Ketahui Perbedaan Prabayar dan Pascabayar untuk Bayar Listrik Praktis

Perbedaan Prabayar dan Pascabayar

Apakah saat ini Anda masih menggunakan listrik pascabayar? Atau justru sudah beralih menggunakan listrik prabayar? Keduanya menjadi pilihan bagi setiap rumah untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Apapun pilihan Anda, apakah Anda sudah mengetahui apa saja perbedaan penggunaan listrik prabayar dan pascabayar? Agar lebih mantap dalam memilih salah satu diantara keduanya, yuk cari tahu perbedaan prabayar dan pascabayar berikut ini.

Penggunaan Listrik di Kalangan Masyarakat

Saat ini memang sudah banyak masyarakat yang beralih dengan menggunakan listrik prabayar. Padahal sebelumnya mereka menggunakan listrik pascabayar. Sementara itu, masih banyak pula masyarakat yang tetap bertahan menggunakan listrik pascabayar. Alasannya cukup beragam, mulai dari keengganan untuk mengeluarkan biaya penggantian alat, kebingungan sistem prabayar, dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya pihak pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menggalakkan sistem pembayaran listrik prabayar. Sistem ini dianggap dapat membantu masyarakat untuk menghemat pengeluaran. Sebelum beralih menggunakan sistem prabayar, pada umumnya rumah-rumah di Indonesia menerapkan sistem pascabayar. Di mana Anda sebagai penghuninya akan menerima tagihan listrik pada akhir bulan, sesuai energi yang dipakai. Namun dengan sistem prabayar, Anda sebagai penghuni rumah bisa mengetahui besarnya pemakaian listrik dan mengatur sendiri kebutuhan listrik Anda sehari-hari. Apa saja perbedaan prabayar dan pascabayar? Inilah penjelasan lengkapnya.

1. Listrik Prabayar

 

Untitled design 9 1 - Ketahui Perbedaan Prabayar dan Pascabayar untuk Bayar Listrik Praktis

Listrik prabayar adalah listrik yang pembayarannya dilakukan di awal waktu, yaitu dengan sistem pembelian pulsa. Biasanya listrik prabayar juga disebut dengan istilah listrik pintar. Di mana Anda sebagai pelanggan dapat mengendalikan pemakaian listrik Anda sendiri. Alat meteran listrik juga tidak lagi berbentuk analog, namun bertransformasi ke bentuk digital yang dapat Anda gunakan untuk memasukan kode pengisian listrik. Sistem dari listrik jenis ini dibuat seperti membeli pulsa prabayar telepon genggam agar dapat memudahkan Anda. Kelebihan lainnya adalah, Anda tidak perlu khawatir akan terjadi telat bayar tagihan listrik.

Kelebihan Listrik Prabayar

  • Anda sebagai pelanggan bisa mengontrol pemakaian listrik setiap harinya.
  • Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja Anda.
  • Tidak akan terkena biaya keterlambatan bayar tagihan listrik.
  • Jaringan yang luas untuk pembelian listrik isi ulang, bisa dibeli di loket pembayaran listrik online.
  • Pilihan tepat untuk Anda yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa.
  • Terhindar dari kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan meteran listrik oleh petugas.
  • Sistem yang rahasia, yaitu 20 angka digit pulsa listrik hanya bisa diisi ke meteran listrik milik Anda sendiri, tidak bisa diisikan ke meteran lain.

Kekurangan Listrik Prabayar

  • Jika pulsa listrik habis di waktu yang tidak terduga, Anda akan kesusahan jika tidak menyiapkan voucher listrik cadangan. Tetapi biasanya ada alarm pemberitahuan ketika listrik tinggal 10 kWh.
  • Sering bermasalah saat akan mengisi ataupun membeli pulsa listrik, atau banyak kasus jaringan internet sedang down. Jika terjadi seperti itu, maka Anda harus menunggu sementara listrik di rumah Anda padam.
  • Meteran lebih sensitif dan lebih mudah rusak.

2. Listrik Pascabayar

Perbedaan Prabayar dan Pascabayar 2 - Ketahui Perbedaan Prabayar dan Pascabayar untuk Bayar Listrik Praktis

Listrik pascabayar adalah listrik yang pembayaran tagihannya dilakukan pada akhir bulan sesuai dengan energi yang digunakan. Meteran listrik pascabayar masih menggunakan alat analog yang menunjukkan besarnya daya yang telah Anda gunakan sebagai pelanggan. Pembayaran listrik pascabayar dapat dilakukan melalui bank, loket pembayaran, atau bisa juga secara online dengan biaya admin yang dibebankan sebagai biaya jasa pembayaran tagihan listrik.

Kelebihan Listrik Pascabayar

  • Listrik selalu tersedia dan bisa Anda gunakan sampai tenggat waktu pembayaran di akhir bulan.
  • Anda tidak perlu repot melakukan isi ulang pulsa listrik atau token listrik jika sewaktu-waktu kehabisan daya listrik.

Kekurangan Listrik Pascabayar

  • Pemakaian listrik bisa melampaui batas.
  • Apabila ada penunggakan listrik, maka Anda akan dikenakan denda dan bahkan dipadamkan sementara oleh pihak PLN.
  • Privasi dan kenyamanan Anda kurang terjaga, karena petugas PLN kerap masuk ke pekarangan rumah Anda.

Itulah perbedaan prabayar dan pascabayar yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya. 

Cara Mudah Cek dan Bayar Listrik

Perbedaan Prabayar dan Pascabayar 3 - Ketahui Perbedaan Prabayar dan Pascabayar untuk Bayar Listrik Praktis

Selain mempelajari perbedaan listrik prabayar dan pascabayar, Anda juga harus menyadari kewajiban Anda untuk bayar listrik tepat waktu lho! Baik listrik prabayar maupun pascabayar, kini Anda bisa menuntaskan kewajiban bayar listrik Anda secara lebih mudah. Saat ini hampir semua urusan bisa dilakukan dan diselesaikan secara online. Salah satunya cek tagihan listrik PLN yang semula memaksa Anda untuk menunggu petugas listrik datang untuk melihat meteran listrik di rumah, kini Anda bisa melakukannya sendiri secara online.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek pemakaian listrik. Mulai dari SMS, telepon hingga penggunaan aplikasi. Jika dulu Anda bisa berlangganan email e-billing untuk jumlah tagihan listrik bulanan Anda, sekarang layanan itu sudah tidak ada lagi. Oleh karena itu, kini saatnya Anda beralih ke cara yang lebih modern seperti penggunaan aplikasi pembayaran digital. Anda yang sedang mengadu nasib di luar negeri khususnya di Malaysia, kini bisa merasa lega. Aplikasi Qelola hadir untuk memanjakan para pekerja migran atau TKI untuk melakukan berbagai transaksi keuangan yang simple. Qelola memahami kebutuhan para TKI untuk kirim uang ke Indonesia dengan biaya yang murah. Selain kirim uang, Anda bisa mengandalkan Qelola untuk membayarkan tagihan listrik rumah Anda di Indonesia meskipun Anda sedang tidak berada di sana.

Baca juga: Bayar PDAM Online dari Malaysia Kapan Saja, Mudah!

Prabayar maupun pascabayar, pembayaran tagihannya bisa Anda selesaikan lewat Qelola. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya dan mendaftarkan diri untuk membuat akun. Selanjutnya, Anda sudah bisa menikmati kemudahan bertransaksi dengan Qelola. Selamat mencoba!

Tags: , , , , , , , , , ,