Ingin Kirim Barang ke Luar Negeri? Pahami Cara Mudah Cek Ongkir Pos

cek ongkir pos

Aktivitas pengiriman surat atau paket barang, baik skala domestik maupun mancanegara termasuk salah satu aktivitas yang terus meningkat belakangan ini. Ada banyak orang yang mengirimkan surat atau barang bagi keluarga maupun kerabat di dalam atau luar negeri. Apalagi saat ini, tren belanja online di kalangan masyarakat Indonesia juga semakin meningkat. Sehingga membuat traffic kirim-mengirim parcel atau paket barang di online shop juga semakin bertambah. Biasanya, sebelum melakukan pengiriman barang, Anda akan mencari tahu terlebih dahulu berapa tarif yang Anda perlukan. Nah, Anda bisa lho cek ongkir pos dan membandingkannya dengan ekspedisi yang lain. Simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Tips Melakukan Pengiriman Luar Negeri Agar Aman Sampai Tujuan

Panduan Cek Ongkir Pos

cek ongkir pos 1 - Ingin Kirim Barang ke Luar Negeri? Pahami Cara Mudah Cek Ongkir Pos

Cara cek ongkir Pos Indonesia, baik untuk kiriman dalam negeri maupun ke luar negeri sangat mudah. Berikut ini panduan langkah-langkah bagaimana Anda cek tarif ongkir melalui Pos Indonesia:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan smartphone atau laptop/komputer.
  2. Pastikan bahwa perangkat tersebut tersambung dengan jaringan internet dengan baik.
  3. Langkah selanjutnya, Anda harus masuk ke laman resmi Pos Indonesia. Anda kemudian akan masuk ke halaman cek tarif, di mana terdapat pilihan asal dan tujuan pengiriman, serta ukuran dan jenis barang yang hendak dikirim.
  4. Untuk menghitung tarif pengiriman, pilih asal dan tujuan pengiriman. Dalam hal ini, Anda bisa langsung memilih kelurahan. Jika pengiriman Anda berskala internasional, maka Anda bisa langsung memilih negara tujuan.
  5. Kemudian untuk detail pencarian, pilih apakah kiriman Anda surat atau paket/barang. Lalu masukkan berat barang dalam ukuran gram. Selanjutnya, pilih ukuran barang yaitu panjang, lebar, dan tinggi barang. Ukuran tersebut dalam centimeter (cm). Jangan lupa isikan nilai barang dalam mata uang rupiah. Setelah itu, centang i’m not a robot, dan terakhir centang cek tarif.

Nah, setelah beberapa tahapan di atas sudah Anda lalui, maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai berapa harga ongkir barang dengan berbagai jenis layanan pengiriman Pos. Selain itu, berapa lama waktu pengiriman juga akan muncul. Anda hanya perlu memilih jenis pengiriman apa yang paling cocok untuk barang atau paket Anda. Sangat mudah, bukan?

Melakukan Pengiriman Surat/Barang Antar Negara

cek ongkir pos 2 - Ingin Kirim Barang ke Luar Negeri? Pahami Cara Mudah Cek Ongkir Pos

Jika Anda ingin mengirimkan surat atau barang dari Indonesia ke Malaysia, Anda bisa mengikuti panduan di atas. Misalnya Anda akan melakukan pengiriman barang dengan estimasi harga barang Rp1.000.000, dengan berat 1 kilogram dan berukuran panjang 30 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 30 cm dari Kelurahan Kemayoran Jakarta, ke Malaysia. Berarti Anda harus mengisikan informasi tersebut dengan benar dan lengkap di kolom yang tersedia. Setelah semua informasi Anda isikan dengan benar, selanjutnya centang i’m not a robot dan klik cek tarif. Maka akan muncul beberapa pilihan, seperti:

  • Jenis EMS Barang, 2 hari, tarif Rp 729.843.
  • Paket Pos Cepat LN, 6 hari, tarif Rp 503.331.
  • Paket Biasa LN, 30 hari, tarif Rp 234.356.
  • Pos Ekspor, 8 hari, Rp 277.442.

Dengan melakukan cek ongkir pos terlebih dahulu, maka Anda akan mengetahui berapa tarif yang diperlukan sejak awal. Menariknya lagi, Anda bisa memilih jenis jasa kiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kirim Uang Antar Negara

cek ongkir pos 3 - Ingin Kirim Barang ke Luar Negeri? Pahami Cara Mudah Cek Ongkir Pos

Untuk keperluan kirim uang antar negara, saat ini juga semakin mudah berkat kemajuan teknologi. Misalnya Anda ingin mengirim sejumlah uang dari Malaysia ke Indonesia, Anda bisa mengandalkan aplikasi Qelola. Qelola merupakan aplikasi keuangan berbasis dompet digital yang memungkinkan Anda memiliki rekening yang terus aktif. Fitur yang dimiliki Qelola cukup beragam, mulai dari kirim uang ke sesama pengguna maupun ke rekening bank, bayar tagihan PLN, PDAM, BPJS, dan lainnya, hingga beli pulsa, token listrik, dan masih banyak lagi. Melakukan transaksi menggunakan aplikasi Qelola sangat mudah, dan yang pasti lebih murah jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.

Kirim uang dari Malaysia ke Indonesia bisa Anda selesaikan dalam waktu yang cepat, karena transaksi dapat diproses secara real-time. Caranya sangat mudah, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

  • Pertama, Anda harus unduh aplikasi Qelola di Google Playstore. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis.
  • Selanjutnya, lakukan pendaftaran akun dengan memasukkan data diri seperti NIK, e-mail, dan nomor ponsel.
  • Setelah berhasil, Anda perlu mengisikan sejumlah saldo ke rekening Qelola.
  • Selanjutnya, Anda sudah bisa melakukan berbagai macam transaksi.

Sangat mudah, bukan? Jadi, untuk apa Anda bertahan dengan cara jadul yang ribet untuk keperluan kirim uang dan bayar tagihan ini-itu? Saatnya Anda mulai beralih ke aplikasi Qelola yang telah menjadi andalan para pekerja migran di Malaysia. Yuk, ajak keluarga, saudara, dan sahabat Anda pakai Qelola juga untuk menikmati berbagai kemudahan dalam bertransaksi.

Tags: , , , , , ,