Pahami Tips Backpacker Ini Sebelum Solo Travelling ke Luar Negeri

tips backpacker

Liburan ke luar negeri untuk pertama kalinya mungkin akan terkesan sedikit menegangkan. Apalagi jika Anda pergi sebagai backpacker untuk solo travelling ke negara dengan bahasa dan budaya yang berbeda. Sebelum Anda memutuskan untuk solo travelling ke luar negeri, ada baiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya. Berikut ini ada beberapa tips backpacker ke luar negeri yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Jelajah Destinasi Alam dan Budaya Malaysia yang Menarik untuk Dicoba

Tips Backpacker ke Luar Negeri

tips backpacker 2 1 - Pahami Tips Backpacker Ini Sebelum Solo Travelling ke Luar Negeri

Anda bisa menerapkan tips backpacker ke luar negeri berikut ini supaya tujuan untuk menjelajah ke luar negeri bisa terwujud tanpa harus menghabiskan banyak biaya. Jangan lupa dicatat, ya!

  1. Membuat catatan destinasi wisata tujuan. Apakah Anda adalah tipe traveller yang suka membuat rencana liburan yang rinci? Atau justru Anda adalah tipe traveller yang lebih spontan? Sebenarnya tidak ada salahnya jika Anda membuat daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi di negara tujuan. Hal ini akan memudahkan Anda selama liburan. Buatlah daftar destinasi wisata atau aktivitas seru yang sesuai dengan keinginan Anda. Dengan begitu, Anda bisa menikmati semua destinasi seru di negara tersebut tanpa penyesalan.
  2. Mempelajari budaya dan kebiasaan negara tujuan. Sebelum liburan ke luar negeri, sebaiknya Anda mempelajari budaya dan tata krama di negara tujuan agar Anda lebih mudah untuk beradaptasi selama berada di sana.
  3. Aktif mencari promo baik untuk tiket pesawat maupun untuk penginapan.
  4. Menyiapkan dokumen yang lengkap. Saat melakukan perjalanan backpacker ke luar negeri jangan sampai ada dokumen yang tertinggal. Dokumen penting tersebut di antaranya adalah KTP, paspor, dan visa. KTP akan digunakan untuk melakukan check in pesawat sebelum keberangkatan. Sementara paspor sebaiknya diurus setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan agar tidak terburu-buru dan dipastikan sudah jadi. Dan visa biasanya akan ditanyakan khususnya di negara-negara yang tidak bebas visa. Lengkapi dokumen-dokumen penting tersebut agar perjalanan backpacker Anda lancar.

Rekomendasi Negara Tujuan Solo Backpacker Terbaik

tips backpacker 2 - Pahami Tips Backpacker Ini Sebelum Solo Travelling ke Luar Negeri

Jika Anda masih ragu untuk melakukan solo backpacker ke luar negeri. Anda bisa memulainya dari negara-negara yang ada di Asia, di mana negara-negara tersebut memiliki tingkat keamanan tinggi dengan nilai tukar mata uang yang tidak terlalu tinggi terhadap rupiah. Inilah daftar 5 negara terbaik untuk liburan ala solo backpacker di Asia yang bisa Anda pilih:

  1. Jepang, digadang-gadang menjadi negara teraman di Asia. Dengan tingkat kriminalitas yang rendah, Jepang ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali melakukan solo backpacker. Destinasi wisata yang ditawarkan Jepang juga sangat beragam, mulai dari wisata alam dan budaya, hingga tren kekinian Jepang yang sangat unik dan menarik.
  2. Taiwan, juga bisa menjadi alternatif negara di Asia yang cocok untuk solo backpacker. Taiwan juga banyak menyediakan akomodasi, tempat makan hingga aktivitas wisata yang ramah untuk kantong para backpacker. Dan jangan lupa, bahwa Taiwan adalah surganya street food.
  3. Korea Selatan, juga memiliki tingkat keamanan yang cukup baik. Sehingga Anda tidak perlu terlalu takut untuk solo backpacker ke negara ini. Hampir sama seperti Jepang, banyak tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk menekan pengeluaran liburan selama di Korea Selatan.
  4. Laos, yang berlokasi di Asia Tenggara memungkinkan Anda sebagai WNI bebas keluar masuk Laos tanpa perlu mengajukan visa. Nilai tukar mata uang yang rendah juga menjadikan Laos sebagai salah satu negara tujuan wisata yang murah. Meskipun begitu, ternyata tingkat keamanan di Laos juga termasuk bagus, jadi Anda akan aman untuk liburan ke sana.
  5. Malaysia, juga menjadi salah satu negara terbaik yang bisa Anda pilih sebagai tujuan Anda pergi travelling. Selain lokasinya yang tidak jauh dari Indonesia, budaya Malaysia juga memiliki kemiripan dengan Indonesia. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk beradaptasi selama berada di sana.

Cara Aman dan Nyaman Backpacker ke Malaysia

tips backpacker 3 - Pahami Tips Backpacker Ini Sebelum Solo Travelling ke Luar Negeri

Malaysia memang salah satu negara yang nyaman untuk solo backpacker. Untuk mengunjungi Malaysia, persiapkan beberapa hal di bawah ini:

  1. Carilah informasi tentang liburan ke Malaysia sebanyak-banyaknya. Mulai dari bertanya pada orang yang sudah pernah ke sana, googling, hingga membaca buku tentang travelling ke Malaysia.
  2. Membuat perencanaan yang jelas dan tepat, termasuk jadwal keberangkatan. Anda harus menentukan dengan cermat waktu keberangkatan Anda, apakah musim liburan, saat cuti akhir tahun, atau mungkin saat mata uang ringgit sedang turun.
  3. Memilih tempat penginapan yang strategis, dan melakukan pemesanan jauh-jauh hari.
  4. Membeli kartu Touch n Go atau My Rapid KL. Hal ini penting untuk Anda perhatikan. Karena beberapa moda transportasi di Malaysia adalah commuter line, monorail dan LRT yang bisa Anda akses dengan kartu Touch n Go atau My Rapid KL yang bisa Anda beli di KL Sentral.
  5. Memanfaatkan fasilitas gratis yang tersedia di Malaysia, seperti Bus GO KL yang siap mengantarkan Anda tanpa memungut biaya.
  6. Rencanakan rundown harian Anda mengenai tempat yang akan Anda datangi dengan seksama. Pastikan Anda telah memperhatikan jarak yang harus ditempuh serta jam berapa tempat tersebut buka atau tutup.
  7. Menukar uang ringgit sejak masih berada di tanah air. Meskipun ada banyak ATM visa, mastercard atau ATM bersama yang bisa tarik tunai ringgit Malaysia di sana. Namun sebaiknya Anda telah menukar uang sebelum berangkat, karena nilai tukarnya akan lebih tinggi.

Berkunjung ke Malaysia, jangan lupa untuk menggunakan aplikasi Qelola untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi secara online. Aplikasi Qelola bisa Anda andalkan untuk kirim sejumlah uang ke sesama pengguna maupun ke rekening bank di tanah air, bayar tagihan, dan lain sebagainya. Caranya cukup mudah dan praktis, Anda hanya perlu unduh aplikasi Qelola di Google Playstore. Kemudian lakukan pendaftaran akun. Dan lihatlah bagaimana fitur-fitur Qelola akan memudahkan urusan transaksi Anda.

Tags: , , , , , , , ,