Ingin Bepergian di Musim Corona? Ikuti Tips Liburan Aman Berikut Ini

bepergian

Semenjak Presiden Joko Widodo pertama kali mengumumkan adanya 2 WNI yang positif terinfeksi virus Corona di Indonesia. Maka aktivitas bepergian baik di dalam negeri maupun ke luar negeri sudah tidak sebebas sebelumnya. Masuknya virus Corona tersebut ke Indonesia dianggap menjadi suatu penanda bagi seluruh masyarakat agar lebih menjaga diri. Apalagi bagi Anda yang gemar bepergian untuk travelling baik di dalam maupun di luar negeri. Tentu saja dibutuhkan persiapan khusus agar perjalanan Anda tetap aman meskipun sedang musim Corona. Coba beberapa tips di bawah ini agar perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: Bagaimana Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Virus Corona?

Menyiapkan Masker dan Hand Sanitizer

bepergian 1 - Ingin Bepergian di Musim Corona? Ikuti Tips Liburan Aman Berikut Ini

Seperti yang sudah banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan, melindungi diri dengan masker dan hand sanitizer menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk melindungi diri dari virus Corona. Apalagi bagi Anda yang sedang sakit atau mengalami gangguan pernapasan. Dengan menggunakan masker, Anda bisa meminimalisir penyebaran penyakit. Dan bagi Anda yang sehat, penggunaan masker bisa meminimalisir Anda tertular penyakit. Sedangkan untuk hand sanitizer, bisa Anda gunakan sesuai keperluan. Misalnya, gunakan hand sanitizer sebelum makan, atau setelah Anda pergi dari tempat umum. Namun jika memungkinkan, alangkah lebih baik jika Anda mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Hal ini penting untuk diterapkan sehari-hari karena tangan adalah sumber bakteri dan virus. Jadi, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan, ya.

Memahami Kondisi Tubuh

Meskipun sedang bepergian, tidak ada salahnya untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan diri sendiri. Selama bepergian, alangkah baiknya jika Anda selalu membawa termometer dan terus memantau kondisi temperatur Anda. Kemudian untuk mencegah terpaparnya virus Corona, Anda juga bisa memperkuat daya tahan tubuh. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah menerapkan pola makan yang lebih sehat, ditambah mengkonsumsi vitamin dan suplemen.

Hindari Menggunakan Transportasi Umum

bepergian 2 - Ingin Bepergian di Musim Corona? Ikuti Tips Liburan Aman Berikut Ini

Menghindari untuk menggunakan transportasi umum bertujuan untuk menghindari sebanyak mungkin orang. Lebih baik jika Anda naik mobil pribadi ketika hendak bepergian atau saat akan menuju bandara. Jika terpaksa Anda harus menggunakan transportasi umum, pastikan Anda selalu memakai masker, dan sebisa mungkin sedikit menyentuh permukaan di dalam transportasi umum. 

Saat Anda harus naik pesawat, Anda juga harus selalu waspada. Meskipun virus tidak mudah menyebar di kabin pesawat karena telah dibersihkan dan dilengkapi dengan teknologi High-Efficiency Particle Filters atau HEPA. Namun sebaiknya Anda tetap menerapkan batas jarak aman dengan orang lain agar terhindari dari percik, renik, dan droplet dari orang yang mungkin terinfeksi virus Corona. Agar lebih aman, Anda bisa memilih tempat duduk yang dekat jendela, dan tetap duduk tenang sepanjang penerbangan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari bersinggungan dengan orang lain, dan permukaan benda yang kerap tersentuh oleh banyak orang.

Hindari Berbagi Makanan dengan Orang Lain

Hindari untuk berbagi makanan dengan orang lain, karena hal ini ternyata bisa menjadi salah satu cara penularan virus. Anda juga sangat disarankan untuk tidak berbagi peralatan makan, seperti gelas, dan sendok. Begitu juga dengan peralatan mandi, terutama handuk. Selain itu, terapkan cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, terutama setelah Anda mengunjungi tempat umum. Dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, maka virus akan mati. Karena virus akan mati ketika mereka terkena cairan antiseptik dan air.

Tidak Perlu Cemas Berlebihan

bepergian 3 - Ingin Bepergian di Musim Corona? Ikuti Tips Liburan Aman Berikut Ini

Banyaknya pemberitaan tentang virus Corona, ternyata berdampak pada psikologis sebagian besar orang. Maka untuk meredam rasa cemas, takut, dan sedih yang dirasakan oleh sebagian orang, ada beberapa hal yang sebenarnya bisa dilakukan. Hal pertama adalah mencoba untuk menerima semua yang terjadi, menerima semua rasa takut dan sedih dengan tidak mencoba melawannya. Setelah bisa menerima semuanya, selanjutnya cobalah untuk mengatur napas dengan pernapasan perut. Ketika Anda bernapas menggunakan pernapasan perut, maka udara yang dihasilkan akan semakin banyak, napas akan semakin panjang, dan perasaan akan menjadi lebih tenang. Dan yang terakhir adalah menempelkan kantung es ke bagian belakang leher. Dalam kondisi cemas, takut, dan sedih, akan terjadi perubahan pada kerja organ seseorang. Di antaranya adalah seperti napas menjadi lebih pendek, jantung berdebar kencang, tangan menjadi dingin, atau sebaliknya. Dengan menempelkan kantung es ke bagian belakang leher, maka dapat meredam kondisi tersebut.

Selain beberapa tips di atas, hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memantau status keamanan tempat tujuan Anda. Pastikan Anda mengetahui apakah wilayah tersebut aman oleh penyebaran virus Corona atau tidak. Setelah mendapatkan informasi yang valid, maka Anda akan lebih tenang saat bepergian ke suatu tempat. Apakah Anda berencana untuk terbang ke negeri jiran Malaysia? Jika iya, jangan lupa untuk install aplikasi Qelola di smartphone Anda. Aplikasi ini akan membantu Anda menyelesaikan berbagai macam transaksi secara online. Seperti bayar tagihan PLN, PDAM, BPJS, hingga untuk keperluan beli token listrik. Selain bayar tagihan, Qelola juga akan membantu Anda untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Ada begitu banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Qelola. Jadi, tunggu apa lagi? Unduh aplikasinya sekarang!

Tags: , , , , , , ,