Universitas Teknologi Malaysia: Profil, Jurusan, & Akomodasi

Universitas Teknologi Malaysia

Kuliah di luar negeri merupakan kesempatan yang tidak dimiliki oleh setiap orang. Hal ini karena masih banyak orang yang menganggap bahwa kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang lebih besar. Padahal siapapun bisa kuliah di luar negeri secara gratis jika dia tekun dan mempraktekkan tips dan triknya. Salah satu negara yang banyak dituju pelajar Indonesia adalah Malaysia. Malaysia memiliki banyak kampus atau universitas yang membuka kelas bagi mahasiswa dari luar negeri, tak terkecuali Indonesia. Salah satu kampus tersebut adalah Universitas Teknologi Malaysia. Kampus ini cocok bagi Anda yang ingin kuliah di bidang sains dan teknologi. Jika Anda baru kali ini mengetahuinya, berikut adalah profil singkat dari Universitas Teknologi Malaysia serta akomodasi terdekat di sekitarnya.

1.  Profil Singkat Universitas Teknologi Malaysia

Universitas Teknologi Malaysia (UTM) merupakan universitas negeri di daerah perkotaan yang mengedepankan inovasi. Bagi Anda yang minat dengan pembuatan dan pengembangan teknologi, kampus ini jawabannya. Dengan kapasitas hingga 10.000 mahasiswa, kampus ini juga menerima mahasiswa dari luar Malaysia. Terbukti jumlah murid internasional universitas ini mencapai 10% dari keseluruhan mahasiswa. Karena letaknya yang dekat dengan perkotaan, sehingga kampus ini dapat diakses dengan mudah. Kampus utama berlokasi di Johor Bahru dekat dengan Bandara Internasional Senai, sedangkan kampus cabang di Kuala Lumpur dekat dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur. Untuk lokasi tepatnya, kampus utama beralamat di Sultan Ibrahim Chancellery Building, Jalan Imam, 81310 Skudai, Johor, Malaysia. Sedangkan kampus cabang beralamat di Jalan Sultan Yahya Petra, Kampung Datuk Keramat, 54100 Kuala Lumpur, Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca Juga: Ingin Kuliah di Universiti Putra Malaysia? Simak Info Ini

2.  Jurusan yang Ditawarkan

business 1868015 960 720 - Universitas Teknologi Malaysia: Profil, Jurusan, & Akomodasi

Jurusan yang ditawarkan UTM tentu dapat diperkirakan bahwa mayoritas merupakan jurusan yang berkaitan dengan teknologi. Meskipun begitu, UTM juga memiliki jurusan lain yang tidak berkaitan dengan teknologi. Beberapa diantaranya adalah jurusan pendidikan islam, pendidikan matematika, akuntansi, manajemen, dan sebagainya. Sehingga dapat dikatakan bahwa kampus ini juga terbuka pada ilmu terapan lain.

Sedangkan jurusan teknologi yang banyak digemari adalah jurusan-jurusan dari fakultas teknik lingkungan, teknik sipil, teknik komputer, teknik elektro, dan masih banyak lagi lainnya. Begitu beragamnya jurusan yang ditawarkan, Anda dapat memilih salah satu dari berbagai bidang ilmu tersebut yang terbagi dalam 13 fakultas. UTM juga menyediakan program sarjana dan pascasarjana sebagaimana kampus negeri lainnya.

3.  Akomodasi Terdekat

kamar airbnb - Universitas Teknologi Malaysia: Profil, Jurusan, & Akomodasi

Untuk urusan akomodasi, UTM memberikan pelayanan yang tidak tanggung-tanggung. Tempat tinggal bagi mahasiswa di kampus cabang Kuala Lumpur saja dapat menampung hingga 2.500 mahasiswa, baik sarjana maupun pascasarjana. Fasilitasnya pun cukup lengkap, baik fasilitas pada setiap kamar maupun fasilitas bersama, seperti kantin, ruang serbaguna, WiFi, mushola, dan sebagainya.

Kemudian untuk hunian di kampus utama Johor Bahru, kampus menyediakan 10 pilihan tempat tinggal yang dapat ditinggali hingga maksimal 14.000 mahasiswa. Anda dapat memilih kamar yang digunakan sendiri (single) atau kamar yang dapat digunakan bersama (sharing). Bahkan ada juga kamar yang dapat disewa untuk keluarga jika memang dibutuhkan.

Selain kedua pilihan di atas, masih ada 1 pilihan tempat tinggal lagi yang patut dipertimbangkan. Apalagi jika biaya hidup Anda lebih dari cukup. Tempat tersebut adalah Business Advanced Technology Centre (BATC) dengan 40 kamar ber-AC yang semua lokasinya ada di dalam kampus. Sehingga harga sewanya pun memang sedikit lebih tinggi dibanding akomodasi jenis lainnya.

Jika Anda kesulitan menyewa berbagai kamar di atas, masih banyak alternatif akomodasi di luar kampus UTM yang bisa dicoba. Jaraknya dengan kampus UTM mungkin akan butuh beberapa menit perjalanan dengan sepeda, namun harga sewanya bisa lebih murah dibanding dengan kamar sewa di lingkungan dekat kampus atau di dalam kampus. Dengan demikian, urusan akomodasi bagi Anda yang akan kuliah di Universitas Teknologi Malaysia bukanlah masalah lagi karena begitu banyaknya pilihan yang dapat diambil.

Setelah melihat deskripsi di atas, apakah Anda tertarik mengenyam pendidikan di Universitas Teknologi Malaysia? Jika iya, persiapkan diri Anda mulai dari sekarang. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang jalur yang bisa Anda akses untuk kuliah di universitas ini. Kemudian pelajari juga kondisi sosial budaya di Malaysia agar Anda tidak kesulitan beradaptasi nantinya.

Persiapan yang tak kalah pentingnya adalah merencanakan keuangan Anda selama tinggal di Malaysia. Biasanya Anda akan mendapat kiriman uang dari orang tua atau pemberi beasiswa di Indonesia. Tahukah Anda bahwa ada aplikasi keuangan yang mampu membantu Anda mengelola uang dengan mudah dan memiliki biaya transfer yang murah? Jika belum, aplikasi keuangan tersebut adalah Qelola. Dengan berbagai fitur menariknya, Qelola juga memungkinkan Anda menerima saldo Qelola dari Indonesia dengan lebih mudah. Pelajari penggunaannya dari sekarang dengan download Qelola disini, kemudian rasakan langsung manfaatnya.

Tags: , , , ,