Barang Banyak Saat Travelling? No Worries, Cek Tips Packing Koper Ini

tips packing koper

Momen liburan selalu jadi momen paling ditunggu, tapi tidak dengan momen beres-beres alias packing. Liburan panjang kadang jadi masalah karena Anda harus mengemas lebih banyak perlengkapan padahal ruang di koper sangat terbatas. Tapi kini Anda tak perlu khawatir. Dengan mengikuti tips packing koper di bawah ini dijamin liburan Anda akan lebih menyenangkan tanpa harus pusing dengan barang bawaan.

Untuk melakukan packing dengan mudah, keahlian dalam mengepak barang atau packing perlu dikuasai agar Anda dapat berpergian dengan nyaman dan praktis. Kemana pun dan apapun tujuan perjalanan Anda, entah itu liburan, pulang kampung, atau trip bisnis, banyaknya kebutuhan pribadi kerap kali mempersulit Anda saat melakukan packing baju dan barang-barang lainnya.

Beberapa tips packing koper di bawah ini dapat membantu Anda untuk melakukan packing baju dengan lebih efektif. Berapapun lamanya Anda pergi meninggalkan rumah dan berapapun banyaknya jenis barang yang perlu dibawa, semua dapat terangkut dan tersimpan dengan rapi.

Tips Packing Koper 

Siapkan Semua Barang yang Akan di Bawa

pexels photo 934070 - Barang Banyak Saat Travelling? No Worries, Cek Tips Packing Koper Ini

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk packing barang adalah dengan menyiapkan semua barang yang akan dibawa. Kalau perlu, buat daftar barang apa saja yang Anda butuhkan selama liburan nanti. Rencanakan baju yang akan dipakai dan sesuai dengan lama perjalanan Anda. Tak perlu membawa seluruh isi lemari, karena yang Anda butuhkan adalah kemampuan mix and match dalam berpakaian. Usahakan untuk tidak membawa lebih dari 10-15 item dan pastikan Anda bisa membuat 20 atau lebih kombinasi gaya dari pakaian-pakaian tersebut. Setelah itu, pastikan kembali barang-barang yang akan dibawa, apakah sudah sesuai degan lamannya perjalanan atau belum.

Bawa Pakaian Dalam Secukupnya

Bawa pakaian dalam yang cukup untuk 1 minggu. Biasanya pakaian dalam tak memerlukan banyak tempat, Anda juga bisa mencucinya setiap 2 hari sekali. Bawa secukupnya saja pakaian dalam sesuai kebutuhan Anda.

Bawa Peralatan Mandi Secara Terbatas

Kemas juga peralatan mandi untuk satu minggu, tidak lebih. Kalau kurang, Anda bisa beli di lokasi tujuan. Kemas pelaratan mandi dengan seksama agar tidak bocor dan membasahi semua barang di koper.

Tidak Perlu Membawa Banyak Sepatu

pexels photo 267202 - Barang Banyak Saat Travelling? No Worries, Cek Tips Packing Koper Ini

Kemas dua pasang sepatu, formal dan kasual, dan kenakan sneakers untuk ke bandara. Saat Anda mengemas sepatu, maksimalkan ruang di dalamnya untuk menyimpan kaus kaki, kacamata hitam, atau charger handphone.

Mulai Packing Baju dari Tumpukkan Besar

Sebelum menyortir barang dan memasukkannya ke koper, kumpulkan semua baju, sepatu, peralatan pribadi, dan barang-barang lain dalam satu tumpukkan besar.

Tak perlu banyak pertimbangan apakah barang tersebut cukup esensial atau tidak akan diputuskan saat Anda menyortir dan mengelompokkan barang. Ambil saja dulu semua barang yang sekiranya Anda perlukan.

Selain mempercepat proses pengelompokkan barang nantinya – saat packing baju Anda tidak perlu lagi bolak-balik mengambil barang – teknik packing baju ini juga menghindari tertinggalnya barang yang ternyata diperlukan.

Pisahkan Make Up, Sepatu dan Peralatan Mandi

pexels photo 4620873 - Barang Banyak Saat Travelling? No Worries, Cek Tips Packing Koper Ini

Peralatan mandi, make up, dan sepatu sebaiknya disimpan terpisah dalam kompartemen sendiri. Khusus untuk peralatan mandi dan make up, gunakanlah kompartemen anti air agar tidak mengotori baju dan barang-barang lainnya.

Gulung Rapi Semua Baju

Demi menghemat tempat, gulung pakaian seperti kaus dan rajut. Masukkan pakaian dalam dan piama di area koper paling bawah. Lipat pakaian berbahan kaku seperti celana dan rok di koper bagian atas. Selipkan aksesori seperti scarf atau perhiasan besar di antara pakaianmu. Anda juga bisa mengalasi koper bagian atas dengan kantung plastik laundry sebagai pembatas koper.

Susun Baju secara Teratur

Kini Anda tiba di tahapan packing baju selanjutnya, yakni memasukkan barang-barang ke dalam koper. Tahapan packing baju ini tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda perlu menerapkan beberapa teknik tertentu.

Yang perlu diingant dari tahapan packing baju ini adalah hindari menumpuk pakaian dan barang di dalam koper. Menumpuk pakaian akan membuat susunan awal berubah saat Anda ingin memakainya, sehingga packing baju harus dilakukan berulang kali.

Baju yang telah digulung rapi sebaiknya disusun berhadap-hadapan secara vertikal. Susunan packing baju seperti ini juga mempermudah Anda saat mengambil dan menyimpan barang kembali ke koper.

Gunakan Laundry Bag untuk Memisahkan

Melalui tips packing koper yang satu ini, kebutuhan baju satu keluarga dapat disimpan dalam satu koper. Bagaimana caranya? Setiap anggota keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dengan jenis barang yang bervariasi pula, maka dari itu Anda perlu memisahkannya ke dalam kompartemen yang berbeda.

Susun rapi semua barang sesuai dengan cara packing baju yang telah di jelaskan sebelumnya. Namun kali ini, barang-barang disimpan dalam beberapa laundry bag, gunakan laundry bag dengan warna berbeda untuk membedakan barang setiap anggota keluarga. Barulah laundry bag tersebut dimasukkan ke dalam koper.

Tentunya, keberhasilan tips packing koper ini juga harus didukung dengan penggunaan koper dengan kapasitas yang optimal. Tidak perlu takut ketika harus membawa koper besar saat bepergian. Sekalipun besar, Anda bisa memilih koper beroda yang ringan sehingga lebih fleksibel ketika digunakan saat travelling.

Baca Juga: Pahami 5 Tips Hemat Uang Saat Pergi Travelling ke Luar Negeri

Travelling dan Keuangan

Tentunya selain tips packing koper Anda juga membutuhkan tips untuk memudahkan transaksi keuangan saat travelling. Terutama jika Anda harus bepergian ke luar negeri, seperti Malaysia.

Tips untuk memudahkan transaksi keuangan saat Anda travelling adalah dengan penggunaan aplikasi Qelola. Aplikasi keuangan Qelola menawarkan biaya transfer termurah dari Malaysia. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan banyak fitur keuangan lainnya seperti pembayaran tagihan listrik, BPJS dan pembayaran pulsa di Indonesia. Melalui Qelola, Anda tidak perluk khawatir masalah tagihan di Indonesia selama travelling ke Malaysia. Yuk download aplikasi Qelola sekarang juga.

 

Tags: , , , , , ,