TKI, Yuk Ikuti Tips Cara Mengatur Keuangan Berikut Ini

cara mengatur keuangan

Cara mengatur keuangan bagi setiap orang berbeda-beda. Ada sebagian orang yang lebih suka mengalokasikan penghasilannya kepada hal-hal yang memiliki manfaat investasi. Namun ada juga orang yang lebih suka menabung dengan harapan suatu saat uang tersebut terkumpul dan dapat digunakan untuk hal bermanfaat dan memiliki keuntungan jangka panjang. Pada dasarnya, mengatur keuangan memang memiliki tujuan untuk mengetahui ke mana uang atau gaji Anda dihabiskan. Baik itu dihabiskan dengan tujuan memiliki dampak positif jangka panjang maupun jangka pendek.

Satu hal yang pasti, jangan sampai gaji Anda justru Anda alokasikan dan investasikan pada sesuatu yang berdampak negatif atau bahkan tidak bersisa sama sekali. Terlebih lagi bagi Anda para TKI yang bisa dibilang memiliki gaji yang tidak kecil untuk ukuran tenaga kerja di Indonesia. Tinggal di luar negeri harus memiliki pengelolaan keuangan yang lebih baik. Hal ini karena Anda tidak hanya harus memenuhi kebutuhan pribadi, namun juga memenuhi kebutuhan keluarga di tanah air. Belum lagi alokasi kebutuhan menabung untuk kehidupan di masa tua. Untuk itu, yuk ikuti beberapa tips cara mengatur keuangan bagi para TKI berikut ini.

1. Membuat Anggaran Bulanan

Membuat anggaran bulanan dapat Anda mulai dengan mendaftar kebutuhan. Kelompokkan mana kebutuhan pokok dan mana kebutuhan yang tersier, seperti jalan-jalan, belanja baju, dan sebagainya. Kebutuhan pokok ini tidak hanya meliputi makan dan alat transportasi, namun masukkan juga daftar kebutuhan keluarga di tanah air beserta tagihan-tagihan yang harus dibayarkan. Dengan begitu, Anda dapat merencanakan alokasi gaji.

2. Menabung Jangan Menunggu Sisa

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, setelah mendaftar tagihan-tagihan yang harus dibayarkan, barulah Anda tentukan jumlah uang yang akan ditabung. Letakkan kegiatan menabung ini sebagai prioritas kedua setelah kebutuhan pokok. Jangan sampai menunggu sisa dari keseluruhan pengeluaran bulan tersebut. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda akan menekan keinginan yang kurang penting.

3. Membayar Tagihan Sesegera Mungkin

pengaduan pln 700x467 - TKI, Yuk Ikuti Tips Cara Mengatur Keuangan Berikut Ini

Bayarkan langsung tagihan Anda di tanah air seperti tagihan listrik, air, telepon, BPJS, dan tagihan lain. Manfaat besar dari membayar tagihan diawal adalah Anda menjadi tidak resah lagi untuk mengeluarkan biaya guna memenuhi kebutuhan yang lain, termasuk melakukan kegiatan menabung. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah untuk merencanakan kebutuhan tersier Anda seperti wisata dan membeli alat elektronik, misalnya.

4. Memiliki 2 atau Lebih Rekening

Memiliki lebih dari 1 rekening akan membantu Anda dalam kegiatan menabung. Salah satu trik yang dapat dicoba adalah bukalah rekening baru tanpa membuat kartu ATM. Gunakan rekening tersebut untuk menyimpan uang saja. Dengan begitu, Anda tidak akan mengambil uang tabungan dengan mudah karena rekening tabungan terpisah dengan rekening kebutuhan sehari-hari.

5. Mencoba Investasi

Jika setelah Anda bisa memenuhi urusan kebutuhan pokok, menabung, dan kebutuhan tersier, ternyata masih ada sisa gaji, tidak ada salahnya untuk mencoba investasi. Tidak perlu investasi yang besar, Anda dapat mencobanya dengan ikut Reksadana atau membelanjakan uang sisa tersebut dengan emas yang memiliki nilai jual tinggi. Karena uang investasi tidak bisa diambil semudah uang tabungan, hal ini akan memaksa uang tersebut tidak digunakan untuk hal yang tidak penting. Belum lagi ketika Anda akan mendapatkan keuntungan nantinya.

6. Melakukan Perbandingan Anggaran & Pengeluaran

Setelah Anda berhasil melakukan tips-tips di atas setidaknya 1 bulan, Anda dapat melakukan perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran. Jika ternyata pengeluaran Anda lebih besar daripada pemasukan, maka ada yang harus Anda perbaiki. Lihat kembali kebutuhan yang besar dan memungkinkan untuk ditekan. Sebisa mungkin jangan merubah jumlah tabungan, apalagi mengurangi jatah membayar tagihan. Sehingga Anda akan bisa melihat pola pengeluaran yang semakin baik dan mencegah kesalahan seperti mengutang agar tidak akan terulang pada bulan-bulan berikutnya.

7. Menggunakan Aplikasi Keuangan

qelola app 1 1 700x342 - TKI, Yuk Ikuti Tips Cara Mengatur Keuangan Berikut Ini

 

Menggunakan bantuan aplikasi pencatatan keuangan akan cukup membantu karena tidak setiap saat Anda memegang kertas dan pena untuk melakukan pencatatan secara manual. Selain itu, aplikasi pencatatan pengeluaran ini juga akan lebih mudah diakses sebagai pengingat ketika Anda akan membeli sesuatu yang tidak masuk dalam anggaran bulanan. Aplikasi keuangan lain yang harus dicoba adalah Qelola, yaitu aplikasi yang dapat menekan biaya transfer ke tanah air. Biaya mengirim uang ke tanah air menjadi lebih murah dengan Qelola. Bahkan Anda juga bisa membayarkan tagihan di Indonesia secara langsung meskipun Anda bekerja di luar negeri.

Itu tadi beberapa cara mudah untuk mengatur keuangan Anda. Hal terpenting dari mengatur keuangan adalah komitmen dan konsistensi untuk memiliki kehidupan yang lebih baik. Bekerja sebagai TKI bukanlah pekerjaan selamanya dan akan datang waktunya bagi Anda untuk pulang ke tanah air. Jangan sampai Anda pulang tanpa membawa hasil apapun padahal tenaga untuk bekerja sudah tak sekuat saat menjadi TKI. Sebagai langkah pertama mengatur keuangan Anda, yuk download aplikasi Qelola di sini. Kemudian rasakan manfaatnya secara langsung.

Tags: , , , ,