Liburan Anti Mainstream dengan Mengunjungi Ipoh Malaysia

Ipoh Malaysia

Salah satu hal yang dirindukan dari liburan adalah mencicipi kekayaan kuliner daerah atau negara tersebut. Malaysia, sebagai negara yang terkenal dengan liburan murahnya, memiliki berbagai macam kuliner yang tak boleh dilewatkan. Begitu juga dengan spot wisata sejarah dan spot foto unik yang sayang untuk diabaikan. Tempat wisata terkenal yang menawarkan hal ini adalah wilayah Ipoh Malaysia.

Ipoh merupakan daerah di Malaysia yang memang tidak populer dibanding Kuala Lumpur atau Selangor. Itulah kenapa tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari pengalaman anti mainstream. Selain wisata kulinernya, Anda juga dapat menikmati wisata sejarah dan berbagai macam spot foto. Ingin tahu seperti apa detailnya? Simak penjelasannya berikut ini.

A.  Khas Ipoh Malaysia: White Coffee

Ipoh Malaysia memang terkenal dengan white coffee dengan merek Old Town White Coffee. Sehingga tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencicipi merek terkenal white coffee asli ini dari asalnya. Anda dapat menikmatinya dengan datang di berbagai kedai di China Town, Jalan Bandar Timah. Namun, ada 1 kedai yang diklaim sebagai pelopor menu white coffee ini, yaitu kedai Nam Heong. Dengan resep turun temurun, banyak yang merekomendasikan tempat ini karena cita rasa white coffee-nya yang tidak berubah sejak 60 tahun yang lalu.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

B.  Wisata Street Food dan Makanan Lezat

Selain minuman terkenal di atas, Anda juga harus mencoba berbagai macam hidangan yang ada di Ipoh. Anda dapat menemukan segerombolan jajanan kaki lima dan kedai di berbagai sudut Kota Ipoh. Hidangan yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari berbagai menu masakan Cina hingga masakan tradisional Malaysia. Berikut ini adalah daftar kedai dan makanan yang harus Anda coba:

  • Dimsum, yang dapat ditemukan di Jalan Dimsum atau Jalan Leong Sin Nam.
  • Mie Ayam Gai Si Hor Fun, yaitu mie kenyal dengan topping ayam atau udang yang mantap dan kuah yang segar.
  • Ipoh Chicken Rice, nasi yang disajikan dengan tauge dan ayam kuah bumbu yang ringan. Kedai paling terkenal adalah Lou Wong di Jalan Yau Tet Shin. (gambar di bawah ini)
  • Wong Kee Tau Fu Fah, minuman semacam kembang tahu yang disajikan bersama kuah segar.
  • Nasi Kandar Ayam Merah, Mie Goreng Tuck Kee, Wan Tan Mee, dan terakhir yang juga terkenal adalah White Curry Noodle.
ipoh chicken rice spread - Liburan Anti Mainstream dengan Mengunjungi Ipoh Malaysia

Sumber: hungrygowhere.my

C.  Wisata Sejarah dengan Ikut Heritage Walk

Wisata sejarah identik dengan mengunjungi museum lalu membaca sendiri keterangan dari setiap benda-benda bersejarah di sana. Namun di Ipoh, terdapat cara unik untuk memperkenalkan sejarah mereka, yaitu melalui Heritage Walk dan Museum Hopping. Anda akan diajak berkeliling bersama pemandu wisata lokal yang dipesan terlebih dahulu. Kemudian Anda akan mendapat berbagai informasi seperti model bangunan, manfaat suatu tempat atau barang, hingga kisah unik dibalik bangunan atau benda peninggalan.

Jika mengikuti Heritage Walk, Anda akan diajak mini tour yang bermulai dari Stasiun Kereta Ipoh yang di dalamnya juga terdapat hotel dengan usia yang sama, yaitu Majestic Station Hotel. Kemudian menuju Town Hall dan Old Post Office yang sudah berdiri sejak Perang Dunia 1. Serta dilanjutkan dengan bangunan-bangunan tua lainnya.

Sedangkan Museum Hopping akan bermulai dari Museum Darul Ridzuan yang mengangkat sejarah pemerintah Perak. Kemudian berlanjut ke Museum Ho Yan Hor yang memiliki koleksi barang antik milik Ipoh Malaysia dan koleksi teh herbal khas yang bisa Anda nikmati juga. Lalu Anda akan diajak ke museum ke-3, yaitu Museum Han Chin Pet Soo (gambar di bawah ini). Museum ini akan membuka simpati Anda dengan sejarah pertambangan timah beserta kehidupan keras penambang. Serta masih banyak museum lainnya, seperti Dream Big World Museum, Miniature Wonders Art Gallery, dan sebagainya.

han2602e - Liburan Anti Mainstream dengan Mengunjungi Ipoh Malaysia

Sumber: malaymail.com

D.  Berburu Spot Foto Unik

Salah satu kegiatan wisata yang sudah rutin dilakukan adalah berburu spot foto unik dan instagramable. Ipoh Malaysia memiliki beberapa spot foto yang harus dicoba, yaitu Mural Art’s Lane di Jalan Masjid, Taman Jubilee, 303000 Ipoh, Negeri Perak, Malaysia. Kemudian coba juga berkunjung di Cave-Temple, gua yang juga digunakan sebagai kuil. Ada beberapa kuil yang bisa Anda eksplor, namun yang paling terkenal adalah Kuil Gua Sam Poh Tong yang mendapat penghargaan Lanskap Terbaik di Malaysia. Lalu ada juga Kuil Gua Long Sen Tong yang mempunyai banyak altar, Kuil Gua Kwan Yin Tong yang ada di atas tebing batu Gunung Rapat, dan Kuil Gua Perak Tong yang di dalamnya terdapat patung Buddha setinggi 40 kaki.

Bagaimana? Sudah siapkah Anda untuk liburan dan mengeksplor Ipoh Malaysia? Persiapkan mulai dari sekarang perjalanan Anda bersama pasangan, teman satu geng, atau bahkan keluarga besar. Jangan lupa siapkan kamera dan perut kosong Anda. Salah satu persiapan yang tak kalah penting adalah menyelesaikan urusan membayar tagihan rutin di Indonesia. Sehingga selama Anda di Malaysia, tidak ada lagi cerita repot mengurusi banyaknya tagihan di Indonesia. Qelola hadir sebagai aplikasi transfer dan pembayaran yang akan membantu Anda membayar tagihan rutin di Indonesia langsung dari smartphone meskipun Anda sedang di Malaysia. Rasakan manfaat Qelola langsung dengan download di sini.

Tags: , , , , ,