Tips Cerdas Bagi Anak Muda Agar Tidak Boros Uang

EP 15 - Tips Cerdas Bagi Anak Muda Agar Tidak Boros Uang

Masa muda dianggap sebagai masa yang paling indah dan menyenangkan. Karena waktu yang dimiliki bisa digunakan untuk melakukan apa saja yang disukai. Namun, karena ini pulalah anak muda sering kali boros uang untuk membeli hal-hal yang sekadar disukai dan diinginkan tanpa berpikir apakah benar-benar membutuhkannya atau tidak. Padahal masa muda juga merupakan tahap belajar dimana Anda membentuk kebiasaan dan kepribadian untuk dibawa ke masa depan. Termasuk salah satunya belajar mengerem pengeluaran agar tidak boros uang. Dengan membiasakan diri agar tidak boros niscaya kehidupan selanjutnya pun akan lebih indah dan menyenangkan. Berhemat bagi anak muda yang sedang semangat-semangatnya mencoba apa saja tidak mustahil dilakukan. Karena cara yang ditempuh cukup sederhana. Hanya memperbaiki hal-hal kecil yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari. Dan bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

Baca Juga: Tips Hidup Hemat Tetap Bahagia Saat Kerja di Luar Negeri

EP 15 1 - Tips Cerdas Bagi Anak Muda Agar Tidak Boros Uang

Mengurangi Kebiasaan Nongkrong

Anak muda sangat akrab dengan kebiasaan nongkrong. Bahkan nongkrong sudah dijadikan sebagai gaya hidup dan ajang pamer ke sesama anak muda lainnya. Banyak yang hanya ingin berkumpul dengan temannya di tempat yang interiornya unik sehingga membutuhkan biaya yang lebih mahal. Ada yang rela menyisihkan uang untuk membeli kopi mahal hanya untuk diunggah di media sosial. Di sisi lain ada yang memilih untuk pergi ke tempat yang lebih murah namun ini dilakukan hampir tiap hari. Kebiasaan inilah yang tanpa sadar akan menguras kantong Anda sedikit demi sedikit. Jika Anda bertekad untuk tidak boros, maka sebaiknya kurangilah kegiatan nongkrong secara perlahan.

Membiasakan Menunda Beli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Tidak semua yang ingin dibeli adalah hal yang benar-benar dibutuhkan. Terkadang itu hanya keinginan semu yang akan menghilang jika Anda menyisihkan waktu sejenak untuk memikirkannya lagi. Apabila Anda menunggu beberapa waktu, jika tidak bisa menahan sama sekali mungkin saja Anda bisa mendapatkan barang tersebut dengan harga yang lebih terjangkau. Jika Anda berkeinginan untuk tidak boros dan bisa menabung, maka hilangkan rasa menyesal atau sedih karena akan ketinggalan mode terbaru. Anda harus mampu menahan hasrat untuk segera membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

Membawa Bekal Sendiri

Dibanding harus jajan di luar yang membuat Anda setidaknya mengeluarkan IDR20.000 untuk sekali makan, lebih baik membawa bekal sendiri. Jika memasak bekal sendiri biaya sebesar IDR20.000 kemungkinan besar bisa digunakan untuk makan dua hingga tiga kali sehari. Waktu Anda memang akan banyak terpakai untuk menyiapkan bahan dan memasak, namun ini sangat efektif untuk menghemat pengeluaran Anda perbulannya.

EP 15 2 - Tips Cerdas Bagi Anak Muda Agar Tidak Boros Uang

Menggunakan Transportasi Publik

Tanpa disadari biaya transportasi juga menjadi pengeluaran terbesar setiap bulannya. Karena biaya transport dibutuhkan hampir setiap hari. Ketika Anda menyiapkan biaya transportasi untuk berangkat, tentunya Anda juga harus menyediakan biaya transportasi untuk kembali. Bepergian menggunakan kendaraan pribadi atau taksi mungkin lebih nyaman, tetapi dijamin membuat pengeluaran membengkak. Oleh karena itu jika tidak ada keperluan yang sangat mendadak usahakan menaiki transportasi publik yang ongkosnya jauh lebih murah. Hingga saat ini pemerintah pun masih terus berusaha memperbaiki fasilitas transportasi umum sehingga Anda bisa merasa lebih aman dan nyaman.

Kurangi Berlangganan Media Streaming dan Menggunakan Hiburan Gratis

Di tengah rasa stres setelah belajar, bekerja atau melakukan hal lainnya, hiburan adalah solusi yang selalu dicari. Sekarang banyak sekali platform online yang menyediakan berbagai tayangan menarik untuk menghibur Anda. Namun kerap kali penonton merasa terganggu karena banyaknya iklan yang berseliweran di tengah-tengah tayangan. Dan karena itu pula kegiatan pencarian hiburan ini dapat menguras uang Anda. Banyak yang memilih berlangganan akun premium untuk menghilangkan iklan yang terlalu banyak. Ada pula yang ingin mendapatkan tayangan lebih banyak lagi dan memutuskan untuk berlangganan padahal tidak semua bisa dinikmati yang menyebabkan uang terbuang sia-sia. Kurangi berlangganan media streaming dan cobalah mencari hiburan gratis. Iklan yang lewat di tayangan Anda pun biasanya hanya melintas beberapa detik saja. Tidak ada salahnya bukan menunggu beberapa detik saja dan tidak perlu mengeluarkan uang banyak yang berakhir sia-sia?

EP 15 3 - Tips Cerdas Bagi Anak Muda Agar Tidak Boros Uang

Selain menerapkan kebiasaan-kebiasaan tersebut, Anda juga butuh aplikasi yang dapat mempermudah berlangsungnya aktivitas penghematan. Salah satunya adalah Qelola. Bagi Anda yang sering diminta untuk mebayar tagihan atau mengirim uang baik dalam negeri ataupun luar negeri, aplikasi ini akan membantu Anda berhemat. Selain kemudahan penggunaannya, biaya administrasi yang dibebankan oleh Qelola juga sangat murah. Itu belum ditambah diskon yang ada hampir setiap bulan. Karenanya uang Anda bisa digunakan untuk hal yang lebih penting dibanding habis membayar biaya administrasi saja. Ingin mendapatkan info diskon dan promo lebih banyak? Unduh aplikasinya di sini sekarang juga.

 

 

Tags: , , , , , ,