Tips Melakukan Pengiriman Luar Negeri Agar Aman Sampai Tujuan

pengiriman luar negeri

Bekerja sebagai TKI di luar negeri memang memaksa Anda untuk tinggal jauh dari keluarga. Karena tidak saling berdekatan, sehingga Anda atau keluarga perlu melakukan pengiriman luar negeri setiap kali membutuhkan suatu barang yang penting. Misalnya Anda memerlukan dokumen tertentu yang Anda simpan di rumah, atau barang-barang lain yang Anda butuhkan dari Indonesia untuk Anda gunakan di Malaysia. Tentu saja keluarga di tanah air akan mengirimkan barang tersebut kepada Anda. Nah, apakah Anda sudah mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pengiriman ke luar negeri? Pada dasarnya, kunci sukses saat melakukan pengiriman ke luar negeri adalah mengetahui apa produknya, bagaimana barang tersebut dikirimkan, kemana tujuan pengiriman, serta berapa biaya yang dikenakan terhadap pengiriman tersebut. Yuk, pahami bagaimana proses pengiriman barang ke luar negeri berikut ini.

Baca Juga: TKI Wajib Tahu! Tips Aman Melakukan Pengiriman Uang Antar Negara

Cara Kirim Barang ke Luar Negeri

pengiriman luar negeri 1 - Tips Melakukan Pengiriman Luar Negeri Agar Aman Sampai Tujuan

Kirim barang dari Indonesia ke luar negeri bisa dilakukan melalui dua jalur, yaitu kirim lewat laut atau udara. Pengiriman barang ke luar negeri lewat jalur laut atau kapal biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang dengan jumlah yang besar atau kuantitasnya banyak. Biasanya ada minimal kubikasi yang ditetapkan oleh pihak ekspedisi untuk pengiriman kurang dari satu kontainer. Waktu kirimnya lebih lama, namun biaya kirimnya lebih murah. Dan sayangnya, tidak bisa kirim retail atau kiloan.

Sedangkan pengiriman ke luar negeri lewat jalur udara atau pesawat bisa digunakan untuk pengiriman barang yang beratnya ringan sampai yang berat. Waktu pengirimannya jauh lebih cepat daripada lewat laut. Namun biayanya lebih mahal daripada lewat laut, dan bisa digunakan untuk mengirim retail walaupun berat kurang dari 1 kilo. Selain itu, pengiriman ke luar negeri melalui jalur udara ini prosedurnya lebih mudah daripada lewat jalur laut. Sebenarnya, lama waktu pengiriman barang ke luar negeri dari Indonesia lewat jalur udara tergantung ekspedisi dan service yang digunakan. Lama waktu bisa saja berbeda antara ekspedisi luar negeri yang satu dengan yang lainnya. Mengenai cara kirim barang ke luar negeri, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pastikan barang yang dikirimkan bukan merupakan barang berbahaya atau terlarang. Seperti narkoba, senjata tajam, senjata api, zat kimia berbahaya, dan lain sebagainya.
  2. Pilih ekspedisi yang bisa mengirimkan barang ke luar negeri, dan yang sudah terpercaya.
  3. Konsultasikan barang yang akan dikirimkan, seperti jenis barangnya apa, nilai barangnya berapa, tujuan pengirimannya untuk apa, negara tujuannya, lama waktu pengirimannya, dan lain sebagainya.
  4. Tanyakan berapa tarif pengiriman barang ke pihak ekspedisi.
  5. Packing barang yang akan dikirimkan seaman mungkin untuk menghindari kerusakan selama proses pengiriman.
  6. Kirim atau serahkan barang yang akan dikirimkan ke pihak ekspedisi.
  7. Pastikan untuk meminta resi pengiriman atau tracking number paket.
  8. Pantau atau lacak kiriman barang.
  9. Proses pengiriman ke luar negeri selesai.

Tips Aman Kirim Barang ke Luar Negeri

pengiriman luar negeri 2 - Tips Melakukan Pengiriman Luar Negeri Agar Aman Sampai Tujuan

Ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan pengiriman ke luar negeri. Tips berikut ini akan membantu Anda agar barang yang dikirimkan lebih aman sampai ke tujuan.

  • Cek terlebih dahulu barang yang ingin dikirimkan apakah termasuk barang yang terlarang atau dibatasi pengirimannya atau tidak. Untuk barang-barang dalam kategori tertentu, biasanya akan diperlukan juga dokumen pendukung untuk mengirimkannya, dan ijin impor di negara tujuan.
  • Gunakankanlah kemasan box yang baik, yang sesuai dengan kebutuhan barang Anda. Selain untuk menghemat biaya pengiriman, kemasan box juga dapat melindungi kiriman Anda agar tidak mudah rusak.
  • Pastikan bahwa alamat tujuan tertulis secara benar dengan disertai kode pos dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  • Gunakan asuransi untuk melindungi barang dengan nilai yang tinggi.
  • Wajib bagi pihak penerima kiriman untuk mengecek kondisi barang saat diterima. Jika barang diterima dalam kondisi kemasannya rusak, maka sebaiknya segera menginformasikan hal tersebut kepada kurir yang mengirimkan barang sebelum penerima menandatangani bukti serah terima barangnya. Tuliskan secara detail kerusakan pada lembar yang penerima tanda tangani. Hal ini akan sangat membantu untuk klaim kerusakan barang jika barang yang ada di dalamnya juga diterima dalam kondisi rusak.

Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

pengiriman luar negeri 3 - Tips Melakukan Pengiriman Luar Negeri Agar Aman Sampai Tujuan

Besar kecilnya biaya yang dibutuhkan untuk kirim barang ke luar negeri tergantung pada masing-masing ekspedisi dan service yang dipilih. Setiap ekspedisi mempunyai tarif yang berbeda, yaitu ada yang memberlakukan tarif yang murah, dan ada juga yang mahal. Biaya kirim barang ke luar negeri juga berbeda-beda untuk setiap negara. Misalnya biaya kirim ke Singapore dan Malaysia biasanya akan jauh lebih murah jika dibandingkan biaya kirim ke Eropa atau Amerika. Anda bisa membandingkan tarif masing-masing ekspedisi sebelum melakukan pengiriman ke luar negeri untuk mendapatkan harga yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Demikianlah tips pengiriman ke luar negeri yang perlu Anda ketahui. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada barang Anda, maka Anda bisa mempraktekan tips tersebut sebelum Anda mengirimkan barang ke luar negeri. Sedangkan jika Anda perlu melakukan pengiriman uang ke luar negeri, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, baik ke sesama pengguna maupun ke rekening bank dapat diselesaikan dengan mudah dan murah. Qelola telah menjadi andalan para TKI yang ada di Malaysia. Sekarang giliran Anda! Unduh aplikasi Qelola sekarang juga.

Tags: , , , , ,