5 Cara Nikmati Liburan Murah ke Malaysia ala Backpacker

liburan ke malaysia

Travelling ke mancanegara sekarang sudah jadi gaya hidup siapa saja, termasuk orang-orang Indonesia. Jalan-jalan ke luar negeri kini tak lagi jadi rutinitas kalangan atas saja, Anda pun bisa mewujudkannya. Mengunjungi Malaysia misalnya, bisa jadi alternatif bagi Anda untuk merasakan liburan murah yang ramah di kantong. Letaknya yang dekat dengan Indonesia serta banyaknya penerbangan langsung menuju ke sana membuat negeri Jiran ini jadi langganan para backpacker di Indonesia. Apalagi untuk Anda yang gemar belanja, Malaysia adalah surganya belanja murah. Bagi Anda yang masih ragu untuk jalan-jalan ke Malaysia, simak panduan liburan murah ke Malaysia berikut ini.

Panduan Liburan Murah ke Malaysia yang Hemat dan Ramah di Kantong

  • Beli Tiket Pesawat Jauh-jauh Hari Sebelumnya

liburan murah 1 - 5 Cara Nikmati Liburan Murah ke Malaysia ala Backpacker

Pesawat terbang adalah cara tercepat untuk Anda sampai ke Malaysia. Apalagi sekarang banyak maskapai yang menawarkan jalur penerbangan langsung ke negeri Melayu ini. Nah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat membeli tiket pesawat ke Malaysia. Pertama, manfaatkan tiket promo yang sering ditawarkan beberapa maskapai penerbangan di tanah air. Untuk mengetahuinya Anda harus rajin memantau di situs resmi maskapai atau simak tips mencari tiket pesawat promo murah di sini. 

Jika Anda ketinggalan atau kehabisan tiket promo maka belilah tiket pesawat jauh-jauh hari sebelum berangkat. Paling tidak tiket pesawat ini harus Anda dapatkan dua minggu sebelum keberangkatan tiba. Kedua, belilah tiket pulang pergi secara langsung. Saat Anda berkunjung ke luar negeri, bagian imigrasi biasanya akan menanyakan tiket pesawat pulang Anda. Walaupun bagian imigrasi di Malaysia jarang menanyakan tiket pesawat pulang, namun tidak ada salahnya untuk tetap beli tiket pesawat pulang pergi. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali pergi ke negeri orang, akan lebih aman jika sekalian membeli tiket pesawat pulang pergi.

  • Buatlah Rencana Perjalanan/Itinerary

liburan murah 2 - 5 Cara Nikmati Liburan Murah ke Malaysia ala Backpacker

Malaysia memiliki segudang objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang banyak menarik minat para pelancong adalah Kuala Lumpur. Namun, jangan lewatkan untuk mengunjungi kota lainnya juga seperti Penang dan juga Kuching. Untuk menghindari pengeluaran yang melebihi budget, buatlah rencana perjalanan atau itinerary dulu sebelum berangkat. Anda bisa menelusuri tempat-tempat yang ingin dikunjungi via internet. Prioritaskan tempat-tempat yang mudah dijangkau dan sesuaikan dengan budget Anda. Jika Anda sudah mengantongi tujuan dan daftar mana saja yang ingin dikunjungi, hal ini akan menghemat waktu Anda selama di Malaysia.

  • Memanfaatkan Transportasi Umum Selama di Malaysia

liburan murah 5 - 5 Cara Nikmati Liburan Murah ke Malaysia ala Backpacker

Liburan murah ke Malaysia akan semakin hemat jika Anda menggunakan moda transportasi umum selama berkunjung di sana. Terutama saat singgah di Kuala Lumpur, ada berbagai pilihan transportasi umum berbasis rel dan bus yang bisa menghemat biaya liburan murah Anda. Sebut saja KTM, KL-Monorail, LRT, dan KLIA Ekspres bisa jadi pilihan kendaraan berbasis rel yang patut dicoba. Sedangkan transportasi bus Anda bisa menaiki GO-KL atau Rapid KL. Walaupun transportasi umum namun kebersihannya sangat terjaga serta sudah modern sehingga dijamin membuat Anda tetap nyaman.

  • Pilih Wisata Kuliner yang Low Budget

food stall 1 - 5 Cara Nikmati Liburan Murah ke Malaysia ala Backpacker

Liburan murah ke Malaysia belum lengkap tanpa mencicipi makanan khas yang ada di sana. Namun, untuk menghemat pengeluaran sebaiknya Anda lebih bijak dalam memilih tempat makan untuk berwisata kuliner. Pilihlah jajanan street food atau kedai-kedai di pinggir jalan yang banyak direkomendasikan di internet. Atau Anda bisa juga berkunjung ke restoran yang memasang papan harga sehingga Anda bisa memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. 

Jangan sungkan atau malu untuk menanyakan harga makanan kepada penjual jika rumah makan yang Anda singgahi tidak memasang tarif harganya. Untuk lebih menghemat pengeluaran Anda bisa membawa botol minum sendiri dan mengisi ulang di kran air minum yang tersedia di bandara dan tempat wisata di Malaysia.

  • Gunakan Aplikasi Pembayaran Non Tunai untuk Pembayaran

qelola app 2 - 5 Cara Nikmati Liburan Murah ke Malaysia ala Backpacker

Liburan murah Anda akan lebih lengkap dengan bertransaksi menggunakan aplikasi pembayaran digital. Umumnya, Anda pasti akan menukarkan mata uang ringgit di money changer untuk membeli keperluan selama di Malaysia. Cara lainnya, diantara Anda pasti ada yang memegang kartu debit berlogo mastercard untuk sewaktu-waktu bisa dipakai mengambil uang via ATM di Malaysia. Namun, biasanya Anda akan dikenakan biaya tarik tunai/biaya administrasi jika menarik uang dari ATM di sana. Sekarang ada solusi baru bagi Anda untuk melakukan tarik tunai atau pembayaran secara non tunai di Malaysia, yaitu dengan memakai aplikasi Qelola. 

Dengan aplikasi Qelola, Anda hanya perlu men-download aplikasinya melalui ponsel. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan/pembayaran digital yang akan membantu Anda dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran selama di Malaysia. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki fitur menarik lainnya seperti transfer uang dan bayar-bayar tagihan ke Indonesia. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari Hp. Jangan khawatir dengan biaya transaksinya, karena Anda hanya akan dikenakan 1 ringgit Malaysia saja per transaksi. Bagaimana menarik bukan? Lengkapi liburan murah Anda dengan aplikasi Qelola, download aplikasinya di sini ya!

Tags: , , ,