Kota Kuching Malaysia: Cek Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Terbaik

kuching malaysia

Berwisata ke Kuching bisa menjadi salah satu alternatif tujuan Anda selanjutnya ketika mengunjungi Negeri Jiran Malaysia. Kuching merupakan salah satu kota di Malaysia yang cukup populer di telinga para traveler. Kota ini menjadi ibu kota negara bagian Sarawak yang terletak di Pulau Kalimantan. Berikut ini daftar destinasi wisata Kuching Malaysia yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kuching. Check this out!

1. Fort Margherita

Untitled design 72 - Kota Kuching Malaysia: Cek Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Terbaik

Sumber: tripadvisor.com

Anda dapat berwisata sekaligus menambah pengetahuan tentang sejarah saat mengunjungi Fort Margherita. Fort Margherita merupakan benteng yang dibangun sejak tahun 1879 oleh Charles Brooke, dan menjadi landmark di Kota Kuching. Nama “Margherita” sendiri berasal dari nama istri Charles Brooke yaitu Margaret Alice Lili de Windt. Setelah mengunjungi Fort Margherita, Anda dapat langsung melanjutkan perjalanan menuju Masjid Agung Kuching atau ke Main Bazaar untuk berbelanja oleh-oleh dengan naik perahu dan menyeberangi sungai Sarawak selama 10 menit. Selain Anda naik perahu, Anda dapat naik taksi dengan waktu tempuh lebih lama sekitar 20 menit.

2. Kuching Waterfront

Tidak jauh dari Kuching International Airport, Anda bisa menemukan destinasi wisata taman etnik terbuka yang cocok dikunjungi dikala senja tiba. Kuching Waterfront ini memiliki area sepanjang 1 kilometer dan sangat termasyur sejak dibuka pertama kalinya sekitar tahun 1993. Menurut sejarah, dulunya area ini merupakan daerah dermaga, pemukiman, kawasan pelabuhan, area gudang, dan bekas pasar lokal yang kini dialihfungsikan sebagai wisata taman budaya yang menawan.

3. Masjid Agung Kuching

2027+ +919%252C1000 - Kota Kuching Malaysia: Cek Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Terbaik

Sumber: geolocation

Kultur di Malaysia hampir mirip dengan Indonesia, termasuk sebagian besar penduduknya pemeluk agama Islam. Anda tidak akan kesulitan ketika mencari masjid di kota ini. Masjid Agung Kuching bisa menjadi pilihan tepat untuk berwisata religi. Masjid ini sudah lama berdiri sejak tahun 1852. Meski menjadi salah satu masjid tertua, Masjid Agung Kuching memiliki keistimewaan. Tempat ibadah ini memiliki luas sekitar 4 hektar dengan daya tampung hingga 4000 orang jamaah. Di halaman masjid, Anda akan menjumpai lokasi perkuburan lama masyarakat di Kampong Air dengan ribuan nisan kuno yang tersebar, Apabila Anda berjalan ke bagian belakang masjid, Anda dapat langsung melihat pemandangan Sungai Sarawak.

4. Main Bazaar

Menikmati wisata di Kota Kuching tak lengkap rasanya tanpa belanja oleh-oleh khas Malaysia. Main Bazaar adalah salah satu tempat wisata populer untuk belanja dan kuliner di Kota Kuching. Di sini Anda dapat melihat dan membeli beragam suvenir, kerajinan tangan, serta oleh-oleh lainnya dengan harga pas di kantong. Untuk mencapai Main Bazaar, Anda dapat berjalan kaki sekitar 10 menit dari Kuching City Mosque. Terdapat banyak toko yang menjual berbagai kerajinan dari kayu khas Kuching. Selain berburu oleh-oleh, Anda juga dapat berwisata kuliner lezat di sini.

Baca Juga: Mau Liburan Seru di Genting Highland? Lakukan 9 Hal Ini!

