Pulau Pangkor Malaysia: Beragam Pantai dan Aktivitas Seru

Wisata Pulau Pangkor

Bicara tentang negara Malaysia, maka topik wisata tak boleh diremehkan. Jika Anda ingin liburan di satu tempat dengan banyak destinasi wisata, namun ingin sekali-kali pergi ke luar negeri, Malaysia adalah jawabannya. Selain lebih dekat dengan Indonesia, biaya yang dikeluarkan juga relatif lebih murah. Salah satu komplek wisata yang patut dicoba adalah Pulau Pangkor. Mulai dari wisata alam, wisata religius, hingga pusat belanja yang tak kalah dengan unik dari tempat belanja populer lainnya di Malaysia. Apakah Anda perlu rekomendasi objek wisata mana saja di Pulau Pangkor yang menarik? Simak daftarnya berikut ini.

1.  Wisata Alam: Pantai

Pulau Pangkor menjadi salah satu tempat yang terkenal dengan wisata alam pantainya. Ada beberapa pantai yang menawarkan keunikannya masing-masing sehingga Anda tidak akan bosan dengan mengunjungi semua pantai di Pulau Pangkor. Pantai pertama yang harus dicoba adalah pantai di Pulau Sembilan. Sesuai dengan namanya, Pulau Sembilan memiliki 9 gugusan pulau yang memiliki ciri khas yang berbeda. Diantaranya adalah Pulau Buluh, Pulau Saga, Pulau Lalang, dan sebagainya. Jika Anda datang ke Pulau Sembilan antara bulan November hingga Maret, Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Bahkan jika beruntung, Anda dapat menyaksikan fenomena alam blue tears seperti di bawah ini.

Bluetears or sea sparkle washed up on the beach on one of the islands of Pulau Sembilan near Bagan Datuk photo from gallery of Icestar tour agency official website - Pulau Pangkor Malaysia: Beragam Pantai dan Aktivitas Seru

Sumber: travelswithsun.com

Pantai lainnya adalah Pantai Teluk Nipah yang menawarkan suasana tenang dan damai ketika hari biasa. Sedangkan di akhir pekan, Anda akan merasakan keseruan para wisatawan menikmati suasana pantai bersama keluarga dan kerabat. Bahkan Anda dapat naik boat dari Pantai Teluk Nipah menuju Pulau Mentagor. Di sana Anda juga dapat snorkeling lho! Asyik bukan?

Sedangkan untuk menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam, Anda dapat mengunjungi Pantai Puteri Dewi. Pantai ini juga terkenal dengan suasananya yang ramah untuk berkemah, memancing, api unggun, hingga snorkeling. Sangat cocok bagi Anda dan teman-teman menghabiskan malam bersama.

2.  Beragam Aktivitas Seru

Jika Anda penggemar aktivitas semacam snorkeling di pantai, bermain perahu dayung, menjelajah hutan kecil, dan sebagainya, maka tempat yang tepat adalah Teluk Segadas. Bahkan Teluk Segadas juga memiliki lahan khusus untuk berkemah dekat pantai. Jadi tidak hanya pemandangan yang indah, namun Anda juga bisa sampai ke Teluk Gendong jika menjelajah hutan kecil di sana.

Sedangkan bagi Anda yang mencari-cari tempat yang cocok untuk naik banana boat sekaligus menyediakan fasilitas ini, Anda harus datang ke Joe Fisherman Inn. Di sini Anda juga dapat mencoba olahraga air lain seperti jet ski, snorkeling, dan lain sebagainya. Bahkan tempat ini juga menyediakan 32 kamar yang dapat disewa oleh para wisatawan yang menghendaki bermalam di sepanjang pantai.

Aktivitas lain yang tak kalah menarik adalah memancing di Pulau Jarak. Memancing di Pulau Jarak akan memberikan kesempatan unjuk kebolehan bagi Anda yang sudah mahir. Mulai dari ikan tuna hingga ikan alu-alu dengan berbagai ukuran dapat Anda peroleh di sini.

