Plus Minus Sistem Pembayaran Cashless yang Harus Anda Tahu

non tunai

Memasuki era digital penggunaan teknologi tentu saja mendominasi setiap lini kehidupan, termasuk dalam hal ini adalah sistem pembayaran. Penggunaan uang cash sekarang mulai tergusur dengan pembayaran digital atau cashless seperti debit card, credit card, mobile banking, internet banking, e-wallet dan lain-lainnya. Selain karena mengikuti perkembangan zaman, hal ini lebih efisien karena Anda tidak perlu repot menyetok uang cash dalam jumlah banyak saat bepergian.

Walaupun perubahan sistem pembayaran cashless ini membawa banyak keuntungan, nyatanya masih ada beberapa kekurangan yang menyertainya. Yuk ikuti informasinya lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Beralih ke Sistem Cashless, Why Not?

Sistem cashless sebenarnya bukanlah hal yang baru di Indonesia, namun penggunanya dulu tidak sebanyak saat ini. Perkembangan teknologi tentunya yang jadi faktor utama kenapa sistem pembayaran cashless sekarang kian merebak. Jika dulu Anda hanya bisa mengandalkan produk perbankan seperti debit card dan credit card, kini segala transaksi non tunai dapat Anda lakukan dengan bantuan smartphone.

Selain kemajuan teknologi, faktor lain yang mendukung semakin tingginya minat pembayaran cashless adalah internet. Kini hampir siapa saja sudah melek akan internet. Selain itu, internet saat ini juga jadi kebutuhan pokok bagi sebagian kalangan. Walaupun pelaku pembayaran non tunai mayoritas adalah orang perkotaan, bukan tidak mungkin kedepannya sistem ini akan merambah hingga ke pedesaan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari sistem pembayaran cashless.

Praktis dan Efisien

Praktis dan efisien adalah manfaat pertama yang membuat orang mulai melirik cara pembayaran tanpa uang cash ini. Pastikan Anda punya perangkat mobile pintar yang terhubung dengan internet untuk bisa menikmati layanan non tunai. Sekarang Anda bisa berbelanja dari rumah dan membayarnya lewat mobile banking, kemudian tinggal tunggu barang dikirim. Jadi Anda tidak perlu datang ke toko dan menyiapkan uang cash untuk membeli keperluan yang diinginkan. Praktis bukan?

Selain berbelanja, pembayaran tanpa uang tunai juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar berbagai tagihan seperti listrik, air, atau BPJS. Bahkan transaksi tersebut bisa Anda bayar dari rumah melalui ponsel. Pun banyak perusahaan pinjaman online atau bank yang membuka sistem pembayaran non tunai. Jadi jika Anda punya tanggungan cicilan, beralihlah dengan metode non tunai tanpa harus keluar rumah.

Lebih Aman

Jika kita melakukan pembayaran dengan metode non tunai, pasti akan diminta untuk mengatur kode pin atau password sebagai persetujuan pembayaran. Hal ini berfungsi untuk menjamin keamanan Anda dalam melakukan berbagai pembayaran. Semakin canggih transaksi keuangan maka ada-ada saja celah pelaku kejahatan untuk melakukan scamming Anda di dunia maya. Jadi, jangan khawatir karena pembayaran Anda dijamin terlindungi dengan keamanan sistem yang terpercaya. Selain itu tak perlu khawatir menjadi intaian pencopet yang berniat mencuri uang di dompet Anda.

Tidak Perlu Menyediakan Uang Kembalian

buyer pays by credit card cashier 8595 4969.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Plus Minus Sistem Pembayaran Cashless yang Harus Anda Tahu

Transaksi non tunai juga sudah banyak diterapkan di gerai-gerai perbelanjaan. Di Indonesia sendiri, selain kartu debit dan kartu kredit, banyak toko atau pusat perbelanjaan yang menerima pembayaran lewat e-money/ dompet digital seperti Go Pay atau OVO. Pembayaran seperti ini justru lebih disenangi oleh pihak toko karena tidak perlu repot mencarikan uang kembalian. Selain itu, pembeli pun tidak perlu membawa uang cash dalam jumlah yang banyak kemanapun mereka pergi.

Lalu Apa Kerugian Transaksi Cashless?

Walaupun pembayaran non tunai memberikan berbagai kemudahan dan benefit yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya, tetap saja sistem transaksi ini punya sisi kelemahan. Apa saja kelemahannya? Berikut ulasannya:

Pengeluaran Tidak Terkontrol

Ternyata, penerapan sistem cashless justru bisa jadi sumber masalah baru terutama bagi Anda yang gemar belanja. Karena saking mudahnya mengeluarkan uang tanpa harus wira wiri ke loket ATM, pengeluaran Anda menjadi semakin tidak terkontrol. Nah, perubahan gaya hidup ini tentunya juga harus disikapi dengan bijak agar keuangan Anda tetap aman dan terkendali. Jangan sampai kemudahan yang ditawarkan teknologi ini justru menyengsarakan kehidupan Anda di kemudian hari.

Harus Ada Koneksi Internet

Untuk bisa menikmati transaksi cashless Anda harus punya koneksi ke internet. Terutama untuk pembayaran melalui internet banking, mobile banking, dan e-money via aplikasi di ponsel pintar Anda. Tidak semua daerah di Indonesia punya sinyal internet yang bagus dan mumpuni. Jadi pembayaran dengan sistem cashless ini belum sepenuhnya bisa dinikmati oleh semua orang terutama yang daerahnya masih susah sinyal.

Menguasai Teknologi

laptop computer book workplace library room 1150 5925.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Plus Minus Sistem Pembayaran Cashless yang Harus Anda Tahu

Kerugian sistem cashless berikutnya adalah tidak semua orang paham tentang teknologi. Bagi orang-orang lanjut usia atau orang dengan latar belakang pendidikan yang rendah tentu akan sedikit kesulitan dalam mempelajari transaksi non tunai ini. Perlu adanya edukasi dan pemahaman ke masyarakat yang masih awam agar mereka mau melirik sistem pembayaran non cash tersebut. 

Pembayaran cashless dapat Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah salah satu aplikasi keuangan online yang menawarkan berbagai fitur menarik seperti transfer uang dan bayar berbagai tagihan. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan transfer dana dari Malaysia ke Indonesia dengan biaya admin RM2 saja. Selain itu berbagai tagihan pokok seperti listrik, air, dan BPJS Kesehatan juga bisa dilunasi lewat aplikasi ini. Yuk segera unduh aplikasi Qelola dan rasakan manfaat fitur-fitur di dalamnya.

 

Tags: , , ,