Liburan ke Sandakan Malaysia, Wajib Kunjungi 5 Wisata Ini

sandakan malaysia

Sandakan merupakan salah satu kota yang berada dalam wilayah Sabah, Malaysia. Kota ini terletak di pesisir timur laut Pulau Kalimantan atau Borneo. Kota Sandakan dahulu dikenal dengan nama Elopura dan pernah menjadi ibu kota dari wilayah Borneo Utara Britania. Selain itu, Sandakan juga menjadi kota terluas di Sabah yang cukup sering dikunjungi wisatawan.

Ada beragam jenis wisata seperti wisata alam, wisata bahari, wisata sejarah, dan wisata budaya yang bisa dilakukan ketika liburan di Sandakan, Malaysia. Dengan banyaknya pilihan wisata tersebut, tak heran kota ini menjadi destinasi favorit wisatawan saat berkunjung ke wilayah Sabah. Wisatawan tak perlu bingung lagi menyusun rencana liburan, karena ada banyak aktivitas wisata di Sandakan yang bisa dilakukan. Bagi Anda yang tertarik liburan ke Sandakan Malaysia, berikut adalah 5 rekomendasi tempat wisata yang sebaiknya Anda datangi.

1. Pusat Rehabilitasi Orangutan Sepilok

female orangutan walks by ropes 79152 43 - Liburan ke Sandakan Malaysia, Wajib Kunjungi 5 Wisata Ini

Kota Sandakan terkenal sebagai pusat penangkaran dan rehabilitasi orangutan di Malaysia. Jadi, pusat rehabilitasi orangutan di Sepilok ini harus masuk dalam destinasi wisata Anda. Pusat penangkaran dan rehabilitasi orangutan Sepilok sudah ada sejak tahun 1964. Di tempat ini, bayi orangutan yang sebagian besar ditinggalkan induknya akan dilatih untuk bertahan hidup di alam liar dan akan dilepaskan kembali ketika mereka siap. Dengan tempat seluas 43 kilometer persegi, setidaknya Anda akan menjumpai sekitar 60 hingga 80 orangutan yang hidup bebas di sini. Selain orangutan, ada juga 200 jenis burung dan hewan lainnya yang juga dirawat di pusat rehabilitasi ini seperti beruang madu, siamang, dan gajah sumatera.

Untuk menjangkau tempat wisata ini, dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 45 menit dari pusat Kota Sandakan menggunakan bus atau mobil. Pusat rehabilitasi orangutan di Sepilok buka setiap hari mulai pukul 8.45 pagi hingga pukul 16.00 zona waktu setempat. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pusat rehabilitasi orangutan di Sepilok, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar RM30 per orang. Jika membawa kamera, khususnya saat masuk ke tempat pemberian makan orangutan, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar RM10.

2. Kampung Nelayan Sandakan

Tempat wisata lainnya yang wajib Anda datangi adalah kampung nelayan Sandakan. Tidak seperti bangunan perkampungan pada umumnya, bangunan di kampung nelayan ini didirikan di atas air laut. Jadi, untuk menjangkaunya, Anda harus menaiki boat yang tersedia di sekitar jeti. Di tempat ini Anda bisa menikmati kehidupan nelayan di permukiman yang ada di atas laut. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi masakan laut yang segar dan lezat dengan harga cukup terjangkau di sini. Untuk menuju perkampungan ini, hanya dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 7 menit dari pusat Kota Sandakan menggunakan mobil.

