Barang Overload Saat Kuliah ke Luar Negeri? Cek Tipsnya

kuliah luar negeri

Kuliah di luar negeri bagi sebagian orang merupakan sebuah pencapaian, maka tidak heran jika banyak orang yang mendaftar kuliah dengan mencari beasiswa maupun dengan biaya sendiri. Bukan hanya sekedar mendapat pengalaman akademis saja, kuliah ke luar negeri juga dapat menambah pengalaman hidup Anda. Namun tentu saja banyak yang harus dipersiapkan ketika Anda sudah memutuskan untuk kuliah ke luar negeri. jika Anda sudah mempersiapkan apa saja yang akan Anda bawa maka kecemasan Anda pasti bisa berkurang. Lalu apa saja sih barang-barang yang wajib dibawa? Berikut kami rekomendasikan daftar barang-barang yang wajib Anda bawa ketika kuliah ke luar negeri.

Daftar Barang yang Wajib Dibawa untuk Kuliah ke Luar Negeri

  1. Dokumen Penting

Untitled design 17 - Barang Overload Saat Kuliah ke Luar Negeri? Cek Tipsnya

Pastikan Anda tidak lupa untuk membawa dokumen-dokumen penting yang menjadi salah satu persyaratan untuk tinggal dan kuliah ke luar negeri. Beberapa dokumen yang wajib Anda bawa diantaranya adalah:

  • Paspor

Paspor merupakan kartu identitas Anda selama berada di luar negeri yang wajib dibawa. Jangan lupa untuk membawa salinan paspor Anda untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu hilang dan simpan di tas atau tempat yang berbeda.

  • Dokumen Imigrasi

Tergantung di mana Anda akan belajar di luar negeri, Anda mungkin harus membawa dokumen imigrasi tertentu, seperti visa pelajar. Pastikan untuk membawa semua yang Anda butuhkan ketika kuliah ke luar negeri.

  • Dokumen Universitas

Siapkan dokumen-dokumen yang sudah dipersyaratkan oleh universitas seperti ijazah asal sekolah Anda dan beberapa dokumen seperti Letter of Acceptance dari pihak universitas.

  1. Tas

tas bawaan - Barang Overload Saat Kuliah ke Luar Negeri? Cek Tipsnya

Cobalah untuk tidak membawa terlalu banyak barang bawaan ketika kuliah ke luar negeri. Pada umumnya Anda akan mendapat jatah bagasi seberat 30 kg untuk penerbangan ke luar negeri, serta jatah tas yang boleh dibawa ke kabin seberat 7 kg. Tentu saja ketentuan ini bisa berbeda tergantung dari maskapai penerbangan Anda. Pastikan seluruh barang secara umum berada di koper besar yang akan masuk ke bagasi. Sementara itu, pastikan tas yang dibawa ke kabin hanya berisi perangkat elektronik seperti laptop dan dokumen penting seperti paspor dan tiket pesawat. Dengan demikian, membawa satu koper besar dan satu tas ransel saja sudah cukup. 

  1. Perlengkapan Mandi

Bawalah perlengkapan mandi secukupnya. Anda tidak harus mengisi tas Anda dengan peralatan mandi yang dapat Anda beli dengan mudah ketika Anda di luar negeri. Karena dengan begitu Anda akan menghemat ruang di tas Anda.

  1. Obat

obat - Barang Overload Saat Kuliah ke Luar Negeri? Cek Tipsnya

Pastikan Anda membawa obat-obatan yang lengkap sesuai dengan kondisi kesehatan Anda, namun jangan berlebihan. Perlu diketahui bahwa di negara maju, apabila sakit, kita harus membuat janji temu dulu dengan dokter. Anda tidak bisa langsung datang, daftar, lalu diperiksa, kecuali dalam keadaan darurat. Membawa obat-obatan untuk sakit ringan sangat membantu. Beberapa  obat yang paling umum dibawa saat kuliah ke luar negeri adalah obat pusing, obat batuk & pilek, obat masuk angin, dan obat maag.

  1. Pakaian

Pakaian yang harus Anda bawa tergantung di mana Anda akan tinggal serta bagaimana iklim di negara tujuan. Jika Anda akan kuliah di luar negeri dan hendak tinggal di negara yang memiliki empat musim, selain pakaian standar, Anda juga perlu membawa jaket tebal. Pastikan Anda membawa jaket yang berkualitas, yang ada lapisan penghangat di bagian dalamnya, serta jangan lupa untuk membawa sarung tangan, kaos kaki tebal, dan syal.

  1. Sepatu

Bawa sepatu yang menurut Anda paling nyaman. Kami merekomendasikan untuk  tidak membawa terlalu banyak sepatu ketika akan kuliah di luar negeri. Usahakan hanya membawa sepatu yang multifungsi, sehingga bisa dipakai untuk pergi kuliah, untuk acara resmi, dan untuk pergi keluar sekedar untuk berjalan-jalan dan menikmati keindahan kota di sana.

  1. Perlengkapan Elektronik

gadget 2 e1585812639510 - Barang Overload Saat Kuliah ke Luar Negeri? Cek Tipsnya

 

Untuk pergi ke suatu tempat yang dekat, tidak jarang Anda membawa perlengkapan elektronik seperti ponsel, apalagi jika Anda akan ke luar negeri untuk jangka waktu yang lama. Jangan lupa untuk membawa pengisi dayanya juga. Perangkat elektronik lain yang tidak kalah penting untuk dibawa saat berkuliah di luar negeri  adalah Laptop. Anda mungkin akan sering menggunakan laptop di waktu luang untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah Anda.

Pada dasarnya apapun bisa Anda dapat di negara tujuan Anda. Masalah utama biasanya adalah pada harga, karena biasanya di negara tertentu, harga sebuah barang akan jauh lebih mahal jika dibandingkan di Indonesia. Jadi kembali lagi ke pertimbangan masing-masing orang, mana yang wajib dibawa dan mana yang bisa dibeli di negara tujuan Anda. 

Untuk mempermudah Anda dalam mengelola pembayaran kuliah maupun pengeluaran keuangan Anda selama kuliah di luar negeri, terutama di Malaysia, maka Anda perlu memiliki aplikasi keuangan lintas negara seperti Qelola. Aplikasi Qelola akan membantu Anda dalam perencanaan keuangan sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan masalah keuangan selama di Malaysia. Dengan biaya transfer paling rendah diantara aplikasi keuangan lainnya, membuat layanan Qelola pasti sangat dibutuhkan nantinya. Tunggu apalagi, segera pasang aplikasi Qelola hari ini.

Tags: , , , , , ,