Tahukah Anda Apa Saja Macam Macam Visa Beserta Fungsinya?

macam macam visa

Selain paspor, visa merupakan sebuah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh setiap orang ketika akan berkunjung ke luar negeri. Jika tidak memiliki visa, maka Anda bisa saja ditolak datang ke negara tujuan. Meskipun ada beberapa negara yang membebaskan visa untuk wisatawan asing, namun banyak juga yang mewajibkan wisatawan memiliki visa. Apakah Anda sudah tahu apa saja macam macam visa? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Inilah 3 Perbedaan Visa dan Paspor yang Paling Mendasar

Apa Itu Visa?

Pada dasarnya, visa merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh suatu negara yang berisi tanda izin diperbolehkannya seseorang untuk masuk ke dalam wilayah negara yang bersangkutan. Tidak sembarang visa bisa digunakan untuk berkunjung ke suatu negara. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui macam dan jenis visa serta fungsinya agar tidak mengalami masalah di imigrasi suatu negara.

Apa Saja yang Tertulis di dalam Visa?

macam macam visa 1 - Tahukah Anda Apa Saja Macam Macam Visa Beserta Fungsinya?

Visa bisa berupa stempel yang dicap di paspor asli. Namun ada juga beberapa negara juga ada yang menerapkan visa berupa stiker yang ditempelkan pada lembaran paspor. Ada juga kombinasi di antara keduanya, yaitu di atas stiker diberi cap dan tulisan tangan dari petugas saat visa dikeluarkan. Stiker yang digunakan tidak sembarangan karena menggunakan teknologi canggih dengan tinta cetak tertentu serta dilengkapi dengan hologram. Tujuannya adalah untuk menghindari penipuan atau pemalsuan paspor. Selain data diri pemegang visa, inilah data lain yang akan tertera pada visa:

  • Negara tujuan yang akan dikunjungi. Sebuah visa akan tercantum dengan jelas nama negara yang akan dikunjungi. Namun pada kasus tertentu seperti Visa Schengen yang punya banyak negara anggota, maka tidak semua visa bisa dipakai pada setiap negara.
  • Tujuan kedatangan. Pada visa juga akan tertulis dengan jelas maksud Anda sebagai pemegang visa saat mengunjungi suatu negara. Misalnya tujuan Anda adalah untuk berwisata, bisnis, bekerja, atau belajar. Pastikan visa yang Anda miliki mencantumkan tujuan sesuai dengan yang Anda butuhkan.
  • Masa berlaku visa. Jangan sampai Anda lupa bahwa macam macam visa memiliki fungsi serta batas waktu tertentu. Tergantung dari jenis visanya, lama berlaku masing-masing visa bisa berbeda-beda. Mulai dari yang hanya beberapa hari hingga berbulan-bulan. Biasanya, visa untuk berlibur cenderung lebih pendek masa berlakunya, sedangkan visa untuk belajar dan bekerja akan lebih lama masa berlakunya.

Apa Saja Macam dan Fungsi Visa?

macam macam visa 2 - Tahukah Anda Apa Saja Macam Macam Visa Beserta Fungsinya?

Setelah mengetahui pengertian visa serta data apa saja yang ada di dalam visa, kini saatnya Anda mengenal lebih jauh macam macam visa beserta fungsinya. Simak baik-baik, ya!

  1. Relatives Permits, digunakan bagi Anda yang ingin mengunjungi keluarga yang berada di luar negeri.
  2. Tourist Visa, digunakan jika Anda akan liburan ke luar negeri.
  3. Business Visa. Dengan visa jenis ini, maka Anda sebagai pelaku bisnis akan memperoleh kemudahan saat akan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. 
  4. Work Visa, digunakan jika Anda akan bekerja menjadi karyawan pada suatu perusahaan di luar negeri. Visa kerja ini juga bisa menjadi gerbang menuju izin tinggal tetap, atau biasa disebut Permanent Resident (PR).
  5. Visa Transit, digunakan jika Anda ingin melakukan transit di sebuah negara sebelum mencapai negara tujuan.
  6. Study Permits, digunakan untuk izin belajar di sekolah, universitas atau perguruan tinggi lainnya di negara tujuan.
  7. Exchange Permits, digunakan jika Anda mengikuti program pertukaran pelajar antar sekolah atau kampus.
  8. Visa On Arrival, bisa dibuat saat Anda masuk ke dalam wilayah suatu negara. Baik itu lewat bandara, pelabuhan laut, ataupun perjalanan darat hingga memasuki perbatasan negara.
  9. Visa Diplomatik, ditujukan untuk para diplomat. Fungsinya adalah untuk orang yang bekerja dalam jangka waktu tertentu di suatu instansi perwakilan negara atau hanya Visa Kunjungan Diplomatik Sementara.
  10. Exit Visa, berfungsi untuk seorang warga negara asing yang harus keluar dari suatu negara karena habis ditahan atau dipenjara. Bisa juga berfungsi untuk warga negara yang mau meninggalkan negaranya sendiri menuju negara baru.
  11. Corporate Permits, berfungsi bagi orang yang bekerja untuk badan internasional.
  12. Business Permits. Bedanya dengan Business Visa adalah orang yang memiliki jenis visa ini bisa tinggal lama di negara tujuan karena sifatnya bukan kunjungan sementara. Contohnya, jika Anda ingin membangun perusahaan di negara tujuan.

Bagaimana Pemakaian Visa?

macam macam visa 3 - Tahukah Anda Apa Saja Macam Macam Visa Beserta Fungsinya?

Dalam hal pemakaian, visa bisa dibedakan menjadi:

  • Single Entry Visa, berarti Anda hanya boleh masuk ke negara tujuan satu kali saja selama masa berlaku visa masih belum berakhir. Apabila Anda keluar dari suatu negara atau wilayah tujuan, maka Anda tidak boleh masuk lagi dengan menggunakan visa yang sama, walaupun masa berlaku visa masih lama.
  • Double Entry Visa, berarti Anda bisa melakukan perjalanan ke suatu negara sebanyak dua kali. Jika Anda sudah masuk sebanyak dua kali dalam periode berlakunya visa, maka Anda tidak boleh masuk lagi ke negara tersebut.
  • Multiple Entry Visa, yaitu jenis visa yang memungkinkan Anda bisa leluasa bepergian, keluar masuk ke suatu negara selama visa itu berlaku. Namun tetap ada beberapa aturan pada negara tertentu yang harus Anda perhatikan. Seperti aturan 90/180, dimana dalam waktu 180 hari Anda hanya boleh berada di negara itu selama 90 hari secara akumulatif. Tidak masalah berapa kali Anda keluar masuk dan tinggal di sana.

Demikian ulasan lengkap tentang visa yang perlu Anda ketahui sehingga akan memudahkan dalam hal pengajuan pembuatan nantinya. Agar kunjungan Anda ke luar negeri lebih nyaman, pastikan Anda sudah memikirkan bagaimana Anda akan melakukan berbagai macam transaksi selama di sana. Di malaysia, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola untuk kemudahan dalam bertransaksi dengan proses yang cepat dan biayanya murah. Qelola telah menyediakan berbagai pilihan fitur yang lengkap, sangat cocok bagi para WNI yang sedang berada di sana. Bayar tagihan, hingga kirim uang antar negara? Pakai Qelola saja! Unduh aplikasinya di sini.

Tags: , , , , ,