Bahasa di Malaysia yang Resmi, Salah Satunya Bahasa Melayu

bahasa di malaysia

Apa yang pertama kali menyenangkan di benak Anda saat menginjakkan kaki di Malaysia? Ya, tentu bahasa di Malaysia yang terdengar unik dan lucu di telinga orang Indonesia. Barangkali Anda perlu meminta beberapa kali pengulangan untuk memahami kalimat yang diucapkan dengan bahasa Malaysia. Sebagian besar orang Malaysia memang berbicara cepat sehingga sulit untuk cepat dipahami. Lalu, apa bahasa nasional resmi yang digunakan oleh masyarakat di negeri Jiran Malaysia ini?

Bahasa Melayu, Salah Satu Bahasa Resmi di Malaysia

pexels photo 1078741 - Bahasa di Malaysia yang Resmi, Salah Satunya Bahasa Melayu

Malaysia merupakan tempat bercampurnya berbagai bahasa dan beberapa etnis di Asia. Namun Malaysia memiliki etnis yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan Indonesia. Etnis-etnis yang berada di Malaysia, antara lain Melayu, Tiongkok, dan India, dan bangsa pendatang lain, seperti Inggris dan lain sebagainya. Malaysia memiliki sekitar 127 bahasa etnis yang digunakan oleh penduduk lokal. Bahasa nasional yang diakui secara resmi adalah bahasa Melayu, Mandarin (Tiongkok) dengan beberapa dialek (Guangzhou, Fujian, dan Hakka), dan Tamil (India) serta bahasa Inggris. Khusus di Malaysia Timur, negara bagian Sabah dan Serawak, dikenal pula bahasa Dayak.

Bahasa Melayu dan bahasa Indonesia memang terdengar hampir serupa dan akar bahasa yang digunakan juga serupa. Namun, bahasa Indonesia dan Melayu tetap tidak sama. Tentu dengan belajar berbahasa Malaysia ini, akan memperkaya pengetahuan dan kemampuan komunikasi. Anda tidak akan kesusahan saat berkomunikasi dengan orang Malaysia saat berada di Malaysia. Bahasa terbukti tidak lagi menghambat Anda saat mengunjungi Malaysia. 

Bahasa Inggris yang Dimelayukan

Bahasa Inggris menjadi bahasa global yang setidaknya harus dikuasai oleh setiap orang ketika berkunjung ke suatu negara di dunia. Tidak sedikit pula negara selain Inggris yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi di negaranya di samping tetap menggunakan bahasa ibu. Begitupun dengan Malaysia yang menggunakan bahasa Inggris untuk beberapa kosakata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam penggunaannya, bahasa Melayu memang tidak baku. Mulai dari Johor, Negeri Sembilan, Selangor hingga ujung Semenanjung Malaysia, yaitu Kelantan penggunaan bahasa Melayu berbeda jauh. Tidak sedikit kaum muda di Malaysia mencampur baur bahasanya dengan bahasa Inggris. Orang Malaysia memang menggunakan beberapa istilah Inggris saat berbicara. Bagaimanapun orang Malaysia merupakan commonwealth Inggris. Misalnya, mengeja huruf alfabet: e bi si di ie ef ji dan seterusnya.

Jadi, bahasa Inggris yang dimelayukan oleh orang Malaysia. Di antara lain seperti: epal untuk apple, stesen untuk station, berus untuk brush, selipar untuk slipper, basikal untuk bicycle, paip untuk pipe, dan sebagainya. Jadi bukan hal yang aneh apabila di pasar Anda menjumpai para pedagang dengan lancar berbicara, “Tak sure lah” atau “So, cam mana nak ape lagi”.

Bahasa di Malaysia yang Terdengar Unik dan Lucu

Berikut ini beberapa bahasa Malaysia yang memiliki arti berbeda dengan bahasa Indonesia dan terdengar unik.

  1. Makan angin, artinya adalah jalan-jalan atau liburan.
  2. Air kosong, bukan berarti sebuah gelas yang kosong. Air kosong dalam bahasa Malaysia memiliki arti air mineral yang ditambahkan es batu.
  3. Duduk, artinya bukan duduk dalam bahasa Indonesia. Duduk bagi orang Malaysia berarti tempat tinggal atau alamat. Jadi jangan sampai salah menjawab ya, ketika berlibur di Malaysia dan ditanya “duduk kat mana?”. Arti sebenarnya adalah, “tinggal di mana?”.
  4. Seronok, artinya menyenangkan dalam bahasa Melayu. Jangan berpikir negatif dulu, seronok dalam bahasa Indonesia adalah sesuatu yang tidak pantas.
  5. Hospital korban lelaki. Istilah ini dalam bahasa Malaysia berarti rumah sakit bersalin atau rumah sakit ibu dan anak di tanah air.

Belajar Bahasa Melayu dengan Jalan-Jalan ke Malaysia

pexels photo 1925536 - Bahasa di Malaysia yang Resmi, Salah Satunya Bahasa Melayu

Tidak ada salahnya Anda memasukkan Malaysia sebagai negara tujuan liburan mendatang. Carilah paket-paket wisata terbaik dengan harga terjangkau yang bisa Anda manfaatkan untuk berkunjung ke Malaysia. Kunjungi beberapa rekomendasi destinasi wisata terbaik di Malaysia. Bisa jadi, dengan berwisata di Malaysia, menjadi cara terbaik untuk langsung belajar bahasa di Malaysia, dengan berinteraksi dengan penduduk lokal. Sebaiknya, Anda sudah mengetahui dan hafal beberapa kosa kata penting dan yang sering digunakan. Tujuannya tentu agar Anda tidak salah paham dan mengalami kesulitan saat berinteraksi dengan orang Malaysia. Hal ini dijamin akan membuat kemampuan dalam berkomunikasi dengan bahasa Malaysia semakin lancar dan mantap. Jadi, siap datang ke Malaysia?

Di Malaysia, Anda dapat melakukan berbagai pembayaran dari Malaysia ke Indonesia secara mudah melalui platform pembayaran modern Qelola. Mulai dari kirim uang dari luar negeri dengan biaya murah dan membayarkan tagihan rutin bulanan keluarga di rumah. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui PlayStore pada smartphone Anda. Dapatkan dan jangan sampai ketinggalan berbagai informasi menarik seputar kehidupan, wisata, pendidikan, dan TKI di Malaysia. Klik di sini. 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,