6 Cara Efektif Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Habis

tips mengatur gaji

Gajian hanya numpang lewat? Mungkin ada yang salah dengan cara Anda mengelola uang. Bagi Anda yang masih melajang, biasanya gaji di setiap bulan akan dihabiskan untuk bersenang-senang. Mulai dari shopping, nonton bioskop, makan mewah di restoran mahal, dan berbagai aktivitas lainnya yang bisa menghabiskan pendapatan bulanan dalam sekejap saja. Kebiasaan ini memang bisa menghilangkan penat dan stres yang mungkin Anda alami selama sibuk bekerja. Tapi, jika tidak Anda kontrol dari sekarang tentunya akan merugikan diri sendiri di masa depan. Agar keuangan Anda tetap aman dan tidak cepat habis, ikuti cara mengatur gaji yang benar berikut ini.

Sisihkan Uang untuk Ditabung Saat Gajian Tiba

Apa yang ada di pikiran Anda saat uang gaji sudah masuk rekening? Mayoritas pasti menjawab belanja baju, jalan-jalan, dan melakukan kegiatan yang berbau hedonisme lainnya. Segera stop mindset seperti itu dan mulai membuat perubahan hidup. Menggunakan gaji bulanan untuk menyenangkan diri sendiri memang tidak salah, namun jika tidak dikontrol bisa-bisa lupa diri dan kebablasan.

Untuk mencegah hal itu, segera sisihkan sebagian gaji bulanan Anda untuk ditabung. Jumlah uang yang ditabung bisa Anda sesuaikan sendiri dan tidak harus banyak. Ada pepatah mengatakan sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Jika menabung sudah jadi rutinitas dan ajeg dilakukan tiap gajian tiba, maka tidak akan ada lagi masalah gaji habis di minggu kedua.

Buat Anggaran Pengeluaran

magnifying glass coin stack calculator financial report 23 2147919174 - 6 Cara Efektif Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Habis

Cara mengatur gaji berikutnya agar tidak cepat habis adalah dengan membuat anggaran pengeluaran tiap bulannya. Anda tentunya sudah hafal di luar kepala tentang pengeluaran rutin yang harus dikeluarkan. Catatlah kebutuhan-kebutuhan Anda di setiap bulannya dan mulailah untuk dievaluasi. Utamakan untuk memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu. 

Jika menemukan ada pengeluaran yang sifatnya tidak penting segera coret dari daftar pengeluaran bulanan. Dalam prakteknya mungkin Anda akan merasa kesulitan, namun jika diniati dengan tekad yang kuat tidak ada hal yang tidak mungkin.

Punya Dua Rekening

Cara mengatur gaji berikut djamin bisa membantu mengendalikan pengeluaran Anda tiap bulannya. Pisahkan tabungan di rekening tersendiri agar Anda tidak tergoda untuk sering-sering mengambilnya. Akan lebih efektif lagi jika Anda memilih tabungan yang rendah biaya administrasi dan tidak menyediakan fasilitas kartu ATM. Pastikan Anda juga tertib untuk tidak mencoba mengambil uang tabungan dan menggunakan uang yang ditaruh di rekening lainnya untuk berbelanja. 

Baca Juga: Terapkan 6 Kebiasaan Ini Agar Uang Tabungan Anda Terus Meningkat

Jangan Membawa Uang Cash dalam Jumlah Banyak

portrait beautiful young asian woman with lot cash 74190 10678.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Cara Efektif Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Habis

Kebiasaan membawa uang cash dalam jumlah banyak di dompet nyatanya bisa membahayakan kesehatan gaji Anda. Bagaimana tidak, jika Anda membawa banyak uang kemana-mana pasti cenderung konsumtif dan membeli apapun yang menarik di depan mata Anda. Agar terhindar dari kebiasaan boros ini, biasakan untuk membawa uang cash sedikit atau secukupnya saja. 

Jika tiba-tiba ada yang menarik perhatian Anda dan tidak membawa uang yang cukup otomatis hasrat belanja Anda akan sirna saat itu juga. Apalagi bagi Anda yang malas bolak balik ke ATM, dijamin hal ini jadi cara mengatur gaji yang paling tepat untuk dilakukan.

Atur Jadwal untuk Pembelian Barang-barang Sekunder

Buat Anda yang hobi mengoleksi baju, tas, sepatu, dan hal-hal sekunder lainnya cobalah untuk menerapkan jadwal pembelian barang-barang tersebut. Selain bukan kebutuhan pokok, barang-barang tersebut tidak mendesak dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Jika dulu Anda sering shopping setiap gajian tiba. Ubahlah kebiasaan ini menjadi dua bulan sekali atau lebih jika perlu. Untuk benda-benda seperti tas dan sepatu, pilihlah yang awet. Walaupun harganya mahal namun bisa Anda pakai sampai bertahun-tahun lamanya. 

Hindari Lingkungan Hedonisme

empty wallet hands 23 2147932351.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Cara Efektif Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Cepat Habis

Dengan siapa Anda bergaul juga akan mempengaruhi cara Anda mengatur gaji. Jika Anda berteman dengan orang-orang yang suka menghambur-hamburkan uang, sudah pasti Anda nantinya juga akan ketularan. Jadi tidak ada salahnya mulai sekarang Anda lebih selektif dalam menjalin pertemanan. Pilihlah orang-orang yang punya prinsip sederhana dalam membelanjakan uang. Jika Anda ingin gaji aman sampai akhir bulan, cara ini akan jadi solusi yang tepat.

Selain hal-hal di atas, ada satu lagi cara mengatur gaji agar tidak habis sebelum gajian selanjutnya tiba. Anda bisa memanfaatkan aplikasi keuangan online agar pengelolaan uang akan menjadi lebih mudah. Salah satu aplikasi keuangan terbaik yang aman dan terpercaya adalah aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang punya fitur-fitur menarik untuk mengelola gaji bulanan Anda. Aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, aplikasi Qelola menawarkan pembayaran tagihan pokok secara online seperti tagihan listrik, air, dan BPJS Kesehatan. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa melakukan pembelian pulsa, kuota internet, dan juga voucher games

Manfaatkan layanan yang ditawarkan aplikasi Qelola dengan mengunduhnya di sini. Untuk informasi lain mengenai aplikasi Qelola bisa Anda baca melalui website resminya berikut ini.

 

Tags: , ,