Mari Menjelajah Kuala Kangsar di 5 Objek Ini

Kuala Kangsar

Menikmati keindahan dan nilai historis dari bangunan bersejarah, jika Anda memilih berwista ke Kuala Kangsar mungkin agenda tersebut yang paling tepat dilakukan. Selain merupakan salah satu area tertua di Malaysia, kota ini juga memiliki banyak sekali peninggalan bangunan kuno dan sarat akan nilai sejarah. Tentu saja, bangunan tersebut dirawat dengan baik sehingga keindahannya senantiasa terpancar.

Jika mungkin Anda pernah membaca mengenai wisata Genting yang unggul dengan keindahan alam, atau Kuala Lumpur yang menarik karena modernitasnya, Kuala Kangsar menawarkan ‘napak tilas’ pada sejarah Malaysia yang masih tercermin dari banyak sekali bangunan warisan budaya di area ini. Kebanyakan bisa Anda akses secara cuma-cuma, namun demikian beberapa yang lain akan dikenakan tarif yang masih sangat terjangkau.

Untuk memberikan sedikit gambaran pada Anda yang ingin berkunjung ke sini, di bawah ini ada beberapa tempat atau bangunan yang cukup recommended untuk didatangi. Simak selengkapnya ya!

Istana Iskandariah di Kuala Kangsar

Untitled design583 - Mari Menjelajah Kuala Kangsar di 5 Objek Ini

Menjadi tempat disemayamkannya Sultan Perak, bangunan ini memiliki nilai historis dan budaya yang amat kental. Dengan arsitektur mirip dengan sebuah masjid, Istana Iskandariah menjadi lokasi pertama yang wajib Anda kunjungi karena keindahannya ketika malam tiba dan lampu dinyalakan.

Keindahan istana yang satu ini terasa semakin lengkap dengan dukungan pemandangan alam sekitar istana yang menakjubkan. Tentu saja, ketika berkunjung direkomendasikan untuk berpakaian sopan mengingat objek ini sebenarnya adalah tempat persemayaman seorang yang besar pada masanya. Sekilas, Anda akan merasakan perpaduan arsitektur bernuansa Islam dan Tiongkok yang bersinergi indah.

Kilang Kicap Tamin, Produk Legendaris

Jika Indonesia memiliki beberapa produk kecap yang cukup menonjol dan telah ada sejak lama, di Kuala Kangsar sendiri terdapat pabrik kecap yang sangat legendaris yakni Kilang Kicap Tamin. Produknya yang sudah melegenda menjadikan pabrik kecap ini sebagai satu destinasi wisata yang unik, karena pengunjung dapat melihat proses pembuatan hingga pengemasan produknya.

Berada di KM 40 Jalan Ipoh 33600 Enggor, Perak Darul Ridzuan, Anda bisa mendatanginya dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang tersedia. Jangan cemas, kualitas transportasi umum yang ada di Malaysia secara umum sangat baik sehingga tetap nyaman digunakan setiap waktu. Produk kecap yang melegenda ini juga cocok untuk oleh-oleh lho!

Masjid Anyam Ihsaniah Iskandariah

Untitled design584 - Mari Menjelajah Kuala Kangsar di 5 Objek Ini

Jika bangunan masjid biasanya dibangun dengan megah dan menggunakan arsitektur modern, lain halnya dengan Masjid Ihsaniah Iskandariah ini. Hampir seluruh bagian masjid dibuat dari anyaman yang tidak melibatkan satu buah paku. Tentu, masjid ini bisa menjadi tempat yang masuk dalam list Anda ketika liburan di Kuala Kangsar nanti mengingat keindahan dan keunikan bangunan masjid.

Didirikan oleh Sultan Iskandar Shah, hingga saat ini masjid masih difungsikan sebagai tempat ibadah oleh warga sekitar. Jika Anda cukup teliti, Anda bisa menemukan banyak spot foto menarik di area masjid ini. Sekali lagi, untuk kunjungan ke objek wisata yang merupakan tempat ibadah atau tempat sakral, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang sopan sebagai bentuk rasa menghargai.

Pusat Pembangunan Kraftangan Perak

Jika mungkin di area Yogyakarta Anda bisa menemukan Kotagede sebagai pusat kerajinan perak, di Malaysia Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk menemukan kerajinan perak yang unik dan khas. Berlokasi di tebing sungai Kuala Kangsar, Pusat Pembangunan Kraftangan Perak sudah mendapatkan reputasi sebagai produsen pernak-pernik perak paling terkenal di Malaysia.

Kreativitas yang ditunjukkan melalui hasil karya seniman yang ada di sini terbilang unik. Anda bisa menemukan banyak bentuk yang khas dan tidak ada di tempat lain. Misalnya saja seperti labu soyon, mengkuang, serta kolaborasi kerajinan rotan dan keramik yang dapat menjadi hiasan menarik jika dipasang di ruang tamu Anda. Harganya sangat bervariasi tergantung dengan kerumitan dan ukuran kerajinan yang Anda inginkan.

Galeri Arkeologi Lembah Lenggong, Wisata Edukasi Kuala Kangsar

Untitled design585 - Mari Menjelajah Kuala Kangsar di 5 Objek Ini

Nah, terakhir dari rekomendasi ini, untuk Anda yang gemar dan menyukai hal berbau arkeologi Anda bisa mendatangi tempat ini. Galeri Arkeologi Lembah Lenggong memiliki banyak sekali koleksi artefak masa lalu yang ditemukan di area ini. Yang paling terkenal mungkin adalah peralatan hidup yang terbuat dari batu dan kerangka manusia purba.

Galeri Arkeologi Lembah Lenggong akan menjadi pelengkap manis dalam daftar tempat yang dapat dikunjungi ketika berada di Kuala Kangsar. Selalu berhati-hati ketika melihat koleksinya ya, agar tidak ada kerusakan atau masalah yang terjadi ketika Anda berkunjung ke sana.

Baca Juga: Ketahui 7 Tempat Belanja Terbaik di Malaysia 

Agenda liburan di Kuala Kangsar bisa menjadi seru jika tidak ada gangguan yang datang, seperti misalnya tagihan awal bulan (listrik, PDAM, dan BPJS). Untuk menyelesaikan urusan tagihan rutin ini dengan cepat, Anda bisa menggunakan layanan aplikasi Qelola. Meski layanan utamanya adalah remitansi, namun aplikasi Qelola memiliki fitur yang sangat berguna untuk pembayaran tagihan rutin ini. Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini, dan menyelesaikan pembayaran tagihan dalam hitungan menit saja.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,