Ketahui Tingkat Pendidikan di Malaysia Bagi Anak Anda

pendidikan di malaysia

Pendidikan menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan, terutama bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. Sehingga tidak heran jika orang tua ingin memilihkan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya. Bahkan ada yang rela menyekolahkan anaknya hingga ke luar negeri. Malaysia menjadi salah satu negara tujuan untuk mengenyam pendidikan lanjutan setelah SMA. Pendidikan di Malaysia memiliki sistem tingkatan yang hampir sama dengan tingkat pendidikan di Indonesia. Sehingga akan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan kurikulum di Indonesia jika memang ingin memindahkan sekolah anak Anda. Meskipun begitu, sistem pendidikan di Malaysia harus Anda cermati jika Anda ingin menyekolahkan anak Anda di sana. Berikut adalah tingkatan pendidikan di Malaysia.

1.  Pendidikan Setara SD – SMP – SMA

Jika Anda tertarik menyekolahkan anak Anda di Malaysia sejak SD, Anda tidak perlu takut anak Anda akan kesulitan mengikuti pelajaran karena tidak bisa menggunakan bahasa lokal atau bahasa Melayu. Karena secara umum negara Malaysia memiliki 2 tipe sekolah, yaitu Sekolah Kebangsaan yang menggunakan bahasa Melayu sebagai pengantar. Serta kedua adalah Sekolah Jenis Kebangsaan yang menggunakan bahasa Inggris, Mandarin, bahkan Tamil sebagai pengantar.

Hampir sama dengan di Indonesia, pendidikan dasar atau Sekolah Dasar (SD) di Malaysia membutuhkan waktu selama 6 tahun. Kemudian murid yang akan naik ke tingkat selanjutnya harus mengikuti ujian UPSR (Ujian Penilaian Sekolah Rendah). Jika telah dinyatakan lulus, dapat meneruskan ke sekolah menengah yang dibagi menjadi 2 tingkatan. Tingkatan pertama adalah Sekolah Menengah Rendah selama 3 tahun yang biasa dikenal juga dengan sebutan Form 1 – 3. Sekolah Menengah Rendah ini setara dengan SMP jika di Indonesia.

Kemudian tingkatan kedua yaitu Sekolah Menengah Atas atau Form 4 – 5 selama 2 tahun. Seperti namanya, SMA di Malaysia dan di Indonesia juga memiliki pembagian program khusus. Bedanya, di Malaysia program khusus ini dibagi menjadi kelas sains, sastra, dan teknikal. SMA di Malaysia memang hanya 2 tahun karena setelah itu, siswa akan mengikuti program tingkat 6.

2.  Program Tingkat Enam (Form 6)

Pada program tingkat 6 ini, pelajar akan di bagi menjadi 2 pilihan program, yaitu sains dan sastra. Setelah itu, mereka akan menjalani pendidikan selama 1 tahun 6 bulan. Kemudian pelajar akan mengikuti Ujian Umum STPM (Sijil Tinggi Persekolahan Malaysia). Ujian akhir inilah yang akan menentukan pelajar tersebut dapat meneruskan tingkat universitas atau tidak.

school 1822678 960 720 - Ketahui Tingkat Pendidikan di Malaysia Bagi Anak Anda

3.  Pra Universitas

Program pra universitas hampir sama dengan program Form 6 di atas. Bedanya, program pra universitas adalah program yang diadakan oleh universitas yang bersangkutan atau biasa dikenal dengan sebutan fondasi (foundation). Sebelum masuk fondasi, pelajar diharuskan mengikuti ujian SPM (Sijil Pelajaran Malaysia) sebagai syarat diterimanya ke dalam fondasi tertentu.

Sebagai contoh, jika Anda ingin masuk ke Universitas Monash Malaysia, maka Anda harus lulus dalam SPM dan dapat ikut program “Monash University Foundation Year” selama 1 tahun. Mata pelajaran yang didapatkan kurang lebih ada 8 hingga 9 mata pelajaran yang berkaitan dengan jurusan yang rencana akan diambil. Setelah menjalani pendidikan selama 1 tahun dengan baik, pelajar tersebut dapat langsung masuk ke universitas pemilik program fondasi tersebut.

4.  Universitas (Program Sarjana Profesional)

Gelar sarjana di Malaysia biasanya membutuhkan waktu 3 hingga 5 tahun. Jika Anda ingin memasukkan anak Anda ke universitas negeri di Malaysia, biasanya perkuliahan disampaikan dengan bahasa Melayu. Sedangkan jika masuk universitas swasta, materi perkuliahan akan disampaikan dalam bahasa Inggris. Dalam 3 – 5 tahun tersebut, mahasiswa harus menyelesaikan 120 kredit, atau jika di Indonesia 120 SKS. Biaya kuliah di Malaysia berkisar antara RM20.000 hingga RM25.000 per tahunnya.

Selain program sarjana standar tersebut, Malaysia juga memiliki program kuliah unik, yaitu twinning programme. Twinning programme memungkinkan anak Anda kuliah di Malaysia namun mendapatkan gelar sarjana dari negara lain seperti Inggris, Australia, Jerman, Amerika, atau Perancis. Lamanya kuliah twinning programme di Malaysia beragam, mulai dari 2 tahun, 3 tahun, bahkan 5 tahun penuh dan tetap bisa mendapatkan gelar sarjana dari universitas luar negeri lainnya. Menarik bukan?

friend 2727307 960 720 - Ketahui Tingkat Pendidikan di Malaysia Bagi Anak Anda

Apakah Anda tertarik menyekolahkan anak Anda karena menyukai sistem pendidikan di Malaysia? Jika iya, maka pastikan anak Anda juga menginginkan rencana tersebut. Terlebih lagi jika usia mereka sudah masuk usia kuliah, karena bisa jadi jurusan yang rencana akan diambil oleh anak Anda hanya tersedia di beberapa universitas saja di Malaysia.

Nantinya, jika Anda telah berhasil memasukkan anak Anda ke kampus di Malaysia, urusan keuangan menjadi hal paling krusial. Apalagi jika Anda tetap tinggal di Indonesia sedangkan anak Anda di Malaysia. Oleh karena itu, persiapkan dari sekarang Anda akan mengirim uang kuliah dan biaya hidup melalui media apa. Qelola menjadi salah satu aplikasi keuangan yang memiliki berbagai fitur menarik. Terlebih lagi biaya transfer uang antar negaranya yang sangat murah. Coba langsung Qelola dengan download di sini dan nikmati promonya.

Tags: , , , ,