Pastikan Cek Rekening Listrik Anda dengan Cara Praktis Berikut Ini!

rekening listrik

Sudahkah Anda membayar rekening listrik bulan ini? Nah, untuk Anda pelanggan listrik pascabayar jangan sampai lupa untuk membayar rekening listrik bulanan Anda. Perlu Anda tahu, rekening listrik pascabayar selambat-lambatnya harus dilunasi pada tanggal 20 tiap bulannya. Jika melewati batas itu, maka Anda akan dikenakan denda oleh PLN. Tentu Anda tidak menginginkan kejadian ini terjadi kan? Jadi pastikan Anda membayar tagihan listrik pascabayar ini di awal bulan. 

Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana Anda melakukan pengecekan rekening listrik? Apakah lewat kantor pos, gerai Indomaret/Alfamart atau cara lainnya? Sekarang, cek tagihan listrik bisa dilakukan secara online atau langsung dari ponsel lho! Perkembangan teknologi telah membawa perubahan dan kemudahan termasuk dalam cek rekening listrik. Ingin tahu seperti apa langkah-langkahnya? Jangan lewatkan informasinya berikut ini.

Cek Rekening Listrik Langsung dari Ponsel? Memang Bisa?

Tentu saja bisa, di era data atau internet seperti sekarang banyak media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan rekening listrik. Dijamin setelah tahu Anda pasti akan merasakan kemudahannya.

  • SMS Gateaway 8123

cek rekening listrik 2 - Pastikan Cek Rekening Listrik Anda dengan Cara Praktis Berikut Ini!

Pengecekan tagihan listrik pascabayar dapat dilakukan melalui SMS ke nomor resmi PLN yaitu 8123. Caranya bagaimana? Ketik REK (spasi) ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. Jika Anda takut melewatkan tagihan bulanan PLN ini, bisa disiasati dengan mengaktifkan layanan pemberitahuan rekening tagihan bulanan. Ketikkan PLN (spasi) ON (spasi) ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. Untuk aktivasi layanan notifikasi tersebut, pulsa Anda akan dipotong sebesar Rp 500 ditambah PPN 10% di setiap SMS yang masuk. Jika kemudian Anda ingin menonaktifkan layanan pemberitahuan ini cukup ketik PLN (spasi) OFF (spasi) ID Pelanggan lalu kirim ke 8123. 

  • Telepon ke Nomor 123

cek rekening listrik 1 - Pastikan Cek Rekening Listrik Anda dengan Cara Praktis Berikut Ini!

123 merupakan nomor official milik PLN. melalui nomor layanan ini Anda bisa menanyakan rekening listrik bulanan Anda. Tekan nomor 123 pada layar ponsel Anda dan jika sudah terhubung ikutilah langkah-langkah yang diinstruksikan oleh operator. Namun, layanan telepon ini mematok tarif telepon normal. Jadi pastikan pulsa Anda mencukupi sebelum melakukan panggilan.

  • Website Resmi PLN

cek rekening listrik 3 - Pastikan Cek Rekening Listrik Anda dengan Cara Praktis Berikut Ini!

Untuk Anda yang ingin menggunakan cara yang lebih praktis bisa mencoba dengan membuka halaman website resmi PLN. Langsung saja kunjungi alamat situs ini http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php untuk mengetahui berapa besar biaya listrik bulanan Anda. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukan ID Pelanggan untuk tahu nominalnya. 

  • PLN Mobile

PLN Mobile 696x464 - Pastikan Cek Rekening Listrik Anda dengan Cara Praktis Berikut Ini!

Sumber: petrominer.com

Bagi yang belum tahu bisa dicoba nih cek tagihan listrik lewat aplikasi resmi PLN. Caranya sangat gampang, Anda hanya perlu mendownload aplikasi PLN Mobile. Jika sudah berhasil terinstal di ponsel pintar Anda, lakukanlah registrasi terlebih dahulu untuk bisa login ke PNL Mobile. Jika langkah-langkah di atas sudah Anda lakukan maka secara otomatis jumlah rekening listrik bulanan akan ditampilkan di bagian atas pada aplikasi.

  • Aplikasi Qelola

EP 5 6 2 - Pastikan Cek Rekening Listrik Anda dengan Cara Praktis Berikut Ini!

Cara selanjutnya ini dianggap sebagai cara kekinian yang banyak masyarakat gunakan untuk cek rekening listrik. Kini melalui aplikasi pembayaran digital, urusan cek tagihan apapun menjadi lebih praktis. Salah satu aplikasi yang bisa Anda coba adalah aplikasi Qelola. Bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi Qelola pada Playstore.
  2. Registrasikan nomor Anda di aplikasi.
  3. Setelah berhasil login Anda bisa menuju ke menu “Listrik”.
  4. Selanjutnya masukan data yang dibutuhkan, biasanya hanya ID Pelanggan rekening listrik Anda. Setelah konfirmasi, maka nominal tagihan akan muncul dan Anda bisa melakukan pembayaran sekaligus. 

Kenapa Harus Cek Rekening Listrik di Qelola?

Aplikasi Qelola hadir untuk membantu Anda dalam melakukan pembayaran berbagai tagihan, salah satunya adalah tagihan listrik. Kenapa pilih Qelola? Karena melalui aplikasi digital payment ini, pembayaran menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu dari segi keamanan juga sangat terjamin karena registrasi dilakukan dengan nomor pribadi Anda. selain itu Anda disyaratkan untuk membuat password di dalam aplikasi. Dari segi tampilan pun lebih menarik dan mudah dipahami. Hanya dengan sekali klik, tagihan listrik Anda bisa dilunasi langsung dari ponsel. Pembayaran juga bisa dilakukan kapan saja tanpa ada jam khusus pembayaran.

Selain cek rekening listrik, aplikasi Qelola juga bisa dipakai untuk cek tagihan lainnya seperti PDAM, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Fitur tambahan lainnya Anda bisa melakukan pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games. Bagi Anda yang ingin transfer uang ke keluarga, kerabat atau teman juga bisa melalui aplikasi ini.

Wah praktis bukan? Kini dalam satu aplikasi Anda bisa melakukan berbagai transaksi keuangan secara online langsung dari HP. Anda juga tidak perlu khawatir tentang biaya transfer yang harus dikeluarkan jika melakukan pengiriman uang melalui aplikasi ini. Tarifnya dijamin jauh lebih murah dibandingkan dengan tarif yang diberlakukan oleh bank. Tunggu apalagi? Download aplikasi Qelola sekarang juga di HP Anda dan rasakan kemudahan bayar-bayar tagihan dan kirim uang kapan saja dan di mana saja!

Tags: , , , , , , , ,