Kenali Apa Saja Alat Transportasi Darat yang Ada di Malaysia

alat transportasi

Baik sebagai wisatawan maupun sebagai pekerja migran di Malaysia, mengenal alat transportasi darat merupakan suatu keharusan. Khususnya bagi Anda sedang berada atau tinggal di daerah Kuala Lumpur, Selangor, dan Putrajaya. Alat transportasi darat yang ada di Malaysia cukup beragam. Mulai dari KL Monorail, Kereta Tanah Melayu Berhad (KTMB), Light Rapid Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), KLIA Transit, KLIA Ekspres, serta Bus Rapid KL. Secara umum, berbagai macam transportasi tersebut sudah terintegrasi menjadi satu yang dikenal sebagai Klang Valley Integrated Rail Transit. Transportasi satu dengan yang lain saling terhubung, sehingga Anda sebagai pengguna transportasi umum akan merasakan kemudahan saat bepergian dari satu kota ke kota yang lain. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Transportasi di Kuala Lumpur Berbasis Rel dan Kereta, Pilih Mana?

Kuala Lumpur Monorail (KL Monorail)

alat transportasi - Kenali Apa Saja Alat Transportasi Darat yang Ada di Malaysia

KL Monorail menghubungkan Kuala Lumpur Sentral ke Titiwangsa dengan 11 stasiun perhentian. Anda akan merasakan kenyamanan saat naik KL Monorail dengan model rangkaian kereta 4 gerbong yang dilengkapi dengan Air Conditioner. Tempat duduknya berada pada sisi kanan dan kiri, serta dilengkapi dengan kursi yang saling membelakangi pada bagian tengah. Ada banyak mesin-mesin pembelian tiket  yang tersedia  di setiap stasiun, Anda bisa membelinya menggunakan koin maupun uang kertas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kartu touch and go yang bisa diisi ulang pada loket-loket yang ada di stasiun.

Light Rapid Transit (LRT)

alat transportasi 1 - Kenali Apa Saja Alat Transportasi Darat yang Ada di Malaysia

Light Rapid Transit (LRT) di Malaysia terbagi menjadi 2 jalur yang berbeda, yaitu jalur Kelana Jaya dan jalur Ampang atau Sri Petailing. LRT Kelana Jaya merupakan rangkaian kereta di mana sebagian jalurnya berada di bawah tanah dan sebagian lainnya mengambang. Sementara LRT Sri Petailing seluruh jalurnya mengambang.

Berbeda dengan Monorail, LRT memiliki rangkain gerbong yang lebih panjang serta tempat duduk yang didesain saling berhadapan. Jalur yang dilalui juga lebih panjang jika dibandingkan dengan Monorail. Perbedaan lainnya adalah, LRT telah dilengkapi dengan jadwal kedatangan kereta yang teratur. Yaitu setiap 7 menit sekali. Tiket LRT bisa Anda beli di stasiun-stasiun perhentian dengan metode pembayaran yang sama seperti Monorail.

Kereta Tanah Melayu Berhad (KTMB)

alat transportasi 2 - Kenali Apa Saja Alat Transportasi Darat yang Ada di Malaysia

KTMB merupakan kereta api panjang yang menghubungkan antara Pelabuhan Klang-Tanjung Malim dan Sungai Buloh-Batu Caves. Tarif kereta api ini tergolong murah dan jangkauan daerah yang dilalui lebih luas. Meskipun begitu, fasilitas dan pelayanannya tetap tidak kalah bagus dengan moda transportasi lainnya. Untuk mendapatkan tiket KTMB ini, bisa melalui vending machine atau membeli di loket-loket yang ada di stasiun. Jika ingin lebih murah, sebaiknya Anda menggunakan touch and go karena ada promo potongan harga hingga 10%. Jadwal kedatangan KTMB di waktu normal yaitu setiap 30 menit sekali.

Mass Rapid Transit

alat transportasi 3 - Kenali Apa Saja Alat Transportasi Darat yang Ada di Malaysia

Alat transportasi yang satu ini bisa dibilang baru, karena beroperasi sejak tahun 2017. MRT Malaysia ini melintasi 31 stasiun dan baru beroperasi satu jalur yaitu dari Sungai Buloh menuju Kajang. Hingga saat ini, pemerintah Malaysia sedang menyelesaikan MRT kedua yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2022 dengan rute Sungai Buloh-Putrajaya.

MRT ini bersinergi dengan beberapa stasiun, di antaranya adalh Muzium Negara yang berhubungan dengan stasiun KL Sentral, Stasiun Pasar Seni yang berhubungan dengan LRT Pasar Seni, Stasiun Bukit Bintang yang berhubungan dengan Monorail Bukit Bintang dan Stasiun Maluri yang berhubungan dengan Stasiun LRT Maluri. Anda bisa membeli tiket di vending machine atau menggunakan kartu touch and go.

KLIA Express/KLIA Transit

alat transportasi 4 - Kenali Apa Saja Alat Transportasi Darat yang Ada di Malaysia

KLIA Express/KLIA transit merupakan alat transportasi cepat yang dikelola oleh pihak Express Rail Link (ERL). Transportasi ini merupakan salah satu alternatif transportasi dari dan menuju Bandara Internasional Kuala Lumpur, baik KLIA 1 maupun KLIA 2. Sebenarnya KLIA Express dan KLIA Transit itu berbeda. KLIA Express tidak berhenti selain di 3 stasiun, yaitu KL Sentral, KLIA 1, dan KLIA 2. Sementara KLIA Transit akan berhenti di beberapa stasiun, seperti KLIA, Salak Tinggi, Putrajaya, Bandar Tasik Selatan, dan KL Sentral. Untuk tarif alat transportasi ini, baik KLIA Express maupun KLIA Transit akan dikenakan tarif RM55 untuk kategori usia dewasa dan RM25 untuk usia anak-anak jika naiknya dari KL Sentral.

Selain berbagai macam alat transportasi yang berbasis rel, ada juga transportasi jenis bus di Malaysia. Ada 2 jenis bus yang beroperasi di Malaysia, yaitu bus Rapid KL dan bus Go KL. Bus Rapid KL beroperasi untuk wilayah yang lebih luas dengan tarif yang murah. Sementara bus Go KL merupakan bus yang beroperasi di dalam kota Kuala Lumpur secara gratis.

Dengan mengenal alat transportasi darat yang ada, Anda akan lebih mudah dalam mengakses beberapa daerah tanpa takut tersesat. Selain mudah diakses, transportasi darat di Malaysia juga tergolong murah dan cepat. Sementara untuk urusan kirim uang dari Malaysia ke Indonesia, Anda bisa mengandalkan dompet digital Qelola. Segala macam transaksi akan diproses secara mudah kapan dan di mana saja. Untuk apa bayar mahal saat kirim uang, jika ada cara yang lebih hemat dan praktis? Qelola bisa Anda unduh secara gratis di Google Play

Tags: , , , , , , , , , ,