Destinasi Wisata Sandakan Malaysia Yang Perlu Dikunjungi Bersama Keluarga

sandakan

Apakah Anda sudah pernah mendengar Sandakan sebagai salah satu destinasi wisata di Malaysia? Sandakan ini pernah dikenal dengan nama Elopura yang merupakan kota pelabuhan terbesar di negeri Sabah, Malaysia setelah Kota Kinabalu. Kota yang berada di pantai timur pulau ini menjadi pintu gerbang utama bagi berbagai tujuan wisata di Sabah, lho. Walaupun sebagai pintu gerbang ke berbagai tujuan wisata Sabah, namun Sandakan ternyata juga memiliki berbagai tujuan wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Pulau Redang, Surga Kecil di Timur Malaysia

Sejarah Kota Sandakan

sandakan 1 - Destinasi Wisata Sandakan Malaysia Yang Perlu Dikunjungi Bersama Keluarga

Kata Sandakan sendiri berasal dari kata Sanda dalam bahasa Suluk yang mempunyai arti menggadaikan. Hingga tahun 1946, Sandakan menjadi Ibukota British North Borneo. Pada masa itu, kota ini merupakan salah satu kota yang makmur karena memiliki pelabuhan yang banyak dikunjungi oleh para pedagang dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, kota ini juga menjadi kota penting bagi para tentara Australia dan Inggris pada masa Perang Dunia ke-2 karena di kota ini pernah terjadi pembantaian para tawanan Jepang yang terkenal dengan nama Death Marches pada tahun 1945. Setelah Perang Dunia ke-2, Ibukota British North Borneo dipindahkan ke Jesselton, atau yang sekarang dikenal dengan nama Kota Kinabalu.

Destinasi Wisata Alam di Sandakan

sandakan 2 - Destinasi Wisata Sandakan Malaysia Yang Perlu Dikunjungi Bersama Keluarga

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga saat berlibur ke Malaysia. Simak baik-baik, ya.

  1. Kampung Nelayan Sandakan, merupakan pemukiman nelayan yang unik karena bangunan rumah mereka yang berdiri di atas air laut. Di tempat ini, Anda bisa melihat kehidupan sehari-hari warga yang mayoritas penduduknya adalah nelayan. Jika Anda ingin mengunjungi kampung nelayan ini, maka Anda bisa menaiki boat di sekitar jeti Sandakan. Setelah berada di sana, jangan sampai Anda melewatkan untuk mencicipi masakan laut. Rasa yang ditawarkan pastinya sangat lezat dan harganya juga relatif terjangkau.
  2. Deramakot Forest Reserve, adalah hutan yang memiliki luas mencapai 55,507 hektar dengan kekayaan flora dan faunanya. Deramakot Forest Reserve ini merupakan hutan pertama yang diakui sebagai hutan yang terjaga dengan baik, oleh Forest Stewardship Council. Dengan biaya tiket masuk sebesar RM15, Anda akan puas berpetualang di tempat menarik yang satu ini.
  3. Rainforest Discovery Centre, berada di Hutan Simpan Sipilok-Kabili. Di tempat ini, Anda bisa melihat habitat dan kehidupan dari orang utan. Selain keindahannya, tempat ini juga sangat cocok untuk Anda jadikan sebagai setting fotografi untuk mendapatkan gambar yang instagramable.
  4. Gua Gomantong, merupakan gua batu kapur yang usianya sudah sangat tua di Sandakan. Gua ini terdiri dari kurang lebih 27 buah gua kecil yang dihuni oleh ribuan kelelawar.
  5. Borneo Sun Bear Conservation Centre, juga menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Sandakan. Di tempat ini, Anda bisa melihat kehidupan dari beruang madu terkecil di dunia. Beruang yang satu ini terancam punah dari ekosistem dan habitatnya, karena perburuan liar dan pembakaran hutan yang merenggut rumahnya. Anda bisa melihat berbagai aktivitas lucu dari beruang-beruang yang ada di pusat konservasi ini dengan membayar biaya sebesar RM15. Sementara bagi Anda yang berasal dari luar negara, Anda harus membayar RM30 untuk mengunjungi tempat menarik ini.

Aktivitas Seru di Sandakan

sandakan 3 - Destinasi Wisata Sandakan Malaysia Yang Perlu Dikunjungi Bersama Keluarga

Ada beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan saat berada di Sandakan. Di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Wisata sejarah di Sandakan Memorial Park, yang merupakan saksi dari kejamnya perang dunia ke-2 di Malaysia. Taman ini dibangung untuk mengingat sejarah kejamnya penjajahan Jepang di masa lalu, yaitu pada tahun 1945. Di sana terdapat lebih dari 2400 nyawa yang melayang untuk melawan tentara Jepang pada saat itu.
  2. Mampir ke Agnes Newton Keith, yang merupakan bangunan lama yang sudah ada sejak zaman kolonialisme Inggris di Malaysia. Bangunan rumah Mr Harry Keith dan Agnes Newton Keith kini sudah dialihfungsikan menjadi salah satu tempat wisata menarik di Sandakan. Di bangunan ini, Anda bisa melihat berbagai macam koleksi barang yang ditinggalkan dari keluarga Agnes Newton Keith. Selain melihat koleksi dan bangunan rumah kuno, Anda juga bisa menikmati suasana taman di sekitarnya yang hijau dan sangat sejuk.
  3. Berbelanja di Pasar Umum Sandakan. Bagi Anda yang ingin menghabiskan sisa uang Anda di Sandakan, datanglah ke Pasar Umum Sandakan karena di tempat inilah Anda bisa mendapatkan berbagai macam barang kebutuhan dengan harga yang relatif murah. Di pasar umum ini Anda bisa membeli sayuran, buah, hasil laut yang masih segar, hingga ikan asin, dan masih banyak lagi.
  4. Beribadah di Masjid Jamek As-Sheikh Hasabollah At-Tohiri, atau yang lebih di kenal dengan nama Masjid Jamek Sandakan. Masjid ini dibangun pada tahun 1880-an sehingga usianya sudah satu abad lebih, dan menjadi salah satu warisan budaya di Sandakan. Lokasi masjid ini berada di lereng bukit dengan pemandangan hijau dan udara yang segar, sehingga dapat menambah ketenangan dalam melaksanakan ibadah.

Liburan Seru ke Malaysia

Sebelum pergi liburan ke Malaysia, pastikan Anda telah menyusun rencana perjalanan dengan matang, termasuk soal biaya yang Anda perlukan. Catat semua destinasi wisata tujuan Anda, dan perhitungan berapa biaya yang diperlukan secara detail. Dengan begitu, Anda akan memiliki panduan yang jelas selama liburan di Malaysia.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi khusus untuk mengelola keuangan Anda selama berada di Malaysia, seperti aplikasi Qelola. Dengan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah dalam mengontrol uang yang Anda keluarkan untuk keperluan apa saja. Kirim uang baik ke sesama pengguna maupun ke rekening bank juga bisa Anda lakukan dengan sangat mudah menggunakan aplikasi ini. Penasaran untuk mencoba fiturnya? Unduh Qelola di sini.

Tags: , , , , , , , , ,