Ingin Berwisata ke Pulau Langkawi di Malaysia? Simak Informasi Lengkapnya

pulau langkawi

Apakah Anda sudah pernah mendengar Pulau Langkawi? Pulau ini merupakan salah satu distrik yang masuk ke negara bagian Kedah Darul Aman, Malaysia. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk pergi liburan ke Pulau Langkawi. Anda bisa naik pesawat ke Kuala Lumpur, lalu dilanjutkan dengan terbang ke Langkawi. Dari Indonesia, ini merupakan cara yang paling mudah dan tidak ribet. Namun jika Anda berangkat dari Malaysia, maka Anda bisa mencoba naik kapal feri baik dari Malaysia, atau bahkan dari Thailand. Yuk simak, informasi lengkap tentang pulau Langkawi dan ada tempat menarik apa saja di sana.

Baca Juga: Deretan Pulau di Malaysia yang Cocok Dikunjungi Saat Musim Panas

Mengenal Pulau Langkawi di Malaysia

pulau langkawi 1 - Ingin Berwisata ke Pulau Langkawi di Malaysia? Simak Informasi Lengkapnya

Pulau Langkawi sebenarnya bukanlah suatu pulau tunggal yang berdiri sendiri. Namun Langkawi merupakan gugusan pulau yang terletak di Laut Andaman dan lepas pantai barat Malaysia. Total pulau yang termasuk di dalam gugusan pulau Langkawi berjumlah 99. Secara geografi, Langkawi merupakan sebuah kawasan atau distrik yang termasuk ke dalam bagian Kedah. Meskipun demikian, Langkawi terletak cukup jauh dari Kedah, yaitu berjarak sejauh 51 kilometer jika diukur dari pantai dan dari barat laut. Titik terdekat untuk pergi ke Langkawi adalah dari Kuala Perlis, yaitu hanya sekitar 31 kilometer.

Nama Langkawi sendiri merupakan gabungan dari 2 suku kata yaitu lang dan kawi. Kata lang berasal dari kata elang atau burung elang. Sementara kata kawi merupakan kata Melayu yang artinya merah kecoklatan. Itulah mengapa burung elang dengan warna merah kecoklatan yang menjadi lambang Langkawi. Bukan hanya bertengger sebagai lambang Langkawi saja, tapi burung elang berwarna merah kecoklatan juga banyak terdapat di pulau-pulau di Langkawi. Sungai di sekitar hutan bakau dan batu kapur lah yang merupakan area di mana banyak elang legendaris tersebut banyak berkeliaran.

Pulau utama di Langkawi memiliki jumlah populasi penduduk sekitar 75.000 orang, yang mayoritas adalah etnis Melayu. Sementara jumlah penduduknya secara keseluruhan adalah sekitar 110.000 orang. Angka tersebut memang bukan merupakan jumlah populasi yang besar untuk mendiami gugusan pulau yang cukup banyak. Namun, dibalik mungilnya angka penduduk Langkawi, setiap tahunnya jumlah wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata di sana mencapai angka hingga 3 juta pengunjung. Bahkan pada tahun 2007, UNESCO telah menganugerahi Langkawi status Geopark Warisan Dunia. Tidak mengherankan, Langkawi memang memiliki limpahan kekayaan alam yang dapat dibanggakan warga Malaysia. Oleh sebab itu, banyak warga lokal dan internasional yang menyebut Langkawi sebagai surga tersembunyi di Malaysia. 

Daftar Destinasi Wisata Menarik di Langkawi

pulau langkawi 2 - Ingin Berwisata ke Pulau Langkawi di Malaysia? Simak Informasi Lengkapnya

Ada banyak keindahan yang ditawarkan oleh Langkawi Malaysia. Berikut ini telah kami siapkan daftar destinasi wisata menarik di Langkawi yang wajib Anda kunjungi:

  1. Langkawi Wildlife Park, didirikan pada tahun 2002 yang merupakan rumah bagi aneka burung dan berbagai jenis fauna lainnya. Destinasi ini merupakan tujuan wisata yang tepat untuk Anda dan keluarga.
  2. Underwater World Langkawi, yaitu kawasan yang sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga. Di sana Anda dapat menikmati keindahan alam akuatik dari seluruh dunia. Tempat wisata yang satu ini memiliki kurang lebih 5.000 jenis kehidupan laut yang mempesona setiap yang melihatnya.
  3. Cable Car Langkawi dan Langkawi Sky Bridge, sangat cocok bagi Anda yang tidak takut dengan ketinggian. Cable car Langkawi akan membawa Anda dari bawah menuju perhentian terakhir di mana terdapat sky bridge di sana. Sky bridge ini membentang sepanjang 125 meter dengan ketinggian hingga 100 meter. Baik di cable car maupun di sky bridge, Anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah khas Langkawi dengan hutan hijau dan air terjun.
  4. Pantai Cenang atau Cenang, yaitu pantai berpasir putih di Langkawi yang indah. Anda dapat bersantai menikmati deburan ombak dan angin pantai di sana. Selain itu, Anda juga bisa bermain parasailing, jetski, dan berbagai permainan air lainnya dengan membayar uang sewa.
  5. Taman Mardi Langkawi, sangat cocok bagi Anda yang ingin berjalan-jalan di perkebunan dengan deretan pohon anggur yang ditanam rapi. Di sana Anda juga bisa makan secara langsung buah yang sudah matang dari pohonnya. 
  6. Tasik Dayang Bunting, yaitu danau air tawar yang luasnya kira-kira 3 kali luas lapangan sepak bola dengan kedalaman 3 bangunan. Di sana, Anda dapat berenang atau sekedar mengapung saja di ban besar untuk menikmati rindangnya lingkungan sekitar. Di namakan Tasik Dayang Bunting karena jejeran bukit yang mengelilingi area tersebut sangat mirip seperti siluet wanita hamil yang sedang berbaring.

Cara Menuju Pulau Langkawi

pulau langkawi 3 - Ingin Berwisata ke Pulau Langkawi di Malaysia? Simak Informasi Lengkapnya

Karena Langkawi merupakan kawasan dengan gugusan pulau di dalamnya, maka tidak mengherankan jika hanya ada 2 akses utama menuju Langkawi, yaitu lewat jalur udara dan jalur air. Pulau Langkawi memiliki bandara yang berlokasi di Padang Matsirat. Jika Anda memiliki budget lebih, maka jalur udara dapat Anda pilih karena lebih nyaman dan memakan waktu yang tidak terlalu lama. Namun, Anda juga memiliki alternatif lain lewat alur air. Feri ekspres terdapat di Kuala Kedah, Kuala Perlis, dan Penang yang siap mengantar Anda untuk menyeberang untuk mencapai Langkawi. Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang dengan feri bervariasi dari setiap titik keberangkatan yang Anda pilih. Dari Kuala Perlis, perjalanan ditempuh selama 75 menit, dari Kuala Kedah selama 105 menit, dan dari Penang selama 165 menit.

Berkunjung ke Malaysia, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak menggunakan aplikasi Qelola untuk keperluan transaksi non tunai. Qelola memungkinkan Anda tidak terlambat bayar tagihan, beli pulsa atau paket data internet meskipun sedang liburan. Aplikasi Qelola bisa Anda gunakan dengan sangat mudah, dan setiap transaksi yang Anda lakukan akan diproses secara real-time. Jadi, tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Qelola sekarang juga untuk menikmati segala kemudahan dan keuntungannya.

Tags: , , , , , ,