Tips Melakukan Pendaftaran Online BPJS Ketenagakerjaan

BPJS ketenagakerjaan

Terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) dan ingin melakukan pencairan saldo BPJS sudah bukan hal sulit lagi saat ini. Mulai bulan Juli 2018, BPJS telah melakukan sistem pengantrian online. Apa Manfaat dari sistem pengantrian ini? Dan bagaimana cara melakukan pendaftarannya? Ikuti ulasan di bawah ini.

Mengapa Perlu Mendaftarkan Antrian BPJS Ketenagakerjaan Online?

cek saldo jamsostek - Tips Melakukan Pendaftaran Online BPJS Ketenagakerjaan

Adanya pendaftaran antrian BPJS online, secara mudah dapat diterima sebagai solusi. Daftar antrian pencairan dana BPJSTK tidak pernah sedikit. Jika tidak dibuatkan sistem online semacam ini maka ada kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan dalam:

  • Lamanya waktu mengantri
  • Ketidakpastian untuk terlayani karena terbatasnya jam buka pelayanan BPJS
  • Ketidakpastian proses pencairan
  • Ketertiban yang mungkin akan menjadi masalah karena banyaknya peserta yang mengantri

Dengan menggunakan sistem antrian online BPJSTK ini, Anda akan mendapatkan nomor urut setelah sebelumnya mengisi tanggal dan jam yang diterima dan Anda inginkan. Tanpa perlu melibatkan birokrasi di lokasi yang mungkin Anda temui jika tidak menggunakan sistem online.

Cara Mengisi Pendaftaran Online BPJS Ketenagakerjaan

Untuk mengisi antrian online BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat melakukan beberapa langkah seperti yang disarankan dalam website resmi BPJS  berikut ini: 

  • Lakukan pengisian data yang sudah ada di tautan situs web ini https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Setelah Anda mengklik dan masuk ke situs web tersebut, Anda akan menemukan tampilan situs seperti di bawah ini:
    form bpjs - Tips Melakukan Pendaftaran Online BPJS Ketenagakerjaan

    Sumber: kaltim.procal.co

     

  • Masukkan nomor e-KTP Anda pada kolom NIK.
  • Kolom KPJ diisi dengan nomor kepesertaan BPJSTK yang sudah Anda dapatkan. 
  • Isi nama lengkap sesuai yang tertera pada Kartu Identitas (e-KTP). 
  • Isi kolom “nomor  handphone”dengan nomor ponsel aktif yang Anda gunakan saat ini. Pastikan nomor yang anda masukkan tersebut selalu aktif, jika Anda mengganti nomor ponsel Anda, maka lakukan registrasi ulang, agar terhindar dari masalah konfirmasi yang tidak diterima di kemudian hari.
  • Pada kolom “wilayah pelayanan” cantumkan provinsi di mana Anda terdaftar.
  • Di kolom “cabang pelayanan” pilih nama cabang tempat Anda ingin mencairkan saldo BPJS Anda.
  • Isi kolom tanggal datang dan jam tiba sesuai dengan waktu yang Anda inginkan.
  • Ceklist “captcha” yang diberikan. Klik simpan.
  • Setelah melakukan pendaftaran, Anda akan mendapatkan konfirmasi yang dikirimkan melalui nomor ponsel yang sudah dimasukkan sebelumnya.

Anda cukup meminta konfirmasi kepada petugas BPJS untuk meminta proses pencarian dana JHT. 

Tips dalam Mendaftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan

bpjs kesehatan naik - Tips Melakukan Pendaftaran Online BPJS Ketenagakerjaan

Sumber: ayosemarang.com

Ketika kita melakukan  pendaftaran antrian online BPJS, perlu diingat, Anda akan berhasil mendapatkan nomor antrian online BPJSTK jika kuotanya masih tersedia. Jika kuota pada hari dan jam yang dipilih sudah penuh, tentu saja nomor antrian online juga tidak tersedia. Namun biasanya terdapat informasi bahwa kantor cabang dan jadwal yang Anda pilih sudah penuh. Jika mengalami kondisi seperti ini, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari pihak BPJS dan diminta untuk memilih kantor cabang lainnya.

Jika Anda sudah mengganti beberapa kali namun tetap saja penuh, maka Anda dapat mencoba untuk mendaftar pada hari berikutnya di hari kerja Senin-Jumat dengan waktu sebelum jam 6 pagi, untuk mengantisipasi banyaknya peserta yang sudah mendaftar.

Setelah pengajuan antrian diterima dan Anda mendapatkan kode pemesanan, Anda akan dikembalikan ke kantor cabang yang dituju dalam jangka waktu 7 hari setelah mendapat nomor antrian. 

Dengan adanya antrian online BPJS Ketenagakerjaan ini, Anda tidak perlu berlama-lama antri, harus sudah siap pagi tetapi tidak mendapat kuota. Cukup datang di waktu dan jam yang sudah ditentukan.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat Anda menerima antrian online BPJSTK ini adalah: 

  1. Antrian online dapat diakses minimal setiap hari sebelum tanggal yang dipilih.
  2. Peserta yang memilih tanggal dan jam pada sistem antrian online harus datang tepat waktu atau menerima 30 menit sebelum jam yang dipilih. Jika dibatalkan dari waktu yang telah dipilih maka nomor antrian tidak akan digunakan. Anda harus mendaftar dari awal untuk mendapatkan nomor antrian baru di kesempatan berikutnya. 
  3. Pastikan tidak ada perbedaan data pada Kartu Keluarga, KTP, dan Kartu Peserta BPJS.
  4. Tunjukkan bukti pengajuan antrian online ke petugas pada saat sampai di lokasi.

Kemudahan BPJS Lainnya

Tidak hanya masalah pendaftaran online BPJS saja yang mudah. Pembayaran BPJS pun saat ini juga cukup mudah. Bagi Anda yang bekerja jauh dari keluarga atau bekerja di luar negeri seperti Malaysia, Anda dapat melakukan pembayaran BPJS untuk keluarga Anda secara langsung dengan menggunakan aplikasi Qelola. Cukup unduh aplikasi tersebut melalui smartphone Anda dan melakukan penginstalan. Ikuti semua petunjuk dengan mudah. Maka secara langsung Anda akan segera dapat mengaktifkan akun tersebut dan melakukan pembayaran. Namun jika Anda masih belum tahu tentang Qelola dan Ingin tahu lebih banyak informasi sebelum menginstal aplikasinya, klik di sini.

Tags: , , , , ,