Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

transportasi di kuala lumpur

Informasi terkait transportasi darat wajib Anda cari ketika sedang berada di Kuala Lumpur, Malaysia untuk berwisata bersama orang-orang terdekat. Transportasi merupakan hal utama yang menunjang mobilitas wisatawan dari destinasi satu ke destinasi yang lain. Sistem transportasi di negara Malaysia secara garis besar dibedakan menjadi dua, yaitu transportasi berbasis rel dan bus. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai transportasi di Kuala Lumpur.

Moda Transportasi Berbasis Rel atau Kereta

Ulasan pertama ada moda transportasi berbasis rel atau kereta. Terdapat beberapa pilihan kereta yang dapat wisatawan gunakan untuk menjelajahi seluruh wilayah Kuala Lumpur. Moda transportasi ini sudah terintegrasi menjadi satu, yang dikenal sebagai Klang Valley Integrated Rail Transit. Moda transportasi berbasis rel terdiri dari LRT (Light Rapid Transit), KL Monorail, KTM Komuter, KLIA Ekspres atau KLIA Transit, dan MRT (Mass Rapid Transit). Cari tahu yuk perbedaan dari kelima moda transportasi kereta mulai dari rute, harga, dan cara menggunakannya.

1. KL Monorail

Untitled design 12 - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Sumber : en.wikipedia.org

Transportasi ini hanya memiliki 1 jalur yang menghubungkan KL Sentral dengan Titiwangsa. KL Monorail memiliki bangku penumpang yang ditata saling membelakangi dan terbilang cukup nyaman. Tiket KL Monorail dapat Anda peroleh di vending machine yang ada di stasiun-stasiun. Transportasi di Kuala Lumpur ini memiliki tiket yang terintegrasi dengan LRT di Stasiun Hang Tuah. Jadi Anda hanya perlu 1 tiket saja jika akan disambung dengan LRT di Stasiun Hang Tuah.

2. LRT (Light Rapid Transit)

25hm18pp 1538311636 - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Sumber : assets.nst.com

LRT memiliki kapasitas penumpang dan jalur yang lebih banyak dibandingkan dengan monorail. Light Rapid Transit memiliki 2 jalur, yaitu Ampang atau Sri Petaling dan Kelana Jaya. Jalur Ampang atau Sri Petaling ada yang terletak di tanah dan ada pula yang melayang. Sedangkan jalur Kelana Jaya hanya terletak di bawah tanah (underground). LRT memiliki 4 gerbong yang selalu ramai dipadati oleh penumpang. Stasiun LRT memiliki tempat duduk yang tertata rapi dan saling berhadapan. 

Jalur LRT dan KL Monorail saat ini sudah saling terintegrasi yang semakin mempermudah mobilisasi penumpang. Tidak perlu bingung, tiket LRT bisa didapatkan di vending machine. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan token sekali jalan atau kartu Touch n Go (TnG) yang merupakan dompet elektronik. 

3. Keretapi Tanah Melayu (KTM) Komuter

ktm komuter train 100 t - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Sumber : klia2.info

KTM Komuter adalah moda transportasi kereta jarak dekat dan kereta antar kota. Jika Anda ingin mengunjungi Batu Caves, salah satu wisata terkenal di Malaysia, Anda bisa menggunakan KTM Komuter. Sayangnya, KTM Komuter tidak terintegrasi dengan KL Monorail maupun LRT. Harga tiketnya sangat terjangkau, namun tetap dengan fasilitas dan pelayanan yang sangat baik. Tiket dijual sendiri dan bisa didapatkan di vending machine atau operator kereta api setempat. 

4. KLIA Express/KLIA Transit

KLIAEkspres 1422 1024x683 - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Sumber : eeconomytraveller.com

Jenis kereta ini melayani rute dari dan menuju bandara KLIA dan KLIA2. Fasilitas kereta ini cukup lengkap dan nyaman dilengkapi interior modern, seperti kursi empuk, AC, dan WiFi. Perbedaan antara KLIA Express dan KLIA Transit terletak pada harga tiketnya. Tiket KLIA Express per orangnya adalah sebesar RM55. Sementara harga tiket KLIA Transit ditentukan oleh jarak antara stasiun tujuan atau pemberangkatan dengan bandara.

