Pahami 7 Kosakata Bahasa Melayu Ini saat Liburan di Malaysia

kosakata malaysia

Saat liburan di Malaysia, Anda perlu memahami beberapa kosakata bahasa Melayu untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan masyarakat di sana. Seperti yang diketahui, bahasa Melayu yang menjadi bahasa resmi negara Malaysia sangat mudah dipelajari. Terlebih karena Malaysia masih satu rumpun dengan Indonesia sehingga bahasanya pun masih mirip dengan bahasa Indonesia. Walaupun bahasanya mirip, bukan berarti semua kosakata bahasa Melayu memiliki arti dan makna yang sama dengan bahasa Indonesia. Inilah pentingnya Anda memahami penggunaan kosakata yang mirip tapi beda arti tersebut agar Anda tidak salah memahami pembicaraan dengan masyarakat Malaysia. Berikut adalah 7 kosakata bahasa Melayu yang harus Anda pahami saat liburan di Malaysia.

1.  Kosakata Jimat

person s hand putting money glass jar near decreasing stacked coins 23 2147919232 - Pahami 7 Kosakata Bahasa Melayu Ini saat Liburan di Malaysia

Jimat bagi orang Indonesia diartikan sebagai benda yang sakti dan dipercaya bisa melindungi. Sementara bagi orang Malaysia, kosakata ini berarti hemat atau bermakna hemat dalam hal keuangan. Jadi, jika Anda mendengar orang Malaysia mengucapkan kosakata ini, jangan sampai salah mengartikan kosakata ini, bisa-bisa Anda memiliki prasangka buruk terhadap orang tersebut.

2.  Kosakata Jemputan

Jemputan dalam bahasa Indonesia umumnya digunakan saat Anda butuh transportasi untuk menjemput. Namun, jangan gunakan kosakata ini saat Anda memerlukan transportasi untuk menjemput Anda selama di Malaysia. Sebab, arti dan makna kata jemputan dalam bahasa Melayu berbeda. Kosakata jemputan di Malaysia berarti undangan. Contohnya, jemputan majlis perkahwinan yang artinya undangan acara pernikahan. Jika Anda menggunakan kosakata jemputan di Malaysia, bisa-bisa Anda malah dikira mau memberikan undangan kepada orang yang Anda ajak bicara.

3.  Kosakata Kereta

train waiting passangers railway station 165577 188 - Pahami 7 Kosakata Bahasa Melayu Ini saat Liburan di Malaysia

Saat bertanya dengan warga lokal di Malaysia mengenai moda transportasi, perlu diingat bahwa kosakata kereta dalam bahasa Melayu berarti mobil. Jika Anda bertanya mengenai transportasi kereta api, maka sebut saja kereta api. Kalau tidak ingin salah menaiki moda transportasi, sebaiknya Anda memahami kosakata satu ini dan jangan sampai salah dalam penyebutannya.

4.  Kosakata Lagi

Kosakata lagi dalam bahasa Indonesia berarti sedang atau bermakna ingin melakukan suatu hal lebih dari satu kali. Dalam konteks percakapan tertentu, kata lagi di Malaysia bisa memiliki arti yang berbeda. Arti kosakata lagi di Malaysia bisa berarti lebih. Misalnya, saat Anda pergi ke pusat perbelanjaan lalu penjual mengatakan “tas ini lagi murah”, bukan berarti tas tersebut sedang murah, melainkan tas itu lebih murah dibandingkan tas lainnya.

Baca Juga: Cari Tahu Perbedaan Bahasa Indonesia dan Malaysia Hanya di Sini

5.  Kosakata Pejabat

group asian business people with casual suit working talking together modern office p 41418 233 - Pahami 7 Kosakata Bahasa Melayu Ini saat Liburan di Malaysia

Kalau dalam bahasa Indonesia, pejabat memiliki arti pegawai pemerintah atau orang yang memiliki jabatan penting. Namun, kosakata pejabat di Malaysia berarti kantor. Misalnya, Pejabat Imigresen yang artinya Kantor Imigrasi. Arti kata tersebut sangat berbeda, jadi jangan sampai disamakan penggunaannya saat berada di Malaysia.

6.  Kosakata Percuma

Kata percuma bagi orang Indonesia bermakna sia-sia atau tidak ada gunanya. Bagi orang Malaysia, kata percuma justru bermakna berguna. Dalam bahasa Melayu, kata percuma juga bisa berarti sesuatu yang gratis atau tidak perlu bayar. Jadi, jika Anda mendengar penjual mengatakan “barang ini percuma”, maka bukan berarti barang tersebut sia-sia, melainkan barang tersebut sangat berguna atau bisa Anda dapatkan secara gratis. Kosakata ini biasanya kerap Anda dengar di pusat perbelanjaan atau di iklan televisi yang ada di Malaysia.

7.  Kosakata Wayang

cinema theater showing empty white movie screen 31965 5639 - Pahami 7 Kosakata Bahasa Melayu Ini saat Liburan di Malaysia

Apabila ada teman atau pemandu wisata yang mengajak Anda melihat wayang, maka jangan mengira Anda akan menyaksikan pertunjukan wayang kulit di sana. Apakah dia sedang mengajak Anda menyaksikan pertunjukan kisah Hanoman? Tentu bukan. Di Malaysia, kata wayang bisa diartikan sebagai film yang sedang tayang di bioskop. Jadi, orang tersebut sedang mengajak Anda untuk menonton film di bioskop. Jadi, jangan sampai salah sangka saat orang Malaysia menggunakan kosakata ini ya.

Itulah beberapa kosakata bahasa Melayu yang perlu Anda pahami saat liburan di Malaysia. Pada dasarnya, memahami kosakata bahasa Melayu tidak sesulit yang Anda bayangkan. Anda bisa mempelajarinya dengan cara mudah seperti menonton film atau mendengarkan lagu Malaysia. Anda juga bisa bergabung dalam komunitas orang Malaysia agar kosakata yang Anda ketahui semakin luas. Pemahaman kosakata Malaysia bisa menjadi bekal Anda untuk beradaptasi dan berinteraksi dengan warga lokal selama liburan di sana.

Untuk menunjang pengelolaan keuangan selama liburan di Malaysia, pastikan Anda menggunakan aplikasi Qelola. Layanan keuangan Qelola akan memudahkan Anda mengelola keuangan, khususnya dalam hal transfer uang dan pembayaran tagihan ke Indonesia. Qelola dilengkapi berbagai fitur menarik seperti e-wallet, transfer uang domestik dan internasional, serta multi-billing payment untuk segala keperluan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, Anda bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara praktis, cepat, dan biaya yang murah. Tunggu apalagi? Segera unduh aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran akun dan pengisian saldo agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari setiap fiturnya. Cek juga akun Instagram Official Qelola untuk mendapatkan info promo menarik setiap bulannya.

Tags: , , , , , , , , , , ,