Wajib Coba! Destinasi Wisata 4 Musim di Malaysia

musim di malaysia

Negeri Jiran Malaysia bisa menjadi pilihan jika Anda ingin pergi berlibur ke luar negeri tapi tidak ingin yang jauh. Selain karena jarak yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, budaya serta bahasa yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Sehingga tidak akan menyulitkan Anda untuk beradaptasi selama berada di sana. Selain itu, Malaysia juga memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa Anda datangi. Ada banyak sekali pilihan tempat-tempat menarik di Malaysia yang sudah tersohor hingga mancanegara. Dari mulai menara kembar Petronas, Bukit Bintang dan Genting Highland, hingga wisata dengan nuansa 4 musim di Malaysia. Penasaran? Langsung saja simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Perhatikan 7 Larangan di Malaysia Sebelum Berangkat Travelling

Mengenal Wisata 4 Musim di Malaysia

musim di malaysia 1 - Wajib Coba! Destinasi Wisata 4 Musim di Malaysia

Berada di antara Thailand, Singapura, dan Indonesia, iklim di Malaysia yaitu tropis, hangat dan lembab sepanjang tahun. Suhu rata-rata di Malaysia sekitar 22°C hingga 33°C. Seperti negara Asia Tenggara lainnya, hujan juga dirasakan setiap tahun. Malaysia memiliki curah hujan yang sedang, dan hujan yang paling lebat turun dalam bulan April dan Oktober. Meskipun musim di Malaysia hanya 2 musim, bukan berarti Malaysia tidak bisa menciptakan destinasi yang memungkinkan Anda untuk merasakan 4 musim di dunia. Anda dapat mengunjungi Rumah 4 Musim di Shah Alam dan nikmati serunya 4 musim di Malaysia yang berbeda dengan langsung. Keempat musim tersebut antara lain musim dingin, musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Jika kepergian Anda ke Malaysia sekitar bulan Desember sampai bulan Februari, maka Anda bisa melihat putihnya salju di Taman Botani Shah Alam di Selangor. Di sana, Anda tidak hanya bisa melihat dan merasakan salju. Tetapi Anda juga bisa merasakan bagaimana dinginnya saat salju tiba. Jika Anda benar-benar ingin mengunjungi wisata yang satu ini, maka jangan lupa untuk menyiapkan jaket tebal, karena suhu di sana di bawah minus 2 hingga minus 7 derajat celcius.

Dengan harga tiket seharga RM5 per orang, Anda sudah bisa menikmati suasana musim salju yang dibuat di dalam sebuah ruangan kaca. Ketika pertama kali masuk, hawa dingin akan langsung terasa. Saking dinginnya, bagian tubuh Anda terutama telapak tangan akan langsung menggigil. Bahkan, ada asap yang akan tampak dari mulut saat Anda sedang berbicara. Namun sayangnya, sebagai pengunjung Anda tidak boleh menginjak atau berfoto di atas salju. Setiap pengunjung hanya diperbolehkan untuk berfoto di pelataran yang sudah disediakan.

Persiapan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

musim di malaysia 2 - Wajib Coba! Destinasi Wisata 4 Musim di Malaysia

Bagi Anda yang belum pernah ke luar negeri namun berencana pergi dalam waktu dekat, maka pastikan beberapa hal telah disiapkan demi kelancaran perjalanan Anda.

  1. Paspor dan visa, yang memang menjadi identitas Anda saat bepergian ke luar negeri. Segeralah untuk membuat paspor sebelum memutuskan untuk pergi liburan ke luar negeri. Saat paspor sudah ada, pastikan pula bagaimana pemberlakuan visa di negara tujuan Anda. Ada negara yang membebaskan visa selama beberapa waktu seperti di Asia Tenggara salah satunya adalah Malaysia.
  2. Menentukan destinasi, sehingga akan membuat perjalanan lebih terencana. Lakukan riset untuk mendapatkan referensi lokasi menarik yang perlu Anda kunjungi, bagaimana cara menuju ke lokasi, dan berapa lama waktu tempuh yang diperlukan.
  3. Persiapkan mata uang asing jauh-jauh hari, dan hindari untuk menukar uang saat tiba di bandara negara tujuan. Karena biasanya jumlah yang Anda terima lebih sedikit jika menukarkan uang di money changer bandara tujuan dibandingkan dengan saat menukarkan di Indonesia.
  4. Mengerti bahasa lokal di negara tujuan, sehingga akan memudahkan perjalanan Anda.

Tips Mencari Tiket Murah ke Luar Negeri

musim di malaysia 3 - Wajib Coba! Destinasi Wisata 4 Musim di Malaysia

Nah, setelah persiapan Anda untuk berlibur ke luar negeri sudah matang. Maka langkah selanjutnya adalah mencari tiket pesawat dengan harga terjangkau. Simak beberapa tips berikut ini:

  1. Rajinlah untuk mengecek tiket promo secara online. Anda dapat mengunjungi situs-situs resmi beberapa maskapai secara teratur untuk mengetahui adanya program promo. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti newsletter atau follow media sosialnya. Jika beruntung, Anda bisa memperoleh potongan hingga lebih dari setengah harga tiket.
  2. Begitu Anda memperoleh harga tiket murah yang sesuai dengan tujuan Anda, maka segera lakukan reservasi. Untuk mendapatkan tiket murah penerbangan ke luar negeri Anda bisa mulai berburu tiket minimal 5 bulan sebelum jadwal liburan Anda.
  3. Jika Anda berlibur bersama, maka untuk memperoleh tiket murah jangan membeli tiket sekaligus. Tetapi belilah tiket pesawat sendiri-sendiri. Resikonya adalah Anda akan duduk terpisah dengan teman-teman seperjalanan Anda. 

Tips lain yang tidak kalah pentingnya saat Anda akan pergi liburan ke Malaysia adalah siapkan dana tidak terduga. Hal ini penting, karena ada kalanya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama liburan. Oleh karena itu, lebihkan dana liburan Anda minimal 10% untuk biaya tidak terduga ini. Sementara jika Anda ingin liburan Anda lebih lancar, sebaiknya Anda mulai menggunakan aplikasi Qelola selama berada di Malaysia. Aplikasi ini memungkinkan Anda lebih mudah dalam melakukan berbagai macam transaksi, lho. Coba unduh aplikasinya di smartphone Anda dan daftar secara gratis.

Tags: , , , , , ,