Info Penting TKI: Jangan Remehkan Surat Pengalaman Kerja

surat paklaring

Memasuki dunia kerja Anda pasti berpikir bagaimana caranya membuat surat lamaran kerja yang benar dan menarik perusahaan ya? Hal itu sama pentingnya dengan surat pengalaman kerja dari perusahaan setelah Anda resign nanti. Namun sayangnya, banyak dari Anda yang tidak peduli dengan surat pengalaman kerja. Padahal, surat yang satu ini punya segudang manfaat yang mungkin tidak pernah Anda ketahui sebelumnya. Nah, mumpung belum terlanjur nih, jangan lupa untuk meminta surat pengalaman kerja saat memutuskan berhenti kerja atau resign kelak ya!

Apa Itu Surat Pengalaman Kerja?

surat 1 - Info Penting TKI: Jangan Remehkan Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja adalah secarik kertas yang dibuat oleh suatu perusahaan yang berisi penjelasan bahwa Anda pernah bekerja di perusahaan tersebut selama jangka waktu tertentu. Surat pengalaman ini biasanya akan diberikan kepada karyawan perusahaan yang punya catatan baik/prestasi selama bekerja. Dengan kata lain surat ini dikeluarkan bagi Anda yang punya kinerja baik atau punya peran penting dalam memajukan perusahaan. Namun dengan catatan setidaknya Anda sudah bekerja di perusahaan tersebut selama 1 tahun. Nah, surat pengalaman  ini sangat berguna saat Anda melamar ke perusahaan yang baru. Melalui surat ini, pihak HRD atau perusahaan baru akan lebih yakin dengan kinerja Anda karena ada bukti terlampir.

Apa Istimewanya Surat Pengalaman Kerja?

paklaring 2 - Info Penting TKI: Jangan Remehkan Surat Pengalaman Kerja

Ternyata surat pengalaman kerja ini juga istimewa lho! Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengantongi surat pengalaman ini setelah resign dari perusahaan. Ingin tahu apa saja keutamaannya? Simak infonya berikut ini.

  • Bukti Pengalaman Kerja yang Formal

Saat Anda melamar pekerjaan di perusahaan yang baru, dalam CV yang Anda tulis pasti menyertakan pengalaman kerja sebelumnya. Saat sesi wawancara pun nantinya pengalaman kerja Anda di masa-masa sebelumnya pasti akan ditanyakan oleh pihak pewawancara. Namun, pengalaman kerja Anda mungkin akan diragukan bagi sebagian pihak HRD karena tidak adanya bukti yang kuat. 

Jika Anda melampirkan surat pengalaman kerja, tentu yang terjadi justru sebaliknya. Perusahaan tujuan yang membaca surat lamaran Anda akan benar-benar percaya karena disitu Anda menyertakan bukti dokumen resmi yang menerangkan pengalaman Anda. Bahkan surat ini bisa jadi penentu diterimanya Anda di perusahaan yang baru, jadi jangan remehkan ya!

  • Bentuk Penghargaan dari Perusahaan untuk Karyawan

Surat pengalaman kerja juga bisa diartikan sebagai bentuk penghargaan perusahaan atas jasa-jasa karyawannya. Perusahaan dalam hal ini mengakui bahwa karyawan yang bersangkutan telah menunjukan kinerja yang baik dan memberikan keuntungan pada perusahaan. Perusahaan tentu enggan memberikan surat pengalaman kerja kepada karyawan yang punya riwayat buruk selama bekerja. 

Jadi pastikan Anda bekerja dengan benar serta menjalin komunikasi yang baik dengan perusahaan tempat Anda bekerja. Tinggalkan kesan yang positif sebelum berniat meninggalkan perusahaan yang sudah Anda naungi selama ini maka jalan Anda pun akan mudah kedepannya. 

  • Klaim Jaminan Sosial/BPJS Ketenagakerjaan

Surat pengalaman kerja juga sangat penting untuk klaim BPJS Ketenagakerjaan Anda lho. Jadi setelah anda keluar dari perusahaan tempat Anda bekerja bisa langsung mengajukan pencairan jaminan sosial di kantor BPJS Ketenagakerjaan. Bukan main kan pentingnya surat pengalaman kerja ini. Tentu surat ini akan sedikit membantu finansial keuangan Anda. Namun, untuk Anda yang belum memiliki surat ini jangan berkecil hati. Pencairan klaim BPJS Ketenagakerjaan tetap bisa Anda lakukan dengan mendatangi kantor tempat bekerja Anda sebelumnya untuk meminta surat paklaring. Namun, pastikan Anda tidak punya riwayat negatif pada perusahaan ya!

Itu tadi beberapa keistimewaan yang dimiliki surat pengalaman kerja. Secarik kertas berisi pengalaman kerja ini ternyata sangat bermanfaat bagi karir di masa depan dan finansial Anda. Nah, berbicara tentang finansial Anda juga harus tahu aplikasi finansial terbaik yang patut untuk dimiliki. Aplikasi yang dimaksud adalah aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola hadir untuk membantu dalam mengelola keuangan bulanan Anda. Aplikasi Qelola menawarkan beberapa produk yang diantaranya adalah:

  • Transfer Domestik dan Internasional Lebih Cepat dan Mudah

Qelola menjamin transaksi keuangan Anda seperti transfer uang bisa dilakukan baik di Indonesia maupun antar negara (dalam hal ini negara Malaysia dan Indonesia). Proses pengiriman uang sendiri juga lebih cepat dan lebih mudah karena mengandalkan teknologi di ponsel. Qelola juga bekerjasama dengan mitra perusahaan terpercaya dalam menyediakan saluran untuk transfer internasional.

  • Menawarkan Produk Keuangan

Selain aplikasi keuangan, Qelola juga merupakan alat untuk manajemen keuangan. Sehingga, aplikasi ini juga menawarkan berbagai produk keuangan dari lembaga keuangan terkenal dan terpercaya. Produk keuangan ini meliputi tabungan, deposito, reksa dana, dan lain-lain.

  • Pengelola Dana Terbaik

Gunakan aplikasi Qelola karena aplikasi ini akan memandu Anda dalam melakukan perencanaan keuangan. Jadi uang atau dana yang Anda miliki nantinya dapat dipakai sesuai kebutuhan Anda baik pengeluaran, tabungan, dan investasi.

  • Satu Aplikasi untuk Berbagai Pembayaran Tagihan

Dalam aplikasi Qelola, selain transfer uang dan produk keuangan juga bisa dipakai untuk melunasi berbagai tagihan yang ada di Indonesia. Qelola dilengkapi dengan fitur pembayaran tagihan seperti listrik, air, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel di tanah air yang bisa Anda bayarkan saat berada di Malaysia. Jadi, satu aplikasi ini bisa untuk bayar berbagai tagihan langsung di ponsel dari mana saja dan kapan saja.

qelola app 1 2 700x342 - Info Penting TKI: Jangan Remehkan Surat Pengalaman Kerja

Itu tadi informasi tentang aplikasi finansial online terbaik yang bisa Anda coba untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Selain surat pengalaman kerja, penting bagi Anda untuk mengunduh aplikasi ini di ponsel pribadi. Informasi lain mengenai aplikasi ini bisa Anda dapatkan pada halaman website resmi Qelola. Jangan lupa download aplikasinya di sini ya!

 

Tags: , , ,