Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Repot

antrian online bpjs ketenagakerjaan

Sejarah dimulainya pengesahan layanan registrasi pendaftaran antrian online BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya sudah sejak bulan Juli 2018. Sejak adanya layanan registrasi mendaftar antrian secara online ini, para peserta memiliki kebebasan untuk mengatur jadwal kedatangan. Selain itu, para peserta juga bebas memilih menghendaki jam berapa untuk bisa hadir di kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan kemudahan tersebut, Anda tidak harus datang sepagi mungkin ke kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya supaya masih kebagian nomor antrian. Jadi, apakah Anda datang pagi ataupun siang hari, hal tersebut tidak menjadi masalah lagi karena sebelumnya Anda sudah melakukan pemesanan nomor antrian secara online.

Cara Daftar Antrian BPJS Online

antrian online bpjs ketenagakerjaan 1 700x398 - Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Repot

Lalu, sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bagaimana cara mendapatkan nomor antrian online BPJS Ketenagakerjaan? Berikut ini ada beberapa langkah mudah untuk mendapatkan nomor antrian BPJS secara online yang perlu Anda perhatikan.

1. Memastikan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari dan memastikan keberadaan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mendukung layanan mendaftar antrian online. Hal tersebut penting, mengingat hingga sekarang ini masih terdapat beberapa kantor cabang yang belum bisa menerapkan layanan ini. Jadi, pastikan Anda memilih kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mendukung layanan daftar antrian online, ya! Jangan sampai salah.

2. Mengakses Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

cek bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak 3 - Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Repot

Langkah selanjutnya, silahkan Anda langsung mengakses website BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian pilihlah kantor cabang terdekat yang sudah mendukung dan dapat menangani antrian online. Selain website tersebut, Anda juga bisa mengaksesnya melalui aplikasi BPJSTKU di smartphone pribadi Anda.

Namun, penggunaan perangkat komputer atau laptop lebih disarankan demi mendapatkan kelancaran dan kecepatan akses. Berikut ini alamat website BPJS Ketenagakerjaan yang dapat Anda copy-paste pada kolom pencarian server Google Chrome atau server browser lainnya yang Anda miliki. Alamat resmi website BPJS Ketenagakerjaan adalah https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/.

3. Melengkapi Data Diri pada Formulir

Anda harus mengisikan semua data kepesertaan serta kependudukan seperti NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama lengkap, nomor referensi unik KPJ (Kartu Peserta Jamsostek), dan nomor kontak handphone yang masih aktif. Pastikan Anda mengisi data diri pada formulir yang telah tersedia secara benar dan lengkap. Hindari untuk melakukan kesalahan penulisan. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan akibat yang cukup fatal, meskipun hanya salah penulisan satu huruf atau satu angka saja.

4. Memilih Kantor Cabang dan Menentukan Waktu Berkunjung

Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan memilih wilayah pelayanan serta kantor cabang pelayanan yang akan Anda kunjungi nantinya. Pastikan Anda memilih kantor yang sudah mendukung penerapan layanan antrian online BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu, tentukan tanggal kedatangan yang Anda inginkan pada hari kerja kantor BPJS Ketenagakerjaan. Namun, apabila ternyata Anda tidak berhasil mendapatkan nomor antrian karena kuota sudah penuh maka cobalah untuk registrasi antrian online di lain waktu. Kemudian silahkan lanjutkan untuk menentukan jam kedatangan Anda di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan. Yang terpenting adalah Anda perlu cek apakah kuota masih memenuhi untuk membuat antrian sesuai jam yang Anda inginkan nantinya.

5. Memastikan Seluruh Data Sudah Benar dan Lengkap

antrian online bpjs ketenagakerjaan 3 - Daftar Antrian Online BPJS Ketenagakerjaan Tanpa Repot

Jangan lupa untuk klik kotak captcha yang menyatakan ‘Saya bukan robot’ dan tunggulah beberapa saat sampai berhasil muncul centang berwarna hijau.

Sebelum klik Simpan, Anda perlu melakukan cek ulang terkait kebenaran data yang telah Anda masukkan dan jangan sampai terjadi kesalahan meskipun satu angka atau satu huruf saja. Jika sudah dipastikan data yang dimasukkan benar dan lengkap, klik simpan dan lakukan proses mencetak ulang.

6. Proses Selesai

Sampai di sini, langkah demi langkah dalam proses registrasi pengajuan antrian online BPJS Ketenagakerjaan sudah selesai. Dan selanjutnya Anda akan menerima nomor antrian beserta jadwal kedatangan. Jika Anda telah berhasil menerima nomor antrian online seperti yang Anda harapkan, jangan lupa agar dicetak terlebih dahulu sebelum nantinya Anda bawa saat datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan sesuai jadwal. Selain itu, pastikan Anda menyiapkan dokumen persyaratan lengkap sebelum datang ke kantor BPJS. Jangan sampai ada dokumen persyaratan yang terlewat agar proses pengajuan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan Anda tidak mendapat penolakan.

Itulah langkah-langkah mudah yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan nomor antrian online BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya sistem antrian online BPJS Ketenagakerjaan tersebut, sistem antrian menjadi lebih pasti. Selain itu juga dapat meminimalisir membludaknya antrian dan habisnya kuota pelayanan.

Sistem online memang semakin digandrungi sebagian besar orang. Bagaimana tidak, hanya melalui smartphone berbagai urusan dapat diselesaikan. Khusus untuk urusan transfer domestik maupun internasional, Anda wajib punya aplikasi Qelola di smartphone Anda. Transfer uang dari Malaysia ke Indonesia akan lebih mudah, murah, dan aman. Klik disini untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Atau download aplikasinya sekarang juga untuk menikmati beberapa fiturnya langsung.

Tags: , , , , , , , , ,