5. Chinatown

harmony arch the entrance to chinatown kuching picture id589456200?k=6&m=589456200&s=170667a&w=0&h=3C8yq8tgVGkD8zYBBlOVidQu4pFRlt351Lq5F2W 72k= - Kota Kuching Malaysia: Cek Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Terbaik

Sumber: istockphoto.com

Chinatown menjadi salah satu tempat wisata di Kuching Malaysia yang tidak pernah sepi wisatawan. Anda tidak boleh melewatkan berkunjung ke tempat ini saat berada di Kota Kuching. Selain karena kelenteng-kelenteng yang kental dengan nuansa oriental, Chinatown memiliki daya tarik lainnya. Mulai dari hotel murah, jajanan kuliner, dan berbagai suvenir yang dijual dengan harga terjangkau di daerah Chinatown semakin menambah kenikmatan liburan Anda di Kuching. Untuk memasuki daerah Chinatown di Kota Kuching ini, terdapat dua gerbang masuk yang dapat Anda akses, yaitu di Jalan Padungan dan di dekat Carpenter Street.

6. Cat Museum

Kucing dijadikan lambang kota yang berada di kawasan Malaysia Timur ini. Cat Museum merupakan destinasi wisata di Kuching yang memiliki sejumlah koleksi dengan bertemakan kucing. Di dalam museum terdapat artefak kucing dan patung kucing yang didatangkan dari berbagai belahan dunia.

Di dalam museum seluas 1.035 meter persegi ini juga dipamerkan mumi kucing Mesir. Selain itu ada pula koleksi tokoh kartun kucing seperti Hello Kitty, Garfield, Whisker, dan Friskies. Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan perangko, kartu pos, poster, pakaian, dan benda lainnya dengan tema kucing.

7. The Esplanade Kuching

Kuching Waterfront - Kota Kuching Malaysia: Cek Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Terbaik

Sumber: traveloka.com

Kota Kuching juga memiliki tempat wisata perairan menarik yang dikenal dengan The Esplanade Kuching. Tempat wisata ini terletak di pusat Kota Limbang, Malaysia, tepatnya berada di tepi sungai Sarawak. The Esplanade ramai dikunjungi oleh wisatawan saat sore, karena menyuguhkan pemandangan sunset yang sangat indah. Untuk mencapai area The Esplanade, Anda harus menyewa perahu kecil untuk menyeberangi sungai.

8. Kuching Orchid Garden

Kuching Orchid Garden menjadi salah satu wisata menarik di Kota Kuching. Tempat ini merupakan taman kota dengan berbagai macam bunga anggrek yang terdiri lebih dari 112 spesies anggrek dan jumlah tanaman mencapai 79 ribu. Sebagian besar koleksi anggrek merupakan spesies Borneo. Salah satu anggrek Borneo yang paling terkenal adalah Lady Slipper. Bila Anda penyuka tanaman anggrek, Anda tentunya tidak boleh melewatkan mengunjungi tempat wisata satu ini.

Kuching juga menawarkan berwisata dengan penuh ketenangan. Para pecinta alam juga bisa mengunjungi Semenggoh Nature Reserve tempat tinggal orang utan yang hidup bebas di kanopi hutan hijau. Waktu pagi dan sore pengunjung diberi kesempatan untuk memotret orang utan yang keluar dari hutan untuk mengambil buah yang disediakan. 

9. Bako National Park

Untitled design 73 - Kota Kuching Malaysia: Cek Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Terbaik

Sumber: flickr.com

Bako National Park mirip sejenis hutan dengan berbagai flora dan fauna yang menarik untuk dijelajahi. Taman ini berjarak sekitar 45 menit apabila berkendara dari Kuching. Taman nasional terkecil dan tertua di Sarawak ini meliputi pantai-pantai kecil, aliran hutan, jalan setapak, dan air terjun. Jika Anda melintasi jalan setapak di sekitar markas taman, Anda akan menyaksikan banyak satwa liar.

Demikian ulasan mengenai destinasi wisata Kota Kuching Malaysia yang bisa menjadi rekomendasi liburan Anda selanjutnya. Biaya yang akan Anda keluarkan untuk berwisata di Malaysia bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Ketika sudah berada di Malaysia, Anda tak perlu bingung untuk membayar berbagai tagihan bulanan keluarga di rumah. Qelola menyediakan layanan multi-billing payment ke Indonesia untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan secara online. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk menikmati berbagai layanan keuangan. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , ,