Praktekan 5 Cara Menabung yang Benar Ini untuk Wujudkan Impian Anda

tips sukses menabung

Banyak orang menabung uang untuk berbagai tujuan. Misalkan saja untuk membeli rumah atau kendaraan, biaya menikah, biaya kuliah anak di masa depan, dan lain-lainnya. Cara menabung yang benar bisa membuat impian Anda tadi dapat terwujud di kemudian hari. Tentu saja hal tersebut tidak semudah yang dibayangkan karena pasti akan ada godaan yang membuat Anda goyah untuk membeli barang-barang yang tidak penting. 

Manfaat dari menabung juga akan sangat terasa di saat Anda mengalami kesulitan ekonomi. Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang, banyak orang yang mengeluh pendapatannya berkurang bahkan ada yang harus kehilangan pekerjaannya. Jika memiliki tabungan, tentunya tetap bisa bernafas lega karena Anda masih bisa bertahan hidup dengan uang tersebut. Nah, bagi yang masih merasa kesulitan untuk bisa menabung coba ikuti cara menabung yang benar berikut ini.

Punya Tujuan Menabung yang Jelas

purple alarm clock stack increasing coins wooden desk against blue background 23 2147943419 - Praktekan 5 Cara Menabung yang Benar Ini untuk Wujudkan Impian Anda

Langkah pertama menerapkan cara menabung yang benar adalah dengan menguatkan niat. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa orang menabung punya motif atau tujuan yang berbeda-beda. Niatkan dengan sepenuh hati tabungan yang Anda miliki untuk mencapai tujuan itu di kemudian. Jika tujuan Anda sudah jelas, jaga semangat Anda untuk menabung agar tetap konsisten hingga impian Anda pun tercapai. Cara ini cukup efektif karena godaan yang datang di kemudian hari bisa Anda tepis dengan tujuan utama Anda untuk meraih mimpi.

Prioritas Pendapatan/Gaji untuk Menabung

businessman hand holding light bulb idea concept with innovation inspiration idea finance accounting 34152 2197 - Praktekan 5 Cara Menabung yang Benar Ini untuk Wujudkan Impian Anda

Saat menabung sudah jadi prioritas utama, maka hal ini akan jadi kebiasaan dan mudah untuk dilakukan. Apabila waktu gajian tiba maka segera sisihkan sebagian uang yang Anda peroleh untuk ditabung, kemudian sisanya bisa Anda atur untuk kebutuhan dan keperluan belanja lainnya. Jangan sampai terbalik ya dengan menabung uang yang tersisa dari belanja kebutuhan dan keperluan bulanan Anda. 

Selain itu, utamakan uang Anda untuk membayar berbagai tagihan bulanan yang penting seperti tagihan listrik, air, BPJS, dan lain-lain. Lunasi juga hutang-hutang yang masih dimiliki agar tidak mengganggu tabungan Anda di kemudian hari. Jika hal ini berhasil Anda terapkan maka sisa uang dari menabung dan membayar tagihan pokok dapat Anda kondisikan sedemikian rupa. Selain itu Anda pun akan terhindar dari perilaku boros dan konsumtif.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Mengatur Keuangan Keluarga di Masa Pandemi Corona

Hindari Lingkungan dan Perilaku Hedonisme

sad woman looking her wallet 33855 315 - Praktekan 5 Cara Menabung yang Benar Ini untuk Wujudkan Impian Anda

Cara menabung yang benar berikutnya adalah dengan menghindari lingkungan dan perilaku hedonisme. Hal ini terutama harus dikendalikan bagi Anda yang tinggal di perkotaan. Perilaku konsumtif dan membeli barang-barang yang sifatnya sekunder atau tersier menjadi gaya hidup tersendiri di zaman sekarang. 

Banyaknya mall, hotel, dan kafe-kafe kekinian adalah godaan terbesar bagi masyarakat yang tinggal di kota. Anda tidak mau kan uang habis hanya untuk kesenangan yang sesaat saja. Tidak ada salahnya sesekali Anda menghibur diri dengan nongkrong di mall saat kondisi keuangan longgar atau berlebih. Namun, jangan sampai hal ini jadi kebiasaan ya karena tabungan Anda bisa habis di tengah jalan.

Memasak daripada Jajan di Luar

home beautiful kitchen food cooking 1303 820 - Praktekan 5 Cara Menabung yang Benar Ini untuk Wujudkan Impian Anda

Masih erat kaitanya dengan tips sebelumnya, orang-orang zaman sekarang cenderung lebih suka jajan di luar dibandingkan dengan memasak. Hal ini karena semakin merebaknya restoran hits yang menawarkan berbagai menu yang menggugah selera dan tempat yang instagramable untuk berswafoto ria. 

Nah daripada uang Anda habis untuk memamerkan konten di sosial media yang bisa makan enak di tempat yang wah, lebih baik memasak saja. Meskipun repot dan melelahkan namun dengan memasak sendiri budget yang dikeluarkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jajan di kafe. Dengan begitu pengeluaran bulanan Anda bisa sesuai dengan anggaran yang sudah dibuat.

Catat Pengeluaran dan Buat Anggaran

close up businesswoman take note home expenses her desk with calculator her side family expenses concept 164138 786 - Praktekan 5 Cara Menabung yang Benar Ini untuk Wujudkan Impian Anda

Cara menabung yang benar berikutnya adalah dengan mencatat pengeluaran dan membuat anggaran di setiap bulannya. Anda tentunya sudah tahu pasti pengeluaran rutin apa saja yang biasa Anda keluarkan dalam seminggu atau sebulan kedepan. Tentukan anggaran untuk kebutuhan tersebut agar bisa berjalan sesuai rencana. Apabila pengeluaran yang sudah Anda rencanakan ternyata melebihi anggaran yang sudah dibuat maka coba evaluasi lagi kenapa hal tersebut bisa terjadi. Dengan melakukan hal ini Anda akan terhindar dari perilaku boros dan membeli barang-barang yang sebetulnya tidak terlalu penting.

Demikian beberapa tips tentang cara menabung yang benar yang bisa Anda terapkan. Selain untuk mewujudkan tujuan, menabung juga bisa jadi dana cadangan apabila terjadi hal-hal yang tidak Anda rencanakan sebelumnya. Nah, untuk mendukung gerakan menabung yang benar di atas bayarlah tagihan pokok seperti listrik, air, dan BPJS Kesehatan Anda melalui aplikasi keuangan yang terpercaya seperti aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola ini bisa Anda unduh melalui Playstore pada ponsel secara gratis. Setelah terinstal, daftarkan nomor Anda untuk membuat akun pada aplikasi. Lakukan top up saldo pada aplikasi dan Anda pun bisa membayar berbagai tagihan pokok di atas langsung dari handphone dimana saja dan kapan saja.

Tags: , ,