Tahukan Anda 4 Fakta Unik Nasi Lemak Malaysia Ini?

Nasi Lemak Malaysia

Wisata kuliner, menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan kemanapun Anda bepergian. Selain menawarkan pengalaman sajian baru yang unik, wisata kuliner juga dapat membuat Anda sedikit mencicipi budaya dari suatu negara. Nah, jika Anda berkunjung ke Malaysia, tentu ada yang tidak boleh dilewatkan bukan? Benar, nasi lemak Malaysia.

Nasi lemak merupakan salah satu makanan khas yang dapat dipastikan selalu ada dalam daftar itinerary setiap pelancong yang mendatangi negara ini. Mengapa demikian? Karena nasi lemak Malaysia memiliki cita rasa yang khas dan tidak dapat ditemui di negara lain. Meski memang, varian nasi lemak bisa ditemui di berbagai tempat, namun yang benar-benar memiliki rasa otentik adalah yang berada di Malaysia.

Ternyata, nasi lemak Malaysia juga memiliki fakta-fakta unik yang membuatnya semakin khas lho. Apa saja faktanya? Cek 4 poin berikut ini!

Baca Juga: Agenda Wisata di Pulau Penang, Itinerary Berikut Akan Membantu

Adaptasi dengan Lingkungan

Untitled design143 - Tahukan Anda 4 Fakta Unik Nasi Lemak Malaysia Ini?

Terdengar seperti kemampuan dari makhluk hidup ya? Namun faktanya, nasi lemak sendiri memiliki berbagai varian dan cita rasa unik yang dapat ditemui di berbagai lokasi. Memang nasi lemak merupakan makanan khas Malaysia, namun ketika nasi lemak dijual di tempat lain, maka akan ada sentuhan otentik lokasi yang membuatnya dapat dinikmati secara luas.

Misalnya saja ketika nasi lemak dimasak oleh orang India atau keturunannya, maka nasi lemak Malaysia akan disandingkan dengan kari sebagai campuran utama. Lalu di Riau, nasi lemak diadaptasi dan disajikan bersama dengan olahan makanan laut. Bahkan di Medan, nasi lemak disandingkan dengan lontong Medan, makanan yang menjadi kuliner khas Medan.

Belakangan ditemui juga di negara Singapura, bahwa nasi lemak menjadi salah satu varian rasa di restoran cepat saji yang cukup ternama. Ini menandakan popularitas nasi lemak sudah go international dan dapat diterima oleh lidah sebagian besar orang yang berada di sekitar negara Malaysia. Cukup hebat ya?

Kok Bisa Namanya Nasi Lemak?

Untitled design142 - Tahukan Anda 4 Fakta Unik Nasi Lemak Malaysia Ini?

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa makanan ini disebut dengan nasi lemak. Apakah dibuat dengan dicampur dengan lemak ayam? Atau lemak sapi?

Sebenarnya nasi lemak sendiri mendapatkan namanya dari proses pembuatannya. Jika nasi biasa hanya direndam dengan air lalu dimasak, nasi lemak direndam di dalam santan terlebih dahulu baru dimasak. Nah, lemak dalam santan ini yang kemudian jadi cikal bakal nama nasi lemak.

Selain itu, makanan lain yang menjadi ‘pendamping’ nasi lemak Malaysia juga biasanya mengandung kaldu atau lemak untuk menambah cita rasa gurih dalam makanan ini. Mulai dari kaldu ayam, seafood, dan berbagai jenis makanan lainnya. Ingat, jangan lupa sayur dan buah setelah konsumsi banyak lemak agar tubuh tetap sehat.

Melakukan ‘Debut’ pada Tahun 1909

Untitled design141 - Tahukan Anda 4 Fakta Unik Nasi Lemak Malaysia Ini?

Kuliner yang menjadi salah satu ciri khas negara Malaysia ini telah didokumentasikan pada tahun 1909 dalam sebuah buku yang berjudul The Circumstances of Malay Life. Buku ini ditulis oleh Sir Richard Olof Winstedt dan memiliki beberapa bagian topik. The Circumstances of Malay Life sendiri merupakan bagian kedua dari buku tersebut.

Dalam bukunya, Sir R.O. Winstedt menyebutkan bahwa nasi lemak adalah kuliner khas Malaysia yang sudah menjadi bagian dari kultur Malaysia secara umum. Jadi, tidak heran jika ketika mendengar nama makanannya, ingatan orang-orang akan secara otomatis mengarah pada negeri Jiran yang menjadi tetangga Indonesia.

Makanan Tersehat Internasional Tahun 2016

Untitled design140 - Tahukan Anda 4 Fakta Unik Nasi Lemak Malaysia Ini?

Cukup aneh bukan? Namanya saja nasi lemak, tapi bisa masuk dalam daftar 10 makanan tersehat secara internasional tahun 2016. Padahal satu porsi nasi lemak Malaysia memiliki kandungan kalori antara 800 hingga 1000 kalori. Bagaimana bisa?

Ternyata makanan sehat ini didapat karena menu pendamping atau lauk dari makanan ini. Kelengkapan lauk dan makanan pendamping lain yang disajikan bersama dinilai memiliki porsi protein dan karbohidrat yang seimbang sehingga menjadikannya makanan yang cukup sehat.

Disamping itu, karena nasi lemak juga identik disajikan dengan sambal, maka konsumsi nasi lemak juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh secara keseluruhan. Jadi tidak aneh jika menu ini masuk ke dalam makanan tersehat di dunia.

Setelah mengetahui fakta unik nasi lemak Malaysia di atas, tentu Anda semakin ingin segera mencicipinya bukan? Pastikan setiap urusan rumah sudah beres ketika Anda berangkat ke Malaysia untuk menyantap hidangan lezat ini ya. Jangan sampai waktu liburan terganggu dengan urusan rumah seperti membayar tagihan listrik, PDAM, atau BPJS.

Nasi lemak Malaysia memang menawarkan rasa yang sangat menggoda. Agar waktu liburan Anda tidak terganggu dengan urusan pembayaran tagihan, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola. Layanan Qelola tak hanya bisa membantu dalam pengiriman uang, namun juga pembayaran tagihan listrik, PDAM, BPJS, jadi liburan Anda akan semakin menyenangkan karena urusan tersebut dapat dilakukan dalam hitungan menit saja. Unduh aplikasinya di sini, dan have a good vacation time!

 

 

 

Tags: , , , , , , , ,