5. MRT (Mass Rapid Transit)

Untitled design 13 - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Moda transportasi di Kuala Lumpur ini paling terbaru beroperasi sekitar akhir tahun 2016. Dibanding dengan transportasi lain, MRT merupakan kereta dengan rangkaian terpanjang dengan kapasitas penumpang terbanyak. Di Kuala Lumpur, MRT memiliki 1 jalur yang dikenal dengan MRT Sungai Buloh-Kajang atau MRT SBK. Kereta ini dapat Anda gunakan jika ingin mengunjungi Pasar Seni atau Bukit Bintang. Tiket MRT dapat diperoleh dengan mudah di vending machine. Berbeda dengan tiket KL Monorail dan LRT, mesin tiket di MRT akan mengeluarkan token saat memasuki entry gate dan harus dimasukkan ke exit gate saat sampai di stasiun tujuan.

Moda Transportasi Berbasis Bus

Pembahasan kedua mengenai moda transportasi berbasis rel di Kuala Lumpur. Pilihan yang dapat Anda gunakan adalah GO-KL dan Rapid KL. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dan layak digunakan untuk berkeliling Kuala Lumpur.

1. GO-KL

goklbus - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Sumber : victoriahome.co

GO-KL merupakan bus yang dikhususkan untuk para wisatawan dan dapat digunakan secara gratis. Bus ini memiliki 4 jalur yang berbeda, antara lain Green Line, Red Line, Purple Line, dan Blue Line. Karena memiliki fasilitas nyaman dan tentu gratis, bus ini selalu menjadi buruan baik oleh wisatawan asing maupun lokal. 

2. Rapid-KL

Untitled design 11 1 - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Terakhir, Rapid-KL merupakan salah satu transportasi andalan wisatawan untuk berkeliling ibu kota Kuala Lumpur. Ciri khas Rapid-KL adalah berwarna putih dengan variasi warna biru yang menghiasinya. Anda perlu menunggu di halte bus untuk menggunakan bus ini. Meskipun tidak memiliki sistem mass rapid transit, bus ini cukup memonopoli fasilitas transportasi umum di Kuala Lumpur. Sehingga transportasi ini cukup membantu Anda berkeliling Kuala Lumpur.

Moda Transportasi Darat Lainnya

Selain kedua moda transportasi berbasis rel dan bus di atas, tentu masih ada moda transportasi lainnya yang dapat Anda gunakan ketika hendak berwisata di Malaysia. Pilihan moda transportasi lainnya seperti taksi dan KL Hop on Hop off bisa digunakan untuk menikmati Kuala Lumpur.

1. Taksi

Untitled design 10 - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Taksi menjadi solusi alternatif di kota ini. Di Malaysia terdapat 3 taksi berbeda yang dapat Anda gunakan, yaitu taksi hitam, taksi biru, dan taksi biasa yang berdasarkan kargo. Taksi biru melayani perjalanan ke dalam dan luar kota. Supir taksi juga bisa merangkap sebagai tour guide juga lho! Namun, jenis taksi ini sedikit lebih mahal dari taksi biasa. Taksi hitam khusus untuk mengantar dari Bandara Kuala Lumpur dan taksi biasa yang menggunakan kargo serta paling murah digunakan.

2. KL Hop on Hop off

KLHop OnHop OffSightseeingBusPass(2448Jam) - Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Sumber : klook.com

Moda transportasi ini akan membawa Anda mengunjungi beberapa landmark terbaik di Kuala Lumpur. Terdapat 23 tempat pemberhentian serta lebih dari 40 atraksi yang disajikan. Transportasi ini juga memberikan edukasi berbagai macam hal tentang Malaysia dan Kuala Lumpur pada khususnya mulai sejarah hingga berbagai macam budaya. 

Wah, menarik dan menyenangkan bukan, berwisata menggunakan transportasi di Kuala Lumpur? Semuanya sangat layak digunakan dengan harga terjangkau, mau pilih yang mana? Pilihan tentunya tergantung pada kebutuhan Anda di sana. Tentu biaya liburan telah menjadi salah satu pos pengeluaran yang Anda persiapkan sejak awal. Tentu Anda pasti tak mau dipusingkan dengan berbagai tagihan keluarga di rumah ketika berada di Malaysia. Percayakan layanan Qelola ketika Anda ingin kirim uang dari luar negeri serta melakukan berbagai pembayaran seperti tagihan listrik, air, pendidikan, TV kabel, dan sebagainya. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , , , , , , , , ,