Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ala Ibu Masa Kini

tips mengatur keuangan

Memang tidak mudah mengatur keuangan rumah tangga. Dibutuhkan kemampuan khusus supaya penghasilan yang diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan. Tanpa cara yang tepat, gaji bulanan bisa jadi hanya numpang lewat saja. Hal ini sering terjadi pada pasangan yang baru menikah, bahkan mungkin Anda adalah salah satunya? Yang menjadi alasan utamanya adalah karena pasangan yang baru saja menikah masih terbawa gaya hidup sewaktu masih bujang. Agar keuangan Anda lebih sehat dan aman, yuk simak tips mengatur keuangan ala ibu masa kini.

Baca Juga: Pembayaran Online Tagihan Listrik dan PDAM, Pakai Aplikasi Saja!

1.  Kalkulasikan Seluruh Pendapatan

tips mengatur keuangan 1 - Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ala Ibu Masa Kini

Langkah yang paling awal dalam tips mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan menjumlahkan seluruh pendapatan yang diperoleh. Baik dari gaji bulanan, upah lembur, penghasilan tambahan, hingga imbalan hasil investasi yang Anda miliki. Tujuan dilakukannya kalkulasi seluruh pendapatan adalah untuk mengetahui seberapa besar dana yang dapat dialokasikan untuk masing-masing kebutuhan. Yaitu untuk kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. 

2.  Buatlah Rencana Pengeluaran

Setelah berhasil menghitung seluruh pendapatan, langkah selanjutnya adalah tuliskan rencana pengeluaran rumah tangga Anda. Mulailah dari yang terpenting alias prioritas utama, seperti pengeluaran makan dan minum, transportasi, membayar tagihan listrik, air, sewa rumah, cicilan utang atau kartu kredit, dan biaya rutin lainnya.

3.  Alokasikan Dana untuk Tabungan

tips mengatur keuangan 2 - Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ala Ibu Masa Kini

Sisihkan kurang lebih 25% hingga 30% dari total pendapatan Anda untuk tabungan, asuransi, dan investasi. Misalnya 10% untuk tabungan, 5% untuk membayar premi asuransi kesehatan, dan 15% sisanya untuk investasi. Ketiganya mempunyai manfaat masing-masing yang sangat penting untuk kehidupan Anda dan keluarga. Nantinya, tabungan bisa Anda gunakan untuk membeli rumah, membayar keperluan tidak terduga, dan kebutuhan lainnya. Sementara kesehatan terlindungi asuransi, dan investasi bermanfaat untuk memutar aset yang Anda miliki, sehingga tidak habis begitu saja. Bahkan banyak orang yang memilih investasi untuk menggandakan uang. Jika Anda seorang pemula, Anda dapat memilih investasi modal kecil, risiko rendah, tapi keuntungannya maksimal, seperti investasi emas dan reksa dana. 

4.  Siapkan Anggaran untuk Dana Cadangan

Kebutuhan yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Alokasikan sebagian anggaran untuk dana cadangan atau dana darurat. Dana cadangan ini nantinya bisa Anda gunakan untuk keperluan yang mendesak. Dana cadangan sifatnya bebas, artinya Anda bisa menyisihkan uang berapapun untuk pos ini. Dalam hal ini, Anda perlu memiliki komitmen bahwa Anda tidak akan mengusik dana cadangan jika tidak ada keperluan mendesak sampai akhir bulan. Kecuali, jika Anda mau menggunakan dana ini untuk investasi.

5.  Jagalah Rasio Utang

Agar keuangan Anda tetap stabil, penting bagi Anda untuk menjaga rasio utang Anda. Usahakan utang yang Anda miliki tidak lebih dari 30% dari penghasilan utama Anda. Karena jika lebih dari itu, maka pendapatan Anda setiap bulan hanya akan habis untuk membayar cicilan utang saja. Atau Anda akan terpaksa untuk memangkas anggaran pos lain supaya Anda bisa selamat dari tumpukan utang. Oleh karena itu, bukan cuma menjalankan hidup sehat, tapi juga jagalah rasio utang Anda tetap sehat.

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan Agar Terhindar dari Pemborosan

tips mengatur keuangan 3 - Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga Ala Ibu Masa Kini

Selain beberapa tips mengatur keuangan seperti yang telah disebutkan di atas, hal penting lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Anda harus mampu membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Jangan terburu-buru membeli suatu barang tanpa melihat apakah barang tersebut memang Anda butuhkan atau tidak. Jika sudah mengalokasikan uang untuk pos-pos anggaran penting di atas, dan ternyata masih ada sisa uang, barulah Anda bisa mengalokasikan dana untuk kebutuhan sekunder (pendukung) dan tersier (mewah), yang sesuai dengan keinginan Anda. Namun harus tetap ingat untuk melihat kebutuhan. Kalau memang Anda sedang membutuhkan sepatu kerja yang baru, karena sepatu yang lama sudah rusak, barulah Anda membeli sepatu. Jangan sampai Anda hanya lapar mata, lalu kalap belanja karena keinginan sesaat saja.

Ibu masa kini dituntut untuk lebih cerdas dan bijak dalam menerapkan tips mengatur keuangan. Dengan bantuan teknologi, bukan hal yang tidak mungkin keuangan dapat dikelola dengan lebih mudah. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kerepotan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Katakanlah dengan menggunakan aplikasi keuangan berbasis e-wallet seperti Qelola. Dengan aplikasi ini, pengeluaran Anda akan lebih terkontrol karena riwayat transaksi tersimpan dengan rapi. Selain untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam bayar tagihan bulanan, Anda juga bisa memanfaatkan Qelola untuk kirim uang dan tarik uang dengan praktis. Kirim uang antar negara bisa Anda lakukan hanya dari rumah menggunakan smartphone. Selain aman dan prosesnya yang cepat, kirim uang menggunakan aplikasi Qelola juga sangat murah jika dibandingkan dengan aplikasi kirim uang ke luar negeri lainnya. Yuk, unduh aplikasi Qelola sekarang. Jangan lupa ajak saudara dan sahabat Anda agar menggunakan Qelola juga untuk lebih mudah bertransaksi ke sesama pengguna.

Tags: , , , , , , ,