Menerapkan Cara Menabung yang Benar, Ini Poin Pentingnya!

Cara Menabung yang Benar

Menabung adalah kebiasaan baik yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya bisa dilakukan dengan Anda yang memiliki gaji cukup besar, sebenarnya menabung juga bisa dilakukan dengan gaji yang relatif kecil. Yang perlu Anda tahu hanyalah cara menabung yang benar, agar tabungan bisa benar-benar terkumpul dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan di masa yang akan datang.

Memang pesimisme sering menghantui orang yang bergaji kecil ketika membahas soal tabungan. Logikanya, bagaimana bisa menabung jika seluruh gaji habis untuk membiayai kehidupan sehari-hari? Asumsi ini sebenarnya tidak tepat karena selama Anda disiplin dan konsisten, memiliki tabungan bukan satu hal yang sulit.

Nah, untuk sedikit memberi gambaran dan tips, berikut beberapa cara menabung dengan benar yang bisa Anda terapkan ketika gaji pas-pasan.

Perencanaan Anggaran dengan Ketat

Untitled design993 - Menerapkan Cara Menabung yang Benar, Ini Poin Pentingnya!

Pertama dan utama yang harus Anda lakukan adalah pengaturan anggaran dengan ketat. Catat setiap pemasukan yang Anda dapatkan, merencanakan belanja bulanan yang Anda lakukan, dan tuliskan semua di satu kertas yang sama. Di sini Anda akan melihat berapa sebenarnya selisih yang didapatkan untuk pendapatan dikurangi dengan pengeluaran.

Tentu saja idealnya pengeluaran tidak akan melebihi pendapatan karena hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan keuangan Anda. Sebisa mungkin, lakukan pengetatan pada pos-pos yang tidak diperlukan. Selalu catat pengeluaran yang Anda lakukan sekecil apapun itu untuk kemudian dipindahkan ke catatan besar dan digunakan untuk evaluasi di akhir bulan depan.

Menabung dan Dana Darurat di Awal Bulan

Jika Anda masih memiliki kebiasaan menabung dengan sisa uang yang Anda miliki di akhir bulan, mulai ubah kebiasaan ini. Meski mungkin tidak Anda sadari, menabung dengan cara seperti itu bukan cara yang benar dan sama sekali tidak efektif. Hal yang sama juga terjadi pada pengalokasian dana darurat.

Tepat setelah gaji Anda dapatkan, sebaiknya Anda segera melakukan ‘pemotongan’ untuk dialokasikan pada tabungan dan dana darurat. Baru sisanya nanti digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tentu porsinya harus seimbang, jangan sampai alokasi tabungan dan dana darurat membuat hidup Anda susah selama satu bulan kedepan.

Cara Menabung yang Benar: Menabung dengan Konsisten

Untitled design989 - Menerapkan Cara Menabung yang Benar, Ini Poin Pentingnya!

Ketika Anda menabung, baik di rekening bank atau di tempat lain, lakukan dengan konsisten. Misalnya ketika menabung di rekening bank, Anda bisa menabung dalam jumlah yang sama secara tetap selama kurun waktu tertentu sesuai dengan rencana Anda. Jika tabungan yang Anda miliki berada di satu tempat atau kotak yang ada di rumah, Anda bisa memasukkan uang dalam nominal tertentu, secara konsisten, setiap hari.

Meski mungkin hanya sejumlah Rp20.000 sehari, jika diakumulasikan maka jumlahnya akan cukup besar. Atau bisa juga dengan menerapkan prinsip tidak akan membelanjakan uang dalam nominal tertentu, dan langsung memasukkannya ke dalam kotak. Jika dilakukan dengan konsisten, pepatah ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’ benar-benar akan Anda rasakan.

Pisahkan Tabungan dengan Rekening Belanja

Penting untuk memisahkan rekening tabungan dan rekening belanja agar tidak terjadi ‘kebocoran’ anggaran yang tidak disadari. Bukan bermaksud meragukan konsistensi Anda dalam menabung, namun cara ini efektif untuk menjaga uang yang ada di rekening tabungan tidak berkurang karena akan digunakan terlebih dahulu untuk satu keperluan.

Hal ini bisa membantu Anda lebih disiplin dalam mengalokasikan uang. Logikanya ketika uang di rekening belanja sudah pasti jumlahnya, maka Anda harus bisa mengelola uang tersebut agar dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jangan berpikir bahwa Anda memiliki uang tabungan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan impulsif, yang mungkin sebenarnya tidak terlalu urgent.

Uang Pas Ketika Bepergian

Untitled design991 - Menerapkan Cara Menabung yang Benar, Ini Poin Pentingnya!

Satu hal terakhir yang bisa mendukung cara menabung yang benar adalah selalu membawa uang pas ketika bepergian. Ini penting untuk membatasi alokasi belanja ketika bepergian agar tidak membeli sesuatu yang tidak direncanakan. Cara menabung yang benar bisa dimulai dengan cara belanja yang teratur dan terencana.

Rencanakan apa yang akan Anda beli, datangi lokasi penjual, dan lakukan pembelian. Setelah itu hindari membeli barang yang tidak direncanakan agar Anda tidak melakukan pemborosan. Meski mungkin awalnya akan berat, namun jika menjadi kebiasaan Anda akan terkejut betapa banyak uang yang bisa Anda hemat dengan cara ini.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil [4 Poin] 

Menerapkan cara menabung yang benar memang bukan perkara mudah. Disiplin dan konsisten jadi dua kunci utama, agar Anda memiliki tabungan yang cukup meski gaji yang didapatkan tidak terlalu besar.

Nah, setelah mengetahui cara menabung yang benar, tentu untuk Anda yang bekerja sebagai TKI juga harus menggunakan cara transfer uang yang benar dan hemat untuk mendukung rencana Anda memiliki tabungan masa depan. Qelola, dalam hal ini, mampu menjadi partner yang tepat. Dengan biaya transfer yang sangat ekonomis, bahkan gratis pada masa promo tertentu, Anda bisa menghemat cukup banyak rupiah ketika mengirimkan uang. Segera unduh aplikasinya di sini, dan selalu ingat untuk konsisten dalam menabung!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,