3. Pulau Lankayan

rsz 25129 - Liburan ke Sandakan Malaysia, Wajib Kunjungi 5 Wisata Ini

Sumber: www.selectiveasia.com

Pulau Lankayan merupakan salah satu pulau di tengah laut yang ada di wilayah Sandakan, Malaysia. Untuk menuju pulau ini, Anda harus menyewa boat di pesisir Kota Sandakan. Lebih mudahnya, Anda bisa menyewa tour travel untuk memandu dan menemani Anda menuju tempat wisata ini. Di Pulau Lankayan, Anda bisa menikmati pemandangan laut dengan pantai pasir putihnya yang bersih dan air laut yang jernih. Bagi Anda yang menginginkan ketenangan dan aktivitas wisata air yang seru, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini seperti berenang, menyelam, memancing, dan mengambil foto. Banyak spot foto alam yang indah di pulau ini sehingga bisa menambah koleksi foto Anda selama liburan.

Baca Juga: Berburu Spot Foto Terbaik saat Menjelajah Malaysia

4. Turtle Island Park

Tempat wisata selanjutnya adalah Taman Nasional Kepulauan Penyu atau lebih dikenal dengan Turtle Island Park. Tempat wisata ini merupakan pulau yang secara khusus menjadi tempat penangkaran dan konservasi habitat penyu. Turtle Island Park memiliki luas sekitar 17,4 kilometer persegi dan terbagi menjadi 3 gugusan pulau yaitu Pulau Selingan, Bakungan Kecil, dan Pulau Gulisan. Di setiap gugusan pulau tersebut ada berbagai macam penyu yang dipelihara dan dilindungi seperti penyu karah, penyu hijau, dan penyu sisik.

Selain bisa melihat penyu, di Turtle Island Park Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti snorkeling maupun berjemur di pantai. Bagi Anda yang ingin menginap di Turtle Island Park, tak perlu khawatir karena sudah tersedia banyak tempat penginapan di sekitar kawasan ini. Untuk menuju ke pulau ini, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam dari Kota Sandakan menggunakan boat. Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda harus membayar biaya tiket masuk sebesar RM30 – RM60 ringgit per orang.

5. Sam Sing Kung Temple

rsz sandakan sabah samsingkungtemple 07 - Liburan ke Sandakan Malaysia, Wajib Kunjungi 5 Wisata Ini

Sumber: www.wikipedia.org

Sam Sing Kung Temple merupakan salah satu kuil tertua ketiga yang ada di wilayah Sabah, Malaysia. Kuil ini dibangun sejak tahun 1887 dan masih berfungsi hingga sekarang. Pada awalnya, kuil ini didirikan oleh komunitas Cina yang berasal dari berbagai daerah seperti Kanton, Teochew, Hakka, dan juga Hainan. Komunitas tersebut membangun kuil ini untuk para imigran Cina dari Guangdong yang ada di Sandakan sebagai tempat ibadah mereka.

Di kuil ini, Anda bisa melihat 1.000 koleksi puisi ramalan Tao dan juga lonceng perunggu yang dipersembahkan oleh Fung Ming Shan, seorang Kapitan Cina pertama dari Sandakan. Bagi Anda yang ingin melakukan wisata religi di tempat ini, anda bisa berkunjung mulai pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam waktu setempat. Untuk memasuki kuil ini, Anda tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis. Jadi, kuil ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata gratis yang bisa Anda kunjungi di Sandakan, Malaysia.

Itulah beberapa rekomendasi wisata yang wajib Anda datangi di Sandakan, Malaysia. Sebelum liburan ke Sandakan, pastikan Anda telah memiliki persiapan yang matang, termasuk dalam hal menyusun itinerary dan mengelola keuangan selama liburan. Catat semua destinasi wisata yang akan dikunjungi beserta biaya yang akan dikeluarkan secara detail. Manfaatkan juga aplikasi Qelola untuk mempermudah pengelolaan keuangan Anda selama liburan di Malaysia. Dengan berbagai fitur menarik dalam aplikasi Qelola, pengelolaan keuangan seperti transfer uang dari Malaysia ke Indonesia bisa dilakukan dengan sangat mudah, cepat, dan murah. Penasaran untuk mencoba semua fiturnya? Unduh aplikasi Qelola sekarang juga di sini!

Tags: , , , , , , , , , , ,