Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

Untitled design229 - Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

Negara Malaysia, ketika membahas mengenai TKI dan hubungan bilateral selalu menjadi negara pertama yang muncul di benak banyak orang. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia sudah terjalin sangat lama. Kerja sama yang dilakukan juga dapat dikatakan meliputi berbagai aspek, dari ekonomi, politik, dan lain sebagainya.

Malaysia dan Indonesia sebenarnya memiliki banyak kesamaan, mulai dari rumpun bangsa, budaya yang cukup mirip, area yang berhimpitan, hingga zona waktu yang juga sama. Ini juga yang menyebabkan hubungan antara negara Malaysia dan Indonesia menjadi sangat erat. Terlebih jika berkaitan dengan kerja sama dalam bidang ekonomi seperti bidang ketenagakerjaan, khususnya terkait TKI.

Namun demikian, masih banyak kesalahpahaman yang terjadi di masyarakat Indonesia mengenai Malaysia. Nah untuk membantu Anda semua sedikit lebih memahami negara Malaysia ini, Anda bisa menyimak poin-poin singkat di bawah ini.

‘Kerabat Dekat’ Indonesia

Untitled design225 - Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

Tak hanya karena lokasinya yang berdekatan dengan Indonesia, negara Malaysia nyatanya juga memiliki kedekatan secara sejarah dengan Indonesia. Dahulu pada masa kerajaan kuno, wilayah Malaysia masuk dalam wilayah kekuasaan salah satu kerajaan di Indonesia, dan menjadi lokasi persebaran bangsa melayu yang berasal dari tanah Indonesia.

Hal ini menyebabkan kesamaan akar bangsa antara Indonesia dan Malaysia, yakni sama-sama berasal dari nenek moyang bangsa Melayu. Seiring berkembangnya zaman, pendatang turut meramaikan negara Malaysia dan membuat komposisi penduduknya kian beragam dan meningkatkan keragaman budaya juga.

Batas Negara Malaysia

Untitled design226 - Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

Karena wilayah Malaysia terbagi dalam dua area besar, maka batas negara yang dimilikinya juga menjadi lebih banyak. Untuk Malaysia bagian barat, batas wilayah negaranya adalah:

  • Sebelah barat berbatasan dengan Thailand.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Singapura dan Indonesia (pulau Bintan dan Batam).
  • Sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Untuk Malaysia bagian timur, batas negaranya adalah:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Indonesia.

Ekonomi Negeri Jiran

Untitled design227 - Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

Jika dilihat dari sumber pendapatannya, sebenarnya Malaysia banyak menggantungkan pendapatan negara dari sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, perdagangan, serta industri. Barang yang diekspor oleh Malaysia sendiri berupa bahan-bahan mentah, untuk kemudian diolah kembali oleh negara yang bekerja sama dengannya.

Berbicara mengenai sektor ekonomi, negeri Jiran ini juga masih menjadi tujuan TKI untuk mencari pekerjaan. Lapangan kerja yang tersedia cukup luas, dan kecocokan kebutuhan tenaga kerja dengan suplai yang bisa disediakan oleh Indonesia, membuat angka TKI yang bekerja di negara ini terus meningkat.

Meski dahulu TKI identik dengan pekerjaan domestik, namun pada kenyataannya tenaga kerja yang berasal dari Indonesia kini sudah merambah ke industri lain yang semakin meningkat kualitasnya. Baik dalam sektor perkantoran, industri sawit, dan berbagai industri lain, yang dapat berarti kualitas TKI yang dikirimkan ke Malaysia semakin hari semakin meningkat. Tentu saja, hal ini disertai dengan peningkatan standar upah yang diterima.

Berbentuk Federasi Kerajaan

Untitled design228 - Negeri Jiran Si ‘Saudara Dekat’ Indonesia, Negara Malaysia

Negara Malaysia sendiri merupakan negara yang berbentuk federasi kerajaan. Kepala negaranya dikenal dengan sebutan Yang Dipertuan Agung, dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Malaysia mendapatkan kemerdekaan dari Kerajaan Inggris pada tahun 1957, dan masih menjalin hubungan yang amat baik dengan Inggris hingga sekarang.

Hal ini juga yang menyebabkan bahasa Inggis banyak digunakan di Malaysia. Meski bahasa utama yang digunakan adalah bahasa Melayu, namun banyak sekali dipengaruhi oleh bahasa Inggris. Karena jumlah penduduk keturunan Tiongkok juga cukup banyak, maka bahasa Cina juga turut menjadi bahasa yang awam digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi tenang, ketika Anda akan berangkat menjadi TKI di negara ini, Anda hanya wajib bisa berbahasa Melayu saja. Bahasa ini jadi salah satu syarat agar Anda bisa mendapatkan pekerjaan di Malaysia. Karena cukup mirip dengan bahasa Indonesia, maka biasanya warga negara Indonesia yang belajar bahasa Melayu bisa dengan cepat menguasainya.

Baca Juga: Kenali Apa Saja Fakta Menarik Seputar Batu Caves Malaysia

Hubungan antara kedua negara, Indonesia dan Malaysia, memang tidak sepenuhnya selalu berupa kabar baik. Ada kalanya kedua negara mengalami masalah, namun segera dapat diselesaikan dengan baik tanpa harus merugikan berbagai pihak. Dinamika hubungan kedua negara ini yang terus dapat menjaga hangatnya jalinan persaudaraan antara negara di ASEAN ini.

Negara Malaysia, hingga saat ini dan mungkin sampai masa yang akan datang, akan menjadi negara tujuan TKI yang sangat potensial. Selain karena kemudahan adaptasi yang didukung kemiripan budaya, jumlah lapangan kerja serta tingginya gaji yang ditawarkan selalu jadi faktor penarik. Nah, setelah Anda bekerja di Malaysia nanti, jangan lupa untuk menggunakan layanan pengiriman uang atau remitansi yang handal, seperti Qelola. Dengan fitur transfer real-time serta biaya administrasi yang sangat rendah, Anda bisa mengirimkan uang kapan saja dan langsung diterima oleh keluarga di Indonesia. Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini, dan segera menggunakan setiap fiturnya dengan maksimal!

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,