Semua Tentang Keadaan Alam Malaysia yang Harus Anda Tahu

keadaan alam malaysia

Sebagai salah satu negara di kawasan Asia Tenggara, Malaysia merupakan negara yang patut Anda masukkan ke dalam daftar negara yang ingin Anda kunjungi ketika ingin merencanakan perjalanan ke luar negeri. Selain lokasi yang dekat dengan Indonesia, keadaan alam Malaysia juga tidak jauh berbeda dengan Indonesia yakni terdiri dari pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, pantai, tanjung, selat, dan laut. Untuk lebih detailnya berikut kami informasikan mengenai keadaan alam Malaysia yang bisa Anda ketahui sebagai bekal pengetahuan Anda jika akan pergi ke sana.

Baca Juga: Deretan Pulau di Malaysia yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Panas

Letak dan Luas Wilayah

malaysia map - Semua Tentang Keadaan Alam Malaysia yang Harus Anda Tahu

Malaysia terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Malaysia bagian barat dan Malaysia bagian timur. Malaysia bagian barat terletak di Semenanjung Malaka, sedangkan Malaysia bagian timur terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh Laut Cina Selatan. Secara astronomis, Malaysia terletak pada 10 LU – 70 LU dan 1000 BT – 1190 BT. Adapun batas-batas wilayah Malaysia yaitu:

  1. Sebelah utara: Thailand dan Laut Cina Selatan.
  2. Sebelah timur: Laut Sulu.
  3. Sebelah selatan: Pulau Kalimantan.
  4. Sebelah barat: Selat Malaka.

Luas wilayah Malaysia mencapai 329.847 km2, atau bisa dibilang seluas 2,5 kali Pulau Jawa. Luas wilayah tersebut terbagi menjadi 13 negara bagian. Di bagian barat terbagi menjadi 11 negara bagian sedangkan di bagian timur terdiri dari 2 negara bagian. Wilayah bagian barat negara Malaysia adalah Semenanjung Malaka, yang terdiri dari sebelas negara bagian, meliputi Kedah, Perlis, Perak, Kelantan, Selangor, Malaka, Negeri Sembilan, Johor, Penang, Trengganu, dan Pahang. Wilayah timur negara Malaysia terletak di wilayah sebelah utara Kalimantan yang terdiri atas dua negara bagian, yaitu Serawak dan Sabah.

Keadaan Alam

pexels photo 3188623 - Semua Tentang Keadaan Alam Malaysia yang Harus Anda Tahu

Kenampakan Malaysia bagian barat terdapat beberapa rangkaian pegunungan, dataran rendah, kawasan hutan, dan lahan subur yang luas. Di daerah bagian Semenanjung Malaysia terdapat pegunungan dengan puncak tertingginya yaitu Gunung Tahan yang mencapai 2.190 meter di atas permukaan air laut. Daerah tengah Malaysia bagian barat berupa pegunungan. Di bagian selatan berupa dataran rendah yang kering. Di wilayah bagian timur, kenampakan alamnya berupa daerah rawa pesisir pantai, daerah perbukitan dan lembah berhutan, serta pegunungan di pedalaman. Di wilayah ini terdapat pegunungan dengan puncak tertinggi, yaitu Gunung Kinabalu yang memiliki pemandangan indah dengan tinggi 4.101 m.

Bentang Alam

Kondisi keadaan alam di Malaysia, bisa dibedakan menjadi bagian-bagian berikut:

  1. Malaysia bagian barat
  • Di daerah ini terdapat deretan pegunungan tidak vulkanis, membujur di tengah-tengah tanah semenanjung, dengan batuan granit dan batuan gamping.
  • Tanah rendah yang terbentang di sebelah barat deretan pegunungan merupakan daerah pertanian utama, menjadi pusat pertambangan, dan padat penduduknya.
  • Tanah rendah yang terbentang di sebelah timur deretan pegunungan, sebagian besar berpaya-paya dan banyak diliputi oleh hutan lebat. Maka tidak cocok untuk bercocok tanam.
  1. Malaysia bagian timur
  • Dataran rendah terbentang di sepanjang pantai, berpaya-paya, dan ditumbuhi hutan bakau.
  • Deretan pegunungan yang paling tinggi di kawasan Malaysia membujur dari wilayah Serawak sampai Sabah.

Iklim

Untuk iklimnya sendiri, Malaysia termasuk negara yang beriklim tropis. Di Malaysia bagian barat musim penghujan berlangsung dari bulan September sampai Desember. Adapun di bagian timur musim penghujan berlangsung dari bulan Oktober sampai Februari. Akibat dari iklim tropis ini, Malaysia memiliki keragaman hayati. Terdapat sekitar 8.000 tumbuhan berbunga. Di Malaysia bagian timur menjadi habitat populasi terbesar burung di dunia. Bagian Serawak juga terdapat hutan hujan tropis terbesar dan tertua di Gunung Kinabalu.

Keadaan Penduduk

pexels photo 2771811 - Semua Tentang Keadaan Alam Malaysia yang Harus Anda Tahu

Malaysia berpenduduk sekitar 23.275.000 jiwa. Sebagian besar penduduknya adalah bangsa Melayu, sisanya adalah keturunan Cina, India, dan Eropa. Penduduk asli Malaysia dapat ditemui di Malaysia bagian timur. Penduduk asli Malaysia terdiri dari suku Iban, Bidayuh, dan Kadaza. Agama yang dianut sebagian besar penduduk Malaysia adalah Islam. Agama tersebut sekaligus menjadi agama resmi. Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Melayu. Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah pertanian yang hasil pertaniannya antara lain padi, teh, buah, tebu, kakao, kelapa sawit, dan karet. Karet menjadi komoditas ekspor andalan Malaysia. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Malaysia adalah industri, pertambangan, dan kehutanan. Hasil tambang Malaysia antara lain gas alam, bijih besi, timah, bauksit, tembaga, dan emas. Malaysia juga merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia.

Itulah informasi mengenai keadaan alam Malaysia yang bisa Anda jadikan bekal pengetahuan sebelum pergi ke sana.

Namun mengetahui keadaan alam Malaysia saja tidak cukup apalagi untuk Anda yang baru pertama kali akan pergi ke Malaysia. Sebelum pergi ke Malaysia, kami sarankan Anda untuk menginstal aplikasi keuangan seperti Qelola pada ponsel Anda untuk kemudahan transaksi Anda jika sewaktu-waktu Anda ingin melakukan transaksi atau melakukan transfer ke Indonesia. Dengan aplikasi Qelola Anda dapat dengan mudah mengirim transfer uang ke Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau. Membayar tagihan listrik yang terlupa maupun mengisi pulsa juga dapat dilakukan dengan mudah melalui Qelola. Qelola adalah solusi cerdas keuangan Anda selama di Malaysia.

Tags: , , , , ,