Cara Pemesanan Kamar Hotel, Check In Hotel, dan Check Out Hotel

Check In Hotel

Berlibur ke luar negeri tidak mungkin dilakukan tanpa menginap di suatu tempat, baik berupa hotel, penginapan, atau rumah kerabat yang dikenal. Ketika menginap di hotel, terdapat prosedur yang harus dilakukan agar Anda bisa masuk ke kamar yang sudah Anda pesan. Cara check in hotel tidak terlalu sulit untuk dilakukan, jadi tak perlu takut dan ragu untuk memesan hotel paling nyaman yang bisa Anda dapatkan.

Ketika liburan nanti, hotel akan jadi tempat beristirahat utama yang Anda miliki. Jadi sebisa mungkin pilihlah hotel yang paling sesuai dengan alokasi budget dan fasilitas yang diinginkan. Jangan sampai salah memilih, karena ini akan berpengaruh besar pada sensasi liburan yang Anda dapatkan.

Nah, untuk memberikan gambaran mengenai mekanisme menyewa kamar di hotel, check in hotel, hingga check out hotel, Anda bisa melihatnya pada poin di bawah ini.

Memesan Hotel yang Diinginkan

Untitled design1010 - Cara Pemesanan Kamar Hotel, Check In Hotel, dan Check Out Hotel

Jika dahulu Anda harus melakukan pemesanan langsung pada hotel yang ingin dituju, kini Anda sudah banyak dipermudah dengan keberadaan layanan dan aplikasi untuk traveling. Anda bisa menemukan aplikasi tersebut dengan mudah pada layanan penyedia aplikasi yang Anda gunakan, baik pada Play Store atau App Store.

Prosedur standar yang bisa digunakan adalah, pertama buka aplikasi, lalu ketikkan nama hotel atau lokasi tujuan wisata yang Anda tuju. Setelah selesai, sederet pilihan bisa Anda lihat dan kemudian klik pada hotel yang dipilih. Tentukan kamar dan pastikan harga yang tertera di aplikasi tersebut sudah sesuai dengan dana yang Anda alokasikan. Jangan lupa, pastikan juga fasilitas yang ada pada hotel tersebut dan lokasi dari hotel. Setelah selesai, lakukan pemesanan dan lakukan pembayaran dengan cara yang dipilih.

Anda akan mendapatkan notifikasi pada e-mail ketika pembayaran sudah dilakukan dan mendapatkan bukti pembayaran. Nantinya Anda tinggal mendatangi hotel tersebut dan menunjukkan bukti ini untuk selanjutnya diproses oleh petugas yang ada di bagian resepsionis.

Cara Check In Hotel

Untitled design1007 - Cara Pemesanan Kamar Hotel, Check In Hotel, dan Check Out Hotel

Setelah tiba tanggal pemesanan hotel, Anda bisa mendatangi hotel tersebut untuk melakukan proses check in hotel. Datangi bagian resepsionis dan lakukan konfirmasi pada pesanan yang sudah Anda lakukan melalui aplikasi dengan menunjukkan data bukti pemesanan yang sudah dibayar pada e-mail Anda. Data ini juga biasanya dikirimkan pada aplikasi yang Anda gunakan.

Setelah diperiksa oleh resepsionis, kamar akan disiapkan sembari Anda akan diminta menyerahkan kartu identitas. Tujuannya adalah untuk melakukan konfirmasi dan validasi data pemesan yang masuk ke pihak hotel dan data yang Anda miliki sebagai penyewa kamar.

Tunggu sejenak sementara pihak resepsionis melakukan proses input data ke dalam sistem. Setelah selesai biasanya Anda akan mendapatkan satu kertas bukti Anda sudah melakukan check in hotel dan beberapa ketentuan yang dimiliki oleh hotel tersebut. Baca setiap poinnya dan tandatangani berkas yang diberikan. Setelah selesai, Anda akan menerima kunci kamar dan Anda bisa segera masuk ke dalam kamar yang sudah Anda pesan sebelumnya.

Lalu Bagaimana ketika Check Out?

Untitled design1009 - Cara Pemesanan Kamar Hotel, Check In Hotel, dan Check Out Hotel

Setelah menikmati waktu liburan dan beristirahat di hotel yang Anda pilih, waktunya untuk melakukan check out pada kamar yang sudah habis masa sewanya. Caranya juga cukup mudah, jadi Anda tak perlu bingung.

Pertama pastikan semua barang bawaan tidak ada yang tertinggal di kamar hotel, mulai dari smartphone, pakaian, charger, laptop, perhiasan, dan barang-barang lainnya. Setelah selesai, bawa barang tersebut turun ke resepsionis sesuai waktu yang sudah ditentukan oleh pihak hotel. Jika Anda belum mendatangi resepsionis ketika waktu sudah habis, biasanya Anda akan menerima panggilan untuk mengkonfirmasi perpanjangan sewa.

Setelah sampai di resepsionis, sampaikan bahwa Anda akan melakukan check out pada kamar yang sudah Anda sewa. Anda akan menyerahkan kunci kamar hotel yang sudah Anda tempati dan menunggu sejenak ketika data Anda diproses. Pada waktu yang sama, petugas akan memeriksa kamar yang Anda tempati dan memastikan tidak ada barang yang rusak, hilang, atau tertinggal.

Setelah pemeriksaan selesai, Anda akan mendapatkan konfirmasi bahwa transaksi sudah selesai dan Anda bisa meninggalkan hotel untuk melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Itinerary Adalah Hal Penting, Simak Info Lengkapnya Berikut

Sebenarnya jika diamati, cara check in hotel bukanlah hal yang sulit dan mudah dilakukan. Jika penjelasan di atas dirasa masih kurang, Anda bisa secara langsung bertanya pada petugas resepsionis yang ada di hotel yang Anda kunjungi. Petugas sudah terlatih untuk memberikan panduan dengan jelas agar tidak terjadi kesalahan dalam proses tersebut.

Nah, itu tadi proses pemesanan, check in hotel, hingga tahap check out. Mudah bukan? Jadi tidak perlu ragu lagi untuk memesan kamar hotel ketika Anda melancong ke negeri orang ya! Untuk melancarkan perjalanan Anda, ada baiknya Anda menginstal aplikasi Qelola. Sederhana, agar ketika tiba-tiba datang tagihan pembayaran rutin bulanan, Anda bisa menyelesaikannya dalam waktu singkat dengan menggunakan fitur di aplikasi ini. Unduh aplikasinya di sini, dan selamat liburan!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,