3492514353 0794acd550 z - Pulau Pangkor Malaysia: Beragam Pantai dan Aktivitas Seru

Sumber: flickr.com

3.  Museum dan Galeri

Pulau Pangkor juga mempunyai destinasi wisata sejarah bagi Anda yang tidak terlalu menyukai aktivitas fisik berlebih. Salah satunya adalah Kota Belanda. Seperti namanya, kompleks ini merupakan bekas markas Belanda pada masa penjajahan. Sehingga Anda akan menemukan banyak sekali bangunan khas Eropa yang cocok dijadikan spot foto dengan tema vintage. Tempat lain yang patut dikunjungi adalah Galeri Panorama Pangkor. Di sini Anda akan disuguhi berbagai barang peninggalan Kerajaan Gangga Negara. Mulai dari mata uang, kerajinan tangan, hingga pakaian yang dikenakan pada zaman tersebut, serta berbagai koleksi foto dan lukisan bersejarah. Daya tarik lain dari tempat ini adalah tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

ppangkor04.jpg 1502426610 - Pulau Pangkor Malaysia: Beragam Pantai dan Aktivitas Seru

Sumber: hmetro.com.my

Tak kalah menarik dengan 2 destinasi di atas, terdapat masjid yang unik, yaitu Masjid Terapung Pulau Pangkor. Tidak hanya beribadah, Anda juga akan disajikan dengan kurang lebih 1000 karya seni kaligrafi shalawat yang indah. Tentu ini akan menjadi pengalaman beribadah yang berbeda dari tempat lainnya. Selain itu, pemandangan di luar masjid juga menakjubkan karena lokasinya yang ada di atas laut. Pemandangan laut itulah yang menjadi daya tarik unik dari tempat ibadah bernama asli Al Badr 1000 Selawat ini.

4.  Pusat Belanja dan Oleh-Oleh

Belanja di Pulau Pangkor tentu tidak bisa dipisahkan dengan membeli ikan segar dengan pilihan jenis ikan yang sangat beragam. Tempat pertama yang harus dicoba adalah Pangkor Fish Satay Factory. Di sini beragam jenis ikan dengan berbagai ukuran dijual segar. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang berencana bakar-bakar bersama orang terkasih di pantai terbuka. Tidak hanya segar, ikan yang dijual pun bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau.

Tempat kedua adalah Kilang Hasil Laut Pak Su, dimana tidak hanya ikan segar, Anda juga bisa membeli ikan kering dan cumi kering yang cocok sekali dijadikan oleh-oleh. Meskipun begitu, proses pengeringannya sangat higienis dengan teknologi tinggi, halal, dan tanpa bahan pengawet.

Tak Lengkap Ke Pulau Pangkor Kalau Tak Singgah Beli Ikan Bilik Dekat Kedai Mak Cik Jamilah 7 - Pulau Pangkor Malaysia: Beragam Pantai dan Aktivitas Seru

Sumber: libur.com.my

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Honeymoon Populer di Malaysia

Itu tadi adalah rekomendasi destinasi wisata yang harus dicoba jika Anda mengunjungi Malaysia, khususnya Pulau Pangkor. Meskipun saat ini belum ada kesempatan untuk berlibur ke sana, persiapkan rencana liburan Anda mulai dari sekarang. Salah satu bentuk persiapan sebelum liburan ke luar negeri adalah menyelesaikan urusan keuangan rutin seperti membayar tagihan yang ada di Indonesia. Tentu Anda tidak mau bukan jika liburan Anda terganggu dengan banyaknya tagihan dari Indonesia. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakanlah aplikasi Qelola. Dengan berbagai fiturnya, Anda dapat membayar tagihan di Indonesia langsung dari smartphone Anda, meskipun Anda sedang ada di Malaysia. Yuk pelajari dari sekarang dengan download Qelola di sini.

Tags: , , , ,