Cara Bayar Listrik Online dari Malaysia, Anda Harus Tahu!

bayar listrik online

Sebagai pengguna listrik, Anda tidak hanya memiliki kewajiban untuk membayarkan tagihannya setiap bulan. Tetapi Anda juga harus melakukan pembayaran tersebut tepat waktu. Kenapa harus bayar listrik tepat waktu? Pertanyaan ini masih sering terdengar dari sebagian orang. Salah satu alasannya adalah agar Anda dapat terhindar dari pemutusan listrik sementara. Selain terhindar dari pemutusan listrik, membayar listrik tepat waktu juga akan menghindarkan Anda dari antrian panjang. Karena biasanya jika Anda membayar listrik pada tanggal 1 setiap bulannya, maka Anda bisa menyelesaikan urusan pembayaran dengan cepat dan dapat melanjutkan aktivitas lainnya dengan nyaman. Namun hal tersebut tidak akan Anda alami jika Anda bayar listrik online dari manapun Anda berada. Lalu apa yang harus Anda lakukan jika ingin bayar listrik online? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Bayar Pajak Online Lewat E-Billing Tanpa Harus Mengantri

Hak dan Kewajiban Sebagai Pengguna Listrik

bayar listrik online1 - Cara Bayar Listrik Online dari Malaysia, Anda Harus Tahu!

Sesuai dengan ketentuan yang tertera di dalam Pasal 29 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, Anda sebagai konsumen pengguna listrik berhak:

  1. Memperoleh pelayanan yang baik.
  2. Mendapatkan tenaga listrik yang secara terus menerus dengan mutu dan keandalan yang baik.
  3. Memperoleh tenaga listrik yang telah menjadi hak dengan harga yang wajar.
  4. Mendapatkan pelayanan untuk perbaikan jika ada atau terjadi gangguan tenaga listrik.
  5. Serta mendapatkan ganti rugi jika terjadi pemadaman yang diakibatkan kesalahan dan/atau kelalaian pengoperasian oleh pemegang izin usaha penyediaan tenaga listrik yang sesuai dengan syarat yang telah diatur di dalam perjanjian jual beli tenaga listrik.

Sementara kewajiban Anda sebagai konsumen diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Melaksanakan pengamanan terhadap bahaya yang mungkin timbul atau terjadi akibat pemanfaatan tenaga listrik.
  2. Menjaga keamanan instalasi tenaga listrik milik Anda sendiri.
  3. Memanfaatkan tenaga listrik sesuai dengan peruntukannya saja.
  4. Membayarkan tagihan pemakaian tenaga listrik yang dapat dilakukan secara langsung di loket pembayaran yang telah disediakan atau bayar listrik online.
  5. Menaati segara persyaratan teknis di bidang ketenagalistrikan.

Dasar Hukum Kewajiban Bayar Listrik

Mengenai dasar penetapan tarif listrik, secara eksplisit penetapan tarif tenaga listrik untuk konsumen disebutkan di dalam Pasal 34 Undang-undang Nomor 30 Tahun 2009. Tarif tenaga listrik yang dibebankan untuk konsumen meliputi semua biaya yang berkaitan dengan pemakaian tenaga listrik oleh konsumen. Antara lain adalah:

  1. Biaya beban (Rp/kVA) dan biaya pemakaian (Rp/kWh).
  2. Biaya pemakaian daya reaktif (Rp/kVArh).
  3. Dan/atau biaya kVA maksimum yang dibayar berdasarkan harga langganan (Rp/bulan) sesuai dengan batasan daya yang dipakai atau bentuk lainnya.

Tarif tenaga listrik ditetapkan berdasarkan golongan tarif, yang terdiri tarif tenaga listrik regular (yaitu yang dibayarkan setelah pemakaian tenaga listrik oleh konsumen). Dan tarif tenaga listrik prabayar (yaitu yang dibayarkan sebelum pemakaian tenaga listrik oleh konsumen).

Cara Pembayaran Listrik secara Online

bayar listrik online 2 - Cara Bayar Listrik Online dari Malaysia, Anda Harus Tahu!

Sumber: www.liputan6.com

Membayar tagihan listrik semakin mudah dengan hadirnya sejumlah channel layanan yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa cara bayar listrik online melalui SMS dan internet banking yang perlu Anda ketahui:

1. Bayar tagihan listrik melalui SMS

Pembayaran tagihan listrik memang dapat dilakukan lewat SMS. Dalam hal ini Anda harus menggunakan layanan SMS banking dari bank yang bekerja sama dengan PLN. Misalnya Anda menggunakan bank Mandiri, yang harus Anda lakukan adalah mengetik SMS dengan format BYR PLN <kode rek> <12 digit ID pelanggan> , kemudian kirimkan ke 3355. Lalu konfirmasi transaksi, ketik kombinasi PIN yang diminta dan kirimkan kembali ke 3355. Dan konfirmasi transaksi berhasil. Sangat mudah, bukan?

2. Bayar tagihan listrik melalui Internet Banking

Bayar listrik online juga dapat dilakukan dengan mudah melalui internet banking. Misalnya melalui BRI internet banking, syaratnya adalah Anda harus memiliki akun BRI Internet Banking yang aktif. Langkah pertama adalah Anda harus login ke website BRI Internet Banking. Kemudian buka situs BRI Internet Banking dengan alamat https://ib.bri.co.id, lalu login dengan cara memasukkan username, password dan kode verifikasi yang ada. Kemudian, masuk ke “Menu Pembayaran Tagihan Listrik” dan klik menu utama “Pembayaran & Pembelian” yang terdapat di barisan atas. Lalu klik menu “Pembayaran Tagihan” di samping kiri dan klik menu “Listrik”. Masukkan nomor IDPEL (ID Pelanggan) rekening PLN. Kemudian tekan kirim dan konfirmasi “Pembayaran Tagihan Listrik”. Masukkan password BRI Internet Banking Anda, dan masukkan kode m-Token kemudian klik kirim. Setelah transaksi Pembayaran Tagihan Listrik Berhasil, jangan lupa untuk klik menu log out.

Keuntungan Layanan Bayar Listrik secara Online

bayar listrik online 3 - Cara Bayar Listrik Online dari Malaysia, Anda Harus Tahu!

Sumber: www.optimativa.com

Kebutuhan listrik merupakan salah satu kebutuhan primer. Itulah mengapa tagihan listrik juga menjadi suatu kewajiban yang harus dilunasi setiap bulan. Bagaimanapun kesibukan Anda, dimanapun Anda sedang berada, jangan sampai tagihan listrik tidak dibayarkan tepat waktu. Karena jika terlambat membayar, Anda akan dikenakan denda ditambah dengan resiko pemutusan sementara listrik. Dengan memanfaatkan cara bayar listrik online seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda akan semakin efisien waktu.

Kini sudah saatnya Anda menggunakan cara yang lebih baik untuk mengelola dan mengirim uang menggunakan aplikasi Qelola dari manapun Anda berada. Qelola memiliki fitur yang lengkap, cocok bagi Anda yang sedang berada di luar negeri. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mentransfer uang ke rekening bank di dalam negeri maupun internasional. Selain itu, Qelola juga dapat membantu Anda untuk melakukan pembayaran multi-billing seperti membayar tagihan listrik dan lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih aman dan nyaman karena dapat membayar setiap tagihan di Indonesia hanya melalui smartphone dari negara dimana Anda berada saat ini. Yuk, download aplikasinya sekarang!

Tags: , , , , , ,