Icip Makanan Enak Khas Kuala Lumpur Saat Liburan ke Malaysia

makanan enak

Penduduk Malaysia terdiri dari tiga etnis utama, yaitu Melayu, India, dan China. Keragaman kelompok etnis tersebut akhirnya membuat Malaysia memiliki gaya kuliner yang sangat beragam. Hampir semua makanan enak khas Malaysia merupakan hasil dari perpaduan antara etnis Melayu, India, China, dan juga etnis lainnya. Selain ketiga etnis tersebut, gaya kuliner di Malaysia juga dipengaruhi oleh etnis lain seperti Thailand dan Arab, meskipun tidak membawa dampak yang menyeluruh terhadap masakannya. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang makanan enak khas Malaysia, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Tidak Perlu Bingung, Intip 7 Destinasi Wisata Kuala Lumpur Berikut Ini

1.  Nasi Lemak

makanan enak 1 - Icip Makanan Enak Khas Kuala Lumpur Saat Liburan ke Malaysia

Nasi Lemak adalah menu wajib yang harus Anda coba saat liburan di Malaysia. Hampir di setiap tempat makan di Malaysia ada menu ini, jadi Anda tidak akan sulit menemukannya. Nasinya mirip seperti nasi uduk yang ada di Indonesia, yaitu berupa campuran nasi dan santan kelapa. Namun yang membedakannya adalah bumbu rempah yang digunakan. Nasi lemak menggunakan bumbu rempah yang lebih simpel, yang biasanya dicampur sereh, kayu manis, dan jahe.

Misalnya di Village Park, Anda bisa mencoba Nasi Lemak yang cukup terkenal. Sejak pertama dibuka sekitar pukul 6:30 pagi, pengunjung sudah ramai. Apalagi saat akhir pekan, maka meja dan kursi bisa sampai digelar ke ruko-ruko sebelahnya. Nasi Lemak yang dijual di Village Park ini harganya mulai dari RM10, sudah termasuk dengan ayam goreng. Mungkin bagi sebagian orang harga tersebut cukup mahal, tapi memang kualitasnya sangat terjaga. Itulah mengapa banyak pembeli yang rela mengantri untuk mendapatkan Nasi Lemak meskipun harganya mahal. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa menemukan Village Park Restaurant di nomor 5, Jalan SS 21/37, Damansara Utama, 47400 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia.

2.  Nasi Kandar

makanan enak 2 - Icip Makanan Enak Khas Kuala Lumpur Saat Liburan ke Malaysia

Nasi kandar ini nasi padang yang ada di Indonesia, namun versi India. Karinya lebih kuat dan kental, sangat identik dengan masakan India. Sebenarnya, Nasi Kandar ini berasal dari Penang yang kemudian terakulturasi dengan budaya India. Bagi Anda yang penasaran untuk mencoba makanan enak yang satu ini, Anda bisa mengunjungi Nasi Kandar Pelita. Alamatnya ada di nomor 149, Jalan Ampang, Kuala Lumpur, 50450 Kuala Lumpur, Malaysia.

3.  Banana Leaf Rice

makanan enak 3 - Icip Makanan Enak Khas Kuala Lumpur Saat Liburan ke Malaysia

Banana Leaf Rice ini rasanya hampir mirip seperti Nasi Kandar. Tapi pengalaman yang akan Anda dapatkan saat menyantap makanan enak yang satu ini cukup berbeda. Anda akan dihidangkan dengan makanan enak khas Malaysia dengan daun pisang, mirip seperti liwetan sunda. Setelah daun pisang digelar, kemudian pelayan akan membawa ember dan akan menawarkan semua side dish seperti acar, terong cabe, sambal, dan kondimen lainnya. Kemudian Anda bisa memilih jenis nasi, ada nasi putih biasa, dan nasi briyani. Kemudian Anda juga harus memilih jenis kari. Anda bisa menemukan makanan ini di Sri Nirwana Maju Restaurant. Alamatnya ada di nomor 43, Jalan Telawi 3, Bangsar Baru, 59100 Kuala Lumpur, Malaysia. Sri Nirwana Maju Restaurant buka pukul 10:00 sampai dengan pukul 01:30 siang.

4.  Nasi Ayam Hainan

makanan enak 4 - Icip Makanan Enak Khas Kuala Lumpur Saat Liburan ke Malaysia

Nah, selain beberapa rekomendasi makanan enak yang ada di Malaysia seperti yang telah disebutkan di atas. Anda juga bisa mencoba masakan Malaysia tapi ala Chinese. Yaitu Nasi Ayam Hainan Chee Meng, yang bisa Anda temukan di daerah Bukit Bintang. Perpaduan antara nasi yang dimasak dengan kaldu ayam, jahe, serta bawang akan memberikan Anda pengalaman makan enak di Malaysia yang tak terlupakan. Belum lagi potongan ayam yang sangat empuk dan kulitnya yang bisa membangkitkan selera. Anda juga bisa menambah menu Terong Blacan yang tidak kalah enaknya. Nasi Ayam Hainan Chee Meng ini beralamat di nomor 50, Bukit Bintang Street, Bukit Bintang, 55100 Kuala Lumpur, Malaysia. Anda bisa berkunjung ke sana antara pukul 08:30 hingga 21:30 waktu setempat.

5.  Ayam Percik

makanan enak 5 - Icip Makanan Enak Khas Kuala Lumpur Saat Liburan ke Malaysia

Ayam Percik adalah salah satu makanan enak khas Malaysia yang berbahan dasar ayam, yang dioleh dengan beragam jenis rempah. Di Malaysia terkenal dua jenis Ayam Percik yang dibedakan berdasarkan tempatnya, yaitu Kelantan dan Trengganu. Perbedaannya adalah, jika Ayam Percik Kelantan menggunakan saus dan bumbu dari campuran santan dan sejumlah rempah. Sementara Ayam Percik Trengganu dibuat dengan tambahan bumbu cabai, sehingga rasanya lebih pedas dan sangat menggugah selera. Kuliner ayam yang satu ini memiliki nama yang sangat unik karena diolah dengan cara merendam ayam ke dalam bumbu untuk kemudian dipanggang sehingga sedikit hangus. Saat dipanggang, ayam akan diberi bumbu tambahan dengan cara dipercikkan, sehingga menjadikan makanan ini bernama Ayam Percik. Setelah selesai dipanggang, ayam kembali dibalur dengan saus sehingga aroma dan cita rasanya tetap terjaga dari luar dan dalam ayam.

Itulah beberapa rekomendasi makanan enak yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Malaysia. Anda ingin mencoba menu makanan yang mana dulu? Jangan lupa masukkan destinasi kuliner di Malaysia ke dalam itinerary liburan Anda. dengan memiliki panduan yang jelas dan lengkap, tentu saja liburan Anda ke Malaysia dapat berjalan lancar. Pastikan pula berapa budget liburan Anda, agar keuangan tetap terjaga dan terhindar dari pemborosan. Saat berkunjung ke Malaysia, sebenarnya Anda bisa saja tidak membawa uang cash yang terlalu banyak. Karena Anda bisa menyimpan sebagian uang Anda ke dalam dompet digital Qelola. Uang yang ada di dalam rekening Qelola tersebut bisa Anda alokasikan untuk keperluan bayar tagihan, beli pulsa, bahkan untuk transfer ke Indonesia. Anda juga bisa tarik saldo kapan saja dengan mudah. Ketahui lebih banyak tentang fitur yang dimiliki aplikasi Qelola di sini. Atau Anda juga bisa langsung unduh aplikasi Qelola di Google Play pada ponsel pintar Anda.

Tags: , , , , , ,