Lakukan 6 Hal Seru Ini Saat Berkunjung ke Melaka Malaysia

melaka malaysia

Walaupun jarak Melaka Malaysia terletak cukup jauh dari Kuala Lumpur, tempat wisata di wilayah ini tetap banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Letak wilayah Melaka berbatasan dengan Negeri Sembilan di sebelah utara dan barat, dan berbatasan dengan Johor di bagian selatan. Melaka sangat kental dengan sejarah penjajah Malaysia. Bahkan, bersama dengan Pulau Pinang, Melaka Malaysia telah dipilih UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

Saat liburan ke Melaka, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang berbeda. Jika di Kuala Lumpur Anda banyak melihat gedung-gedung pencakar langit atau bangunan serba modern, di Melaka Anda akan melihat banyak bangunan-bangunan peninggalan kolonial dan pemandangan sungai yang indah. Bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan sejarah sembari liburan, Melaka adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di Melaka. Apa saja itu? Langsung saja, simak uraian lengkapnya berikut ini.

1. Berkeliling Kawasan Red Square

unesco beautiful blue sky spring editorial 1122 1663 - Lakukan 6 Hal Seru Ini Saat Berkunjung ke Melaka Malaysia

Red Square merupakan sebuah tempat wisata di Melaka yang kental akan nuansa Belanda. Bahkan, banyak wisatawan yang menyebut tempat ini dengan nama Dutch Square. Tempat ini memiliki bangunan dengan arsitektur Eropa klasik yang masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Di kawasan ini terdapat Christ Church Melaka yang berdiri sejak tahun 1753 dan bangunan Stadthuys yang dahulu berfungsi sebagai balai kota atau kantor gubernur pada masa penjajahan Belanda. Saat ini, bangunan Stadthuys telah beralih fungsi menjadi Museum Sejarah dan Etnografi. Tak hanya dua bangunan itu, di kawasan Red Square juga terdapat Victoria Fountain di depan gereja, Menara Jam Tan Beng Swee, dan miniatur kincir angin khas Belanda.

Anda bisa mengelilingi kawasan Red Square dengan berjalan kaki atau naik becak hias yang tersedia di sana. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di tempat ini agar liburan Anda semakin berkesan.

2. Melihat Melaka dari Ketinggian di Menara Taming Sari

Dari atas Menara Taming Sari, Anda bisa mengamati seluruh keindahan Melaka sekaligus area laut di sebelahnya. Dengan wahana gyro tower, Anda bisa sampai di puncak menara 24 lantai ini. Di bagian bawah menara setinggi 110 meter ini, ada berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba. Misalnya, menaiki kuda poni, wahana karnaval, dan mobil listrik.

Menara Taming Sari berlokasi di Bandar Hilir dan buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 11 malam waktu setempat. Waktu terbaik untuk mengunjungi menara ini adalah sore hari, karena Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di Melaka.

3. Menyusuri Sungai Melaka

beautiful view building malacca architecture 1122 1641 - Lakukan 6 Hal Seru Ini Saat Berkunjung ke Melaka Malaysia

Ketika berkunjung ke Melaka Malaysia, tempat menarik yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Sungai Melaka. Anda bisa mengikuti Melaka River Cruise untuk menyusuri sungai ini. Melaka River Cruise akan membawa Anda melintasi bangunan-bangunan bersejarah, gudang-gudang kuno, hutan bakau, gereja, dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari sisi sejarah, Sungai Melaka merupakan pelabuhan utama yang menjadi jalan masuk para pedagang Eropa dan Asia di akhir abad ke-16. Jalur yang cukup panjang membuat Sungai Melaka seringkali dianggap sebagai Venesia dari Timur.

4. Wisata Kuliner di Jonker Street

Jonker Street merupakan salah satu jalan yang sebenarnya bernama Jalan Hang Jebat. Kawasan ini dikenal sebagai surga makanan di Melaka. Lokasinya berada tidak jauh dari Red Square dan pusat kota Melaka. Di jalan ini terdapat puluhan kedai yang menjual berbagai macam makanan. Anda bisa mencicipi kuliner multietnis seperti sago gula melaka, satay, nasi lemak, nasi ayam, rojak, laksa, tandoori, dan masih banyak lagi. Harga makanan yang dijual di kawasan ini terjangkau. Jadi, jangan khawatir, di tempat ini Anda tetap bisa kenyang tanpa harus menguras kantong.

5. Beribadah di Masjid Selat Melaka

malacca islam mosque is beutiful islam mosque malacca malaysia 73503 621 - Lakukan 6 Hal Seru Ini Saat Berkunjung ke Melaka Malaysia

Bagi Anda yang beragama Islam, beribadah di Masjid Selat Melaka akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Beribadah di Masjid Selat Melaka akan menjadi kepuasan tersendiri. Sebab, Anda akan merasakan pengalaman berbeda yaitu beribadah di masjid terapung. Anda juga bisa melihat perpaduan arsitektur Timur Tengah dan Melayu modern dengan sebuah kubah emas di masjid ini.

Tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, Masjid Selat Melaka juga berfungsi sebagai penanda navigasi laut dan menara setinggi 30 meter yang berada di depannya berfungsi sebagai mercusuar. Suasana masjid ini akan semakin indah menjelang petang. Warna jingga yang menghiasi langit berpadu dengan gemercik air laut akan membuat suasana ibadah semakin tenang dan syahdu.

6. Wisata Belanja di Jonker Night Market

Pada akhir pekan, tepatnya hari Jumat malam dan Sabtu malam, Jonker Street akan berubah wujud menjadi pasar malam (night market). Tidak hanya menjual makanan, pada hari tersebut tempat ini juga menjual aneka suvenir yang dapat Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di Indonesia. Mulai dari kaos, gantungan kunci, sandal, tas, hingga aksesoris barang antik bisa Anda temukan di sini.

Harga barang-barang di Jonker Night Market ini cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan Central Market di Kuala Lumpur. Anda juga bisa menawar harga di tempat ini. Bahkan, harga barang yang dijual di sini semakin malam akan semakin murah.

Baca Juga: Oleh-oleh Malaysia: Berikut Rekomendasinya untuk Anda

Demikian uraian mengenai hal-hal seru yang bisa Anda lakukan saat berwisata di Melaka Malaysia. Rekomendasi aktivitas wisata di atas akan membantu Anda menyusun rencana liburan dan memudahkan Anda mengatur keuangan selama berada di sana. Pastikan selama berada di Malaysia transaksi dan pembayaran ke Indonesia tetap berjalan dengan lancar. Keuangan selama liburan bisa Anda kelola dengan baik menggunakan aplikasi Qelola. Layanan keuangan Qelola menyediakan fitur transfer uang dan multi-billing payment untuk segala pembayaran berbagai kebutuhan. Ayo, segera unduh aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga!

Tags: , , , , , ,