahang Darul Makmur, Malaysia, tempat ini rimbun akan pohon tua yang besar. Dengan luas total kurang lebih 4300 km persegi ini, Taman Negara Malaysia termasuk dalam hutan tua yang usianya kurang lebih 130 juta tahun yang lalu. Sehingga ragam flora dan fauna di dalamnya pun sudah hasil persilangan dari berbagai wilayah dan negara di sekitarnya.

a.  Jalur Trekking yang Mudah

Taman Negara Malaysia terkenal bagi para penjelajah hutan pemula karena jalur tracking yang mudah dilalui. Anda dapat mengeksplor hutan dengan berjalan menyusuri jalan setapak yang juga dilengkapi dengan penunjuk arah di sepanjang perjalanan. Mudah dilalui bukan berarti tidak menantang karena kondisi alamnya masih asli sehingga tidak ada yang dirubah selain penambahan jalur tersebut. Jadi bersiaplah untuk bertemu flora dan/atau fauna langka di sana.

Beberapa jalur tracking tersebut akan mengantarkan Anda menuju beberapa titik pemandangan yang menjadi unggulan di hutan ini. Diantaranya adalah pemandangan di sepanjang sungai jernih, titik Air Terjun Layang-Layang yang cocok untuk berenang, dan pemandangan alami lainnya.

Namun karena kemudahan aksesnya ini, mungkin Anda akan bertemu dengan beberapa wisatawan lain yang juga berkunjung. Kecuali jika Anda datang ke Taman Negara Malaysia saat low season atau tidak bersamaan dengan musim liburan (high season).

Baca Juga: Penggemar Staycation Unik, Temukan Pengalaman Antimainstream di Malaysia

b.  Pengalaman Melewati Jembatan Gantung

Pemandangan menakjubkan lain yang juga menjadi daya tarik unggulan Taman Negara Malaysia adalah jembatan gantung. Bagaimana tidak? Jembatan gantung yang biasa disebut Canopy Walkway ini menyandang predikat tertinggi dan terpanjang di dunia. Jembatan ini memang masih menggunakan tali dan kayu, namun kualitas keamanannya sudah terjamin. Oleh karena itu, banyak sekali wisatawan yang sangat tertantang melewatinya. Lalu untuk pemandangan di tengah jembatan, jangan ditanya lagi karena banyak sekali wisatawan yang berhenti di sini untuk mengabadikan momen tersebut meskipun ada rasa takut. Anda tidak sabar untuk mencobanya bukan?

c.   Jelajah Hutan Malam Hari

taman negara rainforest night walk 2 - Menjelajah Hutan Penuh Tantangan? Cobalah Taman Negara Malaysia

Sumber: tourmab.com

Jika Anda ingin menguji keberanian pada level yang lebih tinggi, cobalah untuk menjelajah hutan pada malam hari atau biasa disebut dengan Night Jungle Walk. Selain harus adanya pemandu perjalanan, Anda dan rombongan juga harus lapor terlebih dahulu ke Kantor Pusat Taman. Selain suasana jelajah hutan malam hari yang lebih menantang dan tak terlupakan, Anda juga bisa melihat kehidupan hewan-hewan nokturnal yang unik. Perjalanan jelajah malam ini membutuhkan waktu antara 1,5 hingga 2 jam. Bagaimana? Anda tertarik?

2.  Penginapan Unik di Taman Negara Malaysia

Nah, untuk urusan penginapan, Anda dan kawan-kawan dapat membangun tenda untuk bermalam di tengah hutan. Lokasi mendirikan tenda ini ada beberapa camp. Pertama, Anda dapat menggunakan camp luas yang letaknya kurang lebih 3 km dari jembatan gantung ke arah hulu sungai. Kedua, Anda bisa mencoba mendirikan tenda di dalam gua yang memiliki pintu masuk unik, yaitu dari atas gua. Selain lebih menyatu dengan alam, Anda dan teman-teman juga bisa membuat api unggun untuk menghangatkan badan di malam hari.

Telinga Cave Taman Negara - Menjelajah Hutan Penuh Tantangan? Cobalah Taman Negara Malaysia

Sumber: adventoro.com

Namun apabila Anda datang bersama keluarga dan tidak ingin repot membangun tenda, pengelola Taman Negara Malaysia juga menyediakan penginapan di rumah salah satu penduduk desa lokal yang nyaman. Anda bahkan bisa memesan makan malam dan sarapan pada pagi harinya.

Itu tadi adalah info lengkap terkait petualangan di Taman Negara Malaysia. Jangan lupa juga untuk merasakan petualangan ini bersama teman yang sudah ahli dalam hal hiking jika Anda belum pernah hiking sebelumnya. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih aman dan dapat menikmati tracking dan pemandangan di sepanjang jalur.

Hal lain yang juga akan mendukung urusan keuangan Anda tanpa mengganggu perjalanan hiking di Taman Negara Malaysia adalah menggunakan aplikasi pembayaran dan transfer uang antar negara. Salah satu aplikasi yang menawarkan fitur mudah dan murah ini adalah Qelola. Yuk kenal lebih jauh tentang Qelola di sini. Lalu download Qelola untuk merasakan manfaatnya.

Tags: , , , ,