Pertama Kali ke Malaysia, Ini Info Kuala Lumpur Airport

pinterpoin.com

Bepergian ke negara lain dengan jarak yang jauh merupakan sebuah perjalanan yang membutuhkan alat transportasi yang tepat. Pesawat terbang merupakan salah satu alat transportasi yang akan mempercepat perjalanan Anda ke luar negeri. Keefektifan dan efisiensi dari menggunakan pesawat terbang adalah manfaat besar yang tidak bisa dikalahkan oleh moda transportasi lainnya. Dampaknya, banyak sekali negara yang berlomba-lomba memberikan pelayanan bandara terbaik agar semakin banyak mendapatkan kunjungan, baik kunjungan wisata maupun bisnis. Salah satu bandara besar di Asia adalah Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Jika Anda baru pertama kali pergi ke Malaysia, ada baiknya Anda mengikuti pembahasan kali ini.

1. Profil Singkat Kuala Lumpur International Airport (KLIA)

Kuala Lumpur International Airport (KLIA) atau Bandara Internasional Kuala Lumpur merupakan lapangan terbang milik Malaysia yang sudah terkenal memiliki menara kontrol ATC tertinggi di dunia. Seirama dengan rekor tersebut, KLIA menjadi salah satu bandara terbesar di Asia dan melayani lebih dari 50 juta penumpang per tahun. Di Malaysia sendiri, KLIA lebih sering disebut dengan nama lokal Lapangan Terbang Antarbangsa Kuala Lumpur. Selain itu, lokasinya yang hanya 50 km dari pusat Kota Kuala Lumpur, menjadikan bandara ini banyak mendapatkan pengunjung dan/atau penumpang internasional.

Sebagai bandara internasional yang besar, KLIA memiliki 3 landasan pacu dan 2 terminal. Terminal pertama adalah terminal utama yang melayani penumpang yang menggunakan maskapai penerbangan internasional dan jarak jauh. Sedangkan terminal kedua, merupakan terminal berbiaya rendah (KLIA 2) yang melayani penumpang dari maskapai penerbangan berbiaya rendah, yaitu AirAsia. Terminal berbiaya rendah ini juga merupakan terminal terbesar di Asia. Antara terminal utama dan terminal KLIA 2 berjarak kurang lebih 2 km, sehingga pihak KLIA menyediakan transportasi shuttle bus dengan rute khusus untuk melayani antar jemput penumpang. Mudah bukan?

553?url=https%3A%2F%2Fclips.mstar.com - Pertama Kali ke Malaysia, Ini Info Kuala Lumpur Airport

Sumber: mstar.com.my

2. Transportasi Umum dari KLIA ke Kota Kuala Lumpur dan Sebaliknya

Jika Anda pergi ke Malaysia untuk pertama kalinya, jangan kuatir dengan transportasi dari Kuala Lumpur Airport menuju ke Kota Kuala Lumpur dan sebaliknya. Karena terdapat 3 pilihan moda transportasi umum yang dapat Anda pilih. Berikut ini daftarnya:

a.  Kereta Api

Terminal KLIA 2 memiliki statsiun untuk kereta KLIA Express dan menuju ke stasiun Kuala Lumpur atau pusat Kota Kuala Lumpur. Sehingga meskipun jaraknya 50 km, Anda dapat sampai ke Kuala Lumpur hanya dalam 30 menit dengan biaya RM55. Pintu masuk stasiun KLIA 2 ini  dapat Anda temukan di luar area kedatangan sisi kanan.

Sedangkan untuk stasiun yang ada di terminal utama menuju Kuala Lumpur, Anda dapat masuk melalui pintu yang ada di ruang bawah tanah. Perlu dicermati bahwa kereta terakhir yang menuju Kuala Lumpur dari kedua stasiun ini adalah sekitar jam 1 pagi. Anda dapat mengakses informasi keberangkatan kereta melalui www.kliaekspres.com. Sehingga jika jam penerbangan Anda sampai di Kuala Lumpur Airport lebih dari jam tersebut, Anda dapat menggunakan alternatif transportasi di bawah ini.

b.  Shuttle Bus

free shuttle bus 402 - Pertama Kali ke Malaysia, Ini Info Kuala Lumpur Airport

Sumber: klia2.info

Shuttle bus yang sudah disinggung sedikit di atas, dapat Anda akses dengan membeli tiket terlebih dahulu. Loket tiket ini terletak di kedua sisi halte bus bandara. Untuk halte busnya sendiri dapat Anda temukan di ujung terminal KLIA 2, kurang lebih 400 m dari pintu keluar terminal KLIA 2. Anda harus berjalan kaki melewati beberapa toko sebelum sampai ke halte bus bandara. Sedangkan halte bus untuk terminal utama ada di dekat parkir mobil. Anda dapat menanyakan arahnya pada petugas bandara di sekitar pintu keluar.

Perjalanan dari Kuala Lumpur Airport ke Kuala Lumpur dengan bus ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan biaya sekitar RM10. Jauh lebih murah namun waktu tempuh jauh lebih panjang daripada naik kereta. Jika Anda mengakses shuttle bus di siang hari, akan ada 1 unit bus yang siap berangkat setiap 1 jam. Namun jika di malam hari, frekuensi bus yang berangkat menjadi lebih jarang sehingga Anda harus menunggu beberapa jam.

c.   Taksi

Jika Anda ingin mengakses moda transportasi yang lebih privat, Anda dapat menggunakan jasa taksi. Namun tentu saja biayanya sedikit lebih banyak, yaitu rata-rata RM75 tergantung agro setiap taksi. Keuntungannya, Anda bisa langsung menuju ke alamat hotel atau penginapan yang sudah Anda pesan. Di terminal utama, Anda dapat mengakses banyak sekali taksi di luar area kedatangan. Sedangkan di terminal KLIA 2, jasa taksi dapat Anda peroleh di ujung terminal KLIA 2 di ruang bawah tanah.

Baca Juga: Hai Calon TKI, Ini Cara Pertama Kali Naik Pesawat

Informasi di atas akan membantu Anda mengakses pelayanan dari Kuala Lumpur International Airport. Sehingga Anda tidak lagi kebingungan ketika bepergian ke Malaysia nantinya. Bicara soal pergi ke Malaysia, terdapat aplikasi keuangan yang akan membantu Anda mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia. Bahkan Anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan rutin dari Malaysia langsung ke instansi yang bersangkutan di Indonesia, misal PLN atau BPJS. Aplikasi ini adalah Qelola, cari tahu lebih banyak tentang Qelola di sini. Lalu jangan lupa download Qelola untuk merasakan langsung manfaatnya.

Tags: